Amankah belanja di blibli.com ?

Udah lama ga nulis artikel baru, otakku rasanya udah lumutan. Pas mau nulis bingung mau nulis tentang apa.

Awalnya aku ingin fokusin blog ini ke topik disekitaran sosial media, tapi setelah ada sekitaran 50 artikel, hal-hal yang bisa ditulis mengenai sosmed semakin menipis.

Kali ini aku ngomongin tentang review deh, setelah sebelumnya aku ngereview lazada, traveloka, dan tokopedia, kali ini aku akan ngomongin blibli.com.

Di review sebelumnya, itu banyak banget respon dari pembaca, dan aku rasa ini sangat membantu pembaca lainnya dalam memutuskan untuk “jadi” atau tidaknya belanja disana.

Masalahnya adalah, aku sendiri belum pernah coba belanja di blibli.com. Aku akan review disini dari kaca mata seorang blogger, untuk sementara aja sih, nanti aku akan coba pesan barang disana.

Kalau udah nanti tulisan ini akan di update lagi.

Jadi, amankah belanja di blibli.com ?

Itulah yang paling penting kan? Aman ga belanja di blibli.com ?

Sebagai blogger, yang udah lama mengamati dunia internet, ehm, sebagai pengamat dunia internet, aku punya kemampuan (ability) untuk meng-identify sebuah website. Kemampuan ku ini bisa dibilang telah di asah dan di praktek kan berkali-kali. Sehingga tidak perlu di ragukan lagi.

Kemampuan ku ini sempat buat beberapa anggota X-men untuk ngajak aku gabung ke grup mereka. 😎 Aku tolak karna aku ga suka kepala botaknya si profesor.

source : me.me/i/hello-xxxx-akusingkataja

Jadi si profesor waktu itu juga ingin belanja online, dan mereka  juga butuh seorang mutant dengan keahlian seperti ku.

Oke, balik lagi ke cerita disebelumnya, apakah blibli.com penipu ? aman ga belanja disana?

Jawabannya adalah, aman banget.

Kenapa ? karna blibli.com , sama seperti lazada dan tokopedia, adalah toko online yang legit.

Ada beberapa alasan yang bisa di jadikan patokan untuk menentukan apakah sebuah toko online itu legit atau tidak.

Perhatikan gambar dibawah, dan panah warna merahnya. Ada tulisan “PT global digital niaga” dan gembok hijau. Ini adalah SSL certificate yang menjelaskan bahwa blibli di keloka atau dimiliki oleh PT global digital niaga. Untuk dapetin ssl seperti diatas, blibli.com harus ngeluarin biaya besar dan juga lulus verifikasi dari penyedia SSL.

Buat kamu yang bukan blogger mungkin susah ngerti apa yang aku jelasin diatas, intinya adalah setiap website dengan gembok hijau dan ada nama perusahaannya sebelum nama website, seperti digambar dibawah, bisa dibilang memiliki organisasi atau perusahaan yang legit dibaliknya. Ini bisa dijadiin metode yang paling cepet dan gampang untuk pengguna internet awam untuk menilai apakah web tersebut bisa dipercaya atau enggak.

Banyak yang bisa aku jelasin disana, tapi ini udah masuk ke detail yang ga perlu sih seperti nya.

Alasan selanjutnya kenapa aku bilang blibli aman, itu karna blibli.com itu ngiklan di TV nasional. Untuk ngiklan di TV nasional, itu ngebutuhin biaya yang sangat banyak. Bisa ratusan juta mungkin perbulannya. Dari sini kita bisa ambil kesimpulan bahwa blibli itu aman.

Karna website yang tujuannya nipu, ga akan ngeluarin dana segitu gede hanya untuk meningkatkan exposure dan bangun nama brand nya.

Website yang peduli dengan exposure dan nama brand nya. itu biasanya adalah website legit.

Alasan berikutnya adalah desain website. Walaupun ini ga bener2 bisa dijadikan patokan. Tapi tetap aku sebutin disini. Ini juga bisa digunakan jika kamu ingin belanja di web kecil yang ga ngiklan di tv dan ga pake SSL dengan nama organisasinya seperti contoh blibli diatas.

Mereka yang niat jualan, entah itu blibli.com, traveloka, tokopedia, dsbnya, itu akan peduli banget sama desain website mereka. Karna ini lah yang dilihat pertama kali saat pengunjung masuk ke website mereka.

Website yang niat jualan, desain nya bakal bagus dan keren, simple dan juga lengkap. Simple dalam artian, desainnya memudahkan pembeli dalam navigasi situs dan mencari barang belanjaannya. Lengkap dalam artian semua hal-hal penting, seperti menu navigasi, cart/keranjang belanja, laman -laman penting seperti metode pembayaran, costumer care, dll.

Kamu juga bisa coba fitur chat mereka, apakah custumer servicenya responsive atau enggak. Dan banyak lagi. Banyak banget metode yang bisa digunain untuk cek apakah sebuah website itu bisa dipercaya atau enggak.

Kamu bisa cek gambar dibawah ini.

Kamu ga cuma bisa “test” untuk chat dengan customer servicenya, kamu juga bisa kunjungin fan page mereka di facebook dan liatin komentar2 fan mereka. Apakah banyak yang komplain ? apakah fanpage nya rame ? kamu juga bisa cek channel youtube mereka, kamu bisa liat video-video buatan mereka, apakah videonya kualitas profesional ? dsbnya.

Aku bisa koar2 dan nulis sampe ribuan kata untuk jelasin metode2 gampang yang bisa kalian gunain untuk cek apakah website itu bisa dipercaya atau enggak. Tapi kemungkinan kalian baca ceramah ku ini sampe selesai sangat kecil.

Jadi akan aku sudahin sampe disini aja sih. Intinya adalah dari berbagai sisi yang aku jadiin bahan pertimbangan, blibli.com bisa dibilang aman untuk belanja.

Aku akan tambahin lagi tulisan ini jika aku udah coba belanja disana. Mungkin dalam waktu dekat, atau mungkin juga tunggu tanggal 31 februari, i don’t know. I can’t promise you anything.

Feel free to comment, and let me know your thought on this.

yudha

yudha

Hi.. aku yudha.. Nice to meet you all. Kalau ada kritik dan saran untuk situs ini, feel free to contact me dilaman ini https://bukugue.com/contact/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *