Cara mengamankan Akun Facebook dengan Kontak Terpercaya

Sebelum masuk ke penjelasan tentang tips mengamankan akun facebook dengan kontak terpercaya, aku jelaskan dulu bahwa kontak terpercaya adalah teman yang bisa kamu pilih untuk membantu kamu masuk ke akun facebookmu kembali ketika kamu tidak bisa log in ke facebook. Misalnya ketika kamu lupa password facebook. Ini biasa terjadi ketika kamu memiliki banyak akun facebook dengan password yang berbeda- beda, jarang membuka akun facebook, dan password facebook terlalu bervariasi sehingga sulit diingat.

Kehilangan akses ke akun facebook juga bisa terjadi saat akun facebook kamu dihack. Biasanya sebelum menggunakan akun yang dihack untuk melancarkan aksi kejahatan, hacker terlebih dahulu mengubah password facebook kamu, email/nomor hp yang digunakan untuk log in dan atau email dan nomor hp yang terhubung dengan akun facebook kamu. Kalau sudah begini, kamu akan sulit untuk bisa mendapatkan akun facebook kamu kembali.

Nah, jika kamu mengalami salah satu dari dua kejadian diatas, kamu bisa mengandalkan kontak terpercaya untuk membantumu log in ke akun facebook kamu kembali. Meskipun cara ini terkesan merepotkan dan ribet karena harus melibatkan 3-5 orang, cara ini sudah terbukti efektif. Oleh karena itu, ada baiknya kamu meningkatkan keamanan akun facebook kamu dengan mengaktifkan fitur kontak terpercaya.

Cara mengamankan akun facebook dengan mengaktifkan fitur kontak terpercaya

Fitur ini sudah ada di facebook baik di aplikasi facebook maupun facebook web, sehingga kamu bisa menyetting kontak terpercaya dengan mudah. Sekalipun saat ini akun facebook kamu masih baik-baik saja, tidak ada salahnya juga untuk mengaktifkan fitur kontak terpercaya sebagai langkah antisipasi dan meningkatkan keamanan akun facebook kamu.

Untuk yang belum tau, disini aku akan jelasin dengan detail.

Cara mengaktifkan kontak terpercaya via aplikasi facebook (disini aku pakai facebook lite)

a. Login ke akun facebook kamu 

b. Ketuk titik tiga di pojok kanan atas 
c. Masuk ke menu pengaturan 

d. pilih pengaturan akun
d. Pilih menu keamanan dan info masuk 
e. Ketuk menu “pilih teman untuk dihubungi jika anda terkunci” 
f. Pilih teman yang bisa kamu jadikan kontak terpercaya

 


g. Kamu harus memilih minimal 3 orang, jadi untuk memilih orang kedua dan ketiga kamu bisa mengetuk tulisan “edit” lalu pilih teman lagi. Dan simpan

h. Jika ingin mengganti orang yang sudah kamu pilih sebagai kontak terpercaya kamu harus mengetuk “hapus semua” dan memilih kontak terpercaya lagi.

Kalau kamu menggunakan facebook via web/browser, maka untuk mengaktifkan fitur kontak terpercaya caranya hampir sama ya.. mungkin perbedaannya hanya pada tampilannya. Pada tampilan facebook aplikasi menunya lebih sedikit tapi sub-sub menunya banyak, sedangkan pada tampilan menu di facebook web lebih banyak dan sangat terperinci. Tapi secara umum caranya sama, karena baik di facebook via aplikasi maupun di facebook via web fitur kontak terpercaya ada di pengaturan akun bagian keamanan dan info masuk.

Kamu bisa memilih siapa saja untuk menjadi kontak terpercaya, biasanya sekitar 3- 5 orang. Menurutku 3-5 orang yang kamu pilih sebagai kontak terpercaya harus orang yang kamu kenal dengan baik di dunia nyata. Ini akan memudahkan kamu untuk menghubunginya jika terjadi sesuatu pada akun facebook kamu. Sehingga akun facebook kamu bisa segera kembali ke tanganmu dan kemungkinan untuk disalahgunakan menjadi lebih kecil.

Aku punya beberapa tips untuk memilih kontak terpercaya

1. Pilihlah teman yang benar-benar kamu kenal di dunia nyata. 

Memilih teman yang benar-benar kamu kenal akan memudahkan kamu untuk menghubungi mereka saat kamu kehilangan akses ke akun facebook kamu. Misalnya teman sekelas, sekantor, tetangga, dan lain-lain. Dan yang terpenting, kontak terpercaya yang kamu pilih harus berteman dengan akun facebook kamu. Pastikan kamu bisa selalu terhubung dengan mareka. Baik via facebook, atau sosial media yang lain. Atau paling tidak kamu mengetahui nomor telepon mereka maupun alamat rumah mereka. Sehingga kalau kamu tidak bisa menghubungi mereka via facebook, kamu bisa menghubungi melalui sosmed lain, telepon, atau langsung datang dan bertemu dengan mereka.

2. Pilih teman yang sering online
Kalau kamu tidak bisa menemukan teman sekelas/sekantor yang sering mengakses facebook/berteman dengan facebook kamu, maka pilihlah orang yang kamu kenal dan sering online di facebook. Sehingga ketika kamu mengirim permintaan bantuan kepadanya, dia bisa memberikan respon dengan cepat.

3. Pastikan memilih kontak terpercaya yang keamanan akun facebooknya tinggi
Orang yang kamu pilih untuk menjadi kontak terpercaya juga harus memiliki keamanan akun yang tinggi. Mereka adalah orang yang kamu percaya untuk menyelamatkan akun facebook kamu ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Jadi, mereka pun tidak boleh kehilangan akses masuk ke akun facebook mereka. Bayangkan saja kalau orang yang kamu percaya sebagai kontak terpercaya kehilangan akses masuk ke akun facebooknya, bagaimana mereka bisa masuk ke recovey facebook dan mengirim kode untuk membantu kamu mendapatkan akses masuk ke akun facebookmu kembali?

4. Buat akun lain untuk menjadi kontak terpercaya kamu
Nah, jika ketiga tips diatas terlalu ribet dan merepotkan banyak orang, tips terakhir ini mungkin bisa menjadi alternatif yang bisa kamu terapkan. Kamu bisa membuat 3 akun facebook baru dan menjadikannya kontak terpercaya. Nah untuk cara ini, pastikan kamu membuat 3 akun facebook dengan password yang sama dan mudah untuk diingat. Atau jika memang diperlukan, catat password facebook kamu ditempat yang mudah kamu temukan. Misalnya ditempel didalam lemari baju, atau ditempat foto dalam dompet kamu, atau di sampul buku yang biasa kamu baca. Jangan sampai kamu kehilangan akses ke salah satu atau ke tiga akun tersebut. Selain itu, yang terpenting lagi ketiga kontak terpercaya ini harus berteman dengan akun facebook kamu.

Bagaimana jika kontak terpercaya yang sudah kamu pilih tidak aktif lagi di facebook atau kehilangan akses ke akun mereka? Maka kamu bisa mengedit nama-nama kontak terpercaya kamu dan menggantinya dengan teman lain yang sekiranya bisa kamu jadikan kontak terpercaya.

Lalu bagaimana jika akun facebook sudah terlanjur lupa password atau dihack? Bagaimana caranya untuk menghubungi teman terpercaya saat akun kamu sudah tidak bisa diakses atau sudah dihack? Kamu bisa dapatkan jawabannya dengan membaca artikel berikut ini https://bukugue.com/kembalikan-akun-fb-yang-di-hack dan https://bukugue.com/lupa-kata-sandi-facebook/

Oke, hanya itu sedikit tips yang bisa aku bagi. Semoga bermanfaat.. jika ada pertanyaan atau request tulisan tentang sosmed kamu yang bermasalah (mungkin tidak bisa diakses/ cara mengaktifkan atau menonaktifkan fitur di sosmed, dan lain sebagainya) atau tips-tips tentang sosial media kamu bisa tulis di komentar di bawah ini.. insyaallah akan aku beri solusinya di artikel selanjutnya.. berhubung aku sudah bingung mau nulis apa lagi, dan idenya sudah mentok sampai disini, jadi sekian dulu yang bisa aku tulis, selamat mencoba dan semoga bermanfaat bagi teman-teman semua ^_^

Share kalau merasa terbantu :)

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *