Diskusi Online di DISCORD untuk Gamers dan Non-Gamers

Applikasi Discord mungkin sudah tidak asing bagi kalian yang penggemar bermain games online. Tapi tidak banyak yang tahu tentang aplikasi ini kecuali jika kalian punya teman yang memperkenalkannya. Baiklah, sebelum saya menjelaskan secara singkat apa itu Discord dan bagaimana meggunakannya sebagai media diskusi online, saya akan memberikan sedikit gambaran yang sering kita alami jika menggunakan aplikasi messenger biasa.

Katakanlah Anda memilki beberapa aplikasi pengiriman pesan (messenger) di smartphone seperti Whatsapp, Line, Messenger, KakaoTalk, BBM, Facebook messenger, WeChat, Telegram dan lain sebagainya, ditambah lagi dengan fitur direct messenger yang selalu ada di aplikasi social media seperti Facebook, Twitter, Instagram dll. Bukan hanya dalam bentuk text, kita dapat saling menghubungi dalam bentuk suara dan tatap muka langsung dengan video call. Dengan adanya fitur ini diharapkan pengguna dapat menjangkau dan melakukan komunikasi yang lebih baik dengan pengguna lain, sama halnya dengan tujuan utama dari dikembangkannya semua aplikasi.

Namun, tidak semua aplikasi tersebut dapat memenuhi kemudahan dalam hal melakukan diskusi online, terutama yang melibatkan banyak anggota.

Percaya atau tidak, kebutuhan untuk melakukan diskusi online secara langsung, lebih dirasakan oleh mereka yang sering bermain games online dibandingkan dengan yang para pebisnis dan kalangan professional. Untuk yang sudah terjun ke dunia ini, pasti tahu perlunya menyusun strategi dan mengatur setiap gerak-gerik kawan untuk menakhlukkan lawan secepat dan segesit mungkin.

Saya sendiri mengenal Discord berawal dari diperkenalkan oleh seorang teman karena terlibat project yang anggotanya kebanyakan tinggal di luar negeri. Atas kebutuhan komunikasi yang terpisahkan oleh jarak dan waktu, kami memutuskan untuk menggunakan aplikasi ini sebagai media berdiskusi. Sebagai alternatif group chat, saya merasakan banyak sekali kemudahan yang ditawarkan oleh Discord dibandingkan aplikasi lainnya.

Fitur-fitur Discord

Pertama adalah fitur Multi Group Chat. Fitur ini sudah tidak asing lagi bagi kita, karena hampir semua aplikasi berbasis messaging (perpesanan) lama-kelamaan dilengkapi pula dengan kemampuan untuk melakukan chatting dengan beberapa orang secara langsung. Pada Discord juga dilengkapi dengan fitur ini. Selain dapat berkomunikasi satu lawan satu dengan pengguna lain, Discord juga memungkinkan pengguna untuk melakukan komunikasi dengan banyak anggota.

Pada aplikasi lainnya, fitur ini lebih sering kita sebut dengan istilah ‘Group Chat’ sedangkan pada Discord dinamakan ‘Server’. Satu server dibuat oleh salah satu user dan kemudian dapat dikelola oleh beberapa admin. Anggota server dapat terdiri dari banyak pengguna meskipun belum terdaftar dalam daftar teman kita, sama halnya seperti Group Chat di Whatsapp atau Line. Sedangkan untuk bergabung dengan salah satu Server, Anda harus mempunyai ‘invitation link’ (link undangan) terlebih dahulu. Tanpa ini kalian tidak bisa bergabung dalam salah satu server. Invitation link bisa dibagikan oleh admin dalam secara pribadi ataupun secara umum.

Keunikan dari Discord adalah adanya hierarki, setiap member mempunyai peran atau ‘roles’ yang berbeda-beda dan dengan hak yang berbeda untuk dapat mengakses semua diskusi di server.

Hierarki di satu server Discord secara sederhana tersusun seperti ini : Admin > Moderator > User / Guest. Dimana Admin biasanya adalah yang membuat server, namun dalam beberapa kasus bisa juga ditunjuk peran tertinggi dalam server tanpa harus menjadi pengatur untuk anggota dibawahnya. Peran tertinggi ini biasanya disebut ‘Server Owner’ dengan peran sebagai Admin, dia adalah ‘Si Boss’ dalam grup diskusi tersebut. Boss mempunyai hak untuk mengakses semua percakapan, mengatur hierarki anggota dan mengajak anggota baru. Moderator punya hak yang lebih kurang sama dengan Admin, tetapi dia tidak bisa mengatur akses peran yang ada diatasnya. User/guest, atau anggota lainnya dapat mengikuti percakapan yang berlangsung namun dibatasi pada bagian-bagian tertentu saja. Setiap peran akan dibedakan oleh warna ‘user name’ yang digunakannya. Sebagai tambahan pula, Anda dapat bergabung dilebih dari satu server, seperti halnya group chat kebanyakan.

Keunikan yang kedua adalah fitur Multi Discussion. Penjelasan tentang hierarki di server Discord akan lebih dapat dimengerti apabila Anda telah mengenal fitur berikut ini. Discord memudahkan pengguna dalam satu server untuk terbagi-bagi lagi dalam beberapa tim yang berbeda-beda yang dinamakan ‘channel’.

Ada tiga jenis channel yaitu text channel, team channel, dan voice channel. Text channel memungkinkan semua anggota untuk berdiskusi melalui text chat, sedangkan voice channel melalui voice call dan dapat dilakukan dalam tim tertentu maupun dengan semua anggota. Text channel dapat dibagi-bagi lagi menjadi kategori yang berbeda, misalnya berdasarkan tema diskusi. Team channel dibuat oleh Admin untuk membagi anggota server ke dalam tim dengan tugas yang spesifik. Misalnya saja pada gambar dibawah ini, dalam sebuah project (non-games) yang memiliki tim yang terdiri atas banyak anggota, pembagian tugas yang dilakukan secara diskusi online dapat dibahas dalam beberapa sub-team. Setiap sub-team memiliki anggota yang sudah ditentukan, Admin dapat mengatur apakah semua anggota server dapat melihat dan mengikuti diskusi yang dilakukan oleh anggota sub-team atau tidak, yang jelas anggota dengan hierarki role tinggi dapat mengakses dan mengikuti diskusi sub-team manapun. Diskusi anggota secara keseluruhan dapat dilakukan di sub – text channel, dimana hasil diskusi dan hasil kerja dari tiap tim dapat dipresentasikan di halaman tersebut. Discord mendukung pula berbagi file dalam berbagai format, seperti gambar, suara, video, document dan direct screenshot, yang semuanya ini tentu diperlukan untuk berjalannya kelancaran diskusi.

Discord sendiri merupakan aplikasi baru yang dirilis ke publik pada bulan Mei 2015 dengan target utama komunitas gamers di Reddit. Dikembangkan dengan pertimbangan bahwa aplikasi server untuk komunitas gamers yang ada pada saat itu masih kurang canggih dan terlalu rumit untuk digunakan. Discord merupakan aplikasi multi-platform yang dapat dijalankan pada PC maupun langsung dari web, dan gunakan secara bersamaan ketika pengguna sedang bermain games.
Dua poin diatas diharapkan dapat memberikan sedikit gambaran kepada non-gamers untuk kemudian tertarik mencoba fitur diskusi online yang ditawarkan oleh aplikasi ini. Secara keseluruhan, masih banyak lagi fitur keren yang ditawarkan namun mungkin kelebihan-kelebihan tersebut akan lebih berguna bagi para gamers.

Selamat mencoba.

april

april

I'm an ARMY, are you...?

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar