Apakah TOKOPEDIA PENIPU ? Ini pengalamanku belanja ditokopedia

Kali ini aku akan ngomongin Mall online terbesar di indonesia, Tokopedia, yang didalamnya terdapat ribuan penjual. Ketika ada yang tanya apakah tokopedia penipu ? atau kasus penipuan apa aja yang pernah terjadi di tokopedia. Ini jawabnya rada-rada susah sih menurutku.

Aku akan jawab berdasarkan pengalamanku belanja ditokopedia, dan berdasarkan baca-baca di internet.

Pertama, Aku akan bahas apa itu tokopedia untuk yang belum tau. Aku ga bakal bahas panjang2.

Tokopedia adalah situs yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli di internet, yang jualan bukan pihak tokopedia, yang jualan adalah orang/pihak lain selain tokopedia.

Fungsi tokopedia disini adalah menyediakan tempat jualan untuk penjual, dan tempat belanja yang aman untuk pembeli.

Kenapa aman? Karena uang akan ditahan di rekening tokopedia, dan akan ditransfer ke penjual, jika barang sudah sampai di tangan pembeli. Dari konteks ini tokopedia akan terlihat sangat aman.

beberapa-alasan-kenapa-tokopedia-aman

 

Diatas adalah fitur tokopedia yang seharusnya membuat tokopedia sangat aman. Tapi apakah bener2 aman ? Apa ga ada penipuan ditokopedia ? Baca aja terus dibawah ini.

Apakah tokopedia penipu ? Atau adakah kasus dugaan penipuan yang terkait tokopedia ?

Aku akan bicara dari pengalamanku, Aku udah coba belanja di tokopedia.com, dan alhamdulillah barangnya sampai 😀

Dalam hal ini aku bisa bilang tokopedia bukan penipu, karena barang sampai. Dan logikanya memang tokopedia bukan penipu, karena yang jual pun bukan tokopedia, tokopedia hanya perantara disini. Entah barang yang sampe cacat dan sebagainya, tetap tokopedia bukan penipu.

tokopedia-feature-pic

 

Aku suka banget meng-analisa web jualan online itu dari segi tampilan web dan fitur web mereka, dan tokopedia adalah salah satu yang terbaik menurutku dari segi desain tampilan web.

Sama seperti saat aku review lazada dan traveloka, aku akan katakan sekali lagi, tampilan website yang profesional itu memperlihatkan bahwa bisnis tersebut serius.

Dan dana yang dikeluarkan untuk menghasilkan tampilan web profesional biasanya tidak sedikit. Bagi kamu yang pernah blogging, kamu akan tau, kalau beli tema premium di internet itu biasanya mahal banget, satu tema premium itu harganya bisa 570usd atau ada yang bundle 999 usd untuk beberapa tema, ini kalau dirupiahin sekitar 7 juta sampe 13 juta, dan tema ini masih default, artinya masih tampilan standar tema tsbt.

Untuk dapetin tampilan sesuai kemauan, itu biasanya butuh kemampuan koding, dan web seperti tokopedia ini bakal punya staff khusus ataupun bayar freelance untuk ini. Ini udah masuk kedalam dana modal/perawatan, aku bisa bicara sampe berbusa mengenai hal ini, tapi intinya disini, yang ingin aku sampaikan adalah, semakin bagus dan profesional tampilan sebuah website, itu menunjukkan semakin serius dan peduli mereka dengan”brand” dan reputasinya, dan semakin kecil kemungkinan bahwa web tersebut berniat menipu.

Selanjutnya iklan, iklan di tv dan di web, dimana2 kamu bisa liat iklannya, ini ngeluarin budget yang ga sedikit. Dan ya, mereka ga bakal mau nipu dan hancurin reputasi yang udah dibangun dengan iklan bernilai puluhan bahkan ratusan juta.

Apakah ada yang tertipu belanja ditokopedia ? Wajib baca

Aku liat di internet, ada kasus yang tertipu, tapi ini kasus pishing, dan ini ga bisa dibilang kasus penipuan tokopedia menurutku, karena pishing ga terjadi di tokopedia aja, udah ada sejak jaman dahulu kala, kamu bisa search di internet, apa itu pishing.

Aku juga perlu ingatkan teman-teman disini. Tokopedia adalah situs marketplace, artinya banyak banget penjual disana. Hal ini menyebabkan harga di tokopedia menjadi lebih murah, karna banyak penjual yang bersaing menjual barang yang sama disana.

Disinilah kamu harus hati-hati.

Tidak semua penjual itu jujur dan baik. Sejauh ini aku sendiri belum pernah sampai tertipu. Tapi bukan tidak mungkin kamu bisa tertipu. Kenapa ?

Aku selalu pilih-pilih siapa penjualnya. Walaupun ada penjual yang lebih murah, aku belum tentu ambil.

Kriteria penjual yang aku ambil biasanya adalah penjual yang seperti dibawah ini.

hati-hati-penjual-penipu-tokopedia

beberapa-alasan-kenapa-tokopedia-aman

Kamu bisa lihat statistik tersebut dengan mengklik tombol merah “Lihat detail statistik” dilaman beranda penjual.

Yang harus kamu perhatikan adalah Seberapa bagus rating penjual tersebut. Mulai dari berapa rating produknya, berapa banyak transaksi sukses dan berapa kecepatan prosesnya.

Kalau toko tersebut punya transaksi sukses 50% misalnya, itu artinya dari 100 kali penjualan, 50 gagal dan uang dikembalikan ke saldo pembeli, bisa jadi karna stock barang habis, atau penjual tersebut lambat konfirmasinya.

Hal ini penting banget diperhatikan, agar kamu ga gagal saat transaksi belanja di tokopedia.

Aku akan update lebih lanjut tulisan ini, tinggalin komentar kamu dibawah ini, biar aku bisa bahas tokopedia dari berbagai sudut pandang. Setiap komentar bagaikan air sejuk digurun pasir untuk ku, 😳 😎

Jangan malu-maluin dan tinggalin suara kamu dikolom komentar…

yudha

yudha

Hi.. aku yudha.. Aku blogger and bukugue.com is my creation. So, nice to meet you all. Kalau ada kritik dan saran, feel free to contact me dilaman ini https://bukugue.com/contact/

You may also like...

109 Responses

  1. romi says:

    Terus kalo bukan penipu kenapa setiap komplain pelanggan tokopedia sama saja alasan nya dengan penjual banyak ngles nya min…saya korban tokopedia min coba jelasin deh

    • tikus pithi says:

      Benar, aku saja pesan di tokopedia uang atau barang gak balik. Saya kira tokopedia sama saja sprti Lazada dll banyak bikin orang kecewa termasuk saya yg kecewa sama tokopedia. Saya browsing cari nomor telp tokopedia setelah dapat beberapa nomor telponnya, saya coba telp ternyata jawabannya ‘masih melayani pelanggan yg lain’ itupun saya coba telp berulang ulang kali. Akhirnya saya nyerah saja dan saya ikhlaskan. Aku anggap buang sial saja

    • Danar Buntoro says:

      Penipuannya spt apa y Mas? Mungkin bs sharing? Saya selalu belanja online di Tokped; Dr payung, speaker, kompor, dgn nominal transaksi 50 – 1Jt IDR, sy jg sering beli pulsa Hp dan listrik via Tokped, pembayaran via Mandiri click pay/ Mandiri credit card, blm pernah bermasalah 1x-pun.
      Tp, ini sy td browsing dan ktm seller yg jual Tv LED SAMSUNG 48″ seharga hy 2,5Jt IDR? Ndk “Make sense”? Itu Tk. Br buka Jan’17 jd blm riwayat; 0 transaksi, 0 ulasan; Sangat menggoda sekali harga yg ditawarkan tp takut tertipu.

      • budianto says:

        saya juga jadi korban, kita beli mereka simpen duit kita, diputer-puter, terus cari alasan, diskusi2, kita yang salah, duit kita ilang, korban bisa jadi pelaku. hehehe

      • hesti says:

        saya udah transfer dri siang tapi sampai saat ini ga ada konfirnasi nya mas,trus saya harus bagaimana?? maklum baru pertama kali belanja disini..

  2. Sssss says:

    Kalo barang yang sampe ke kita itu 2x gimana tuh ya ? Apa buat kita atau gimaba

  3. iky says:

    Tokopedia sekarang susahhh nyesel dahh makin sering diperbaiki bukanya makin nyaman malah makin puyeng

  4. tieeeen says:

    Saya tadi pesan 2 barang beda toko
    Tetapi bayar 2 barang
    lalu barang satu sampai
    tapi yang satu tidak dikirim
    kerena stok barang habis
    tapi uang saya tidak kembali…
    berkali” saya kirim pesan ke toko tsb, tapi tidak ada jawaban
    sampai sekarang saya cek belum kembali saldo saya

    • Milen says:

      samaa, saya juga senasib. Si seller masa bodo.
      Padahal setau saya kalo masalah kayak gini kan uang hasil penjualan ada di pihak Tokopedia, udah mau dua bulan ga di refund”, lumayan padahal 55ribu beli di toko Joycellin3

    • Triyas says:

      Kalo boleh tau itu terjadi kpn ya gan? Kl 2th lalu saya pernah order di tokopedia aman2 saja sich. Saat brg g smp2, kita tinggal info ke tokopedia kemudian kita tinggal menarik uang yg kita transfer u msk kmbali ke account qt. Kemudian tinggal ditarik ke rekening kl memang sdh tidak dipakai saldonya.

    • korban toped says:

      persis. dana belum kembali sejak ditolak oleh seller hingga saat ini.sudah 4 hari saldo toped ku cuma 220 rupiah… mau complain, complain kemana. ke pusat resolusi gada menu bantuannya, ke menu bantuan. tidak bisa membantu hahahaa parah. duit 150rb gak seberapa

  5. Liza Aprillia says:

    Haha sama kemaren beli tinta printer ..tapi barang ga dapet and uang ga kembali

  6. joice says:

    aku isi saldo cuma gara2 kode unik nya lupa masukin dana d tahan 1 juta komplain gk di bls2 padahal udah 1×24 jam katanya dana akan di kembalikan sampe skrng blm juga di kembalikan

  7. otoy-smi says:

    ada banyak kasus penipuan disana.toko yang mengasih No resi palsu dan terlambatnya konfirmasi alias dinyatakan barang diterima….padahal belum….hati-hati aja tuh….

    • Len says:

      Iya, padahal toko temasuk banyak transaksi belinya. Heran

    • Fatimah says:

      Sama… saya juga korban… konfirmasi barang diterima by nama saya.. tapi belum saya terima bahkan tidak ada driver gojek yg menghubungi saya sebelumnya.. udah komplain tapi belum ada penyelesaian. Dari cs gojek cuma minta maaf.. dari penjual nyuruh saya tanyain cs nya gojek terus… itu makanan saya pesan keburu basi ga tau kemana..

  8. kandra says:

    sam saya juga kena tipuu…saya sudah 2 kali transaksi…tpii transaksi saya di batalkan…dan uang saya tidak dikemblaikan…toko pedia penipuu..b

  9. fajar says:

    Yang saya aneh…di iklan tokopedia itu barangnya dapat dipesan…akan tetapi pada saat saya coba konfirmasi ke penjualnya ternyata mereka tidak melayani pembayaran via tokopedia…penjual malah minta uangnya ditransfer terlebih dahulu baru barang dikirim…jadi ga pake tokopedia lagi…seharusnya ga usah dimunculkan di toko pedia kalau ada hal seperti itu. Kenapa coba itu bisa terjadi…penipuan buka. Tuh kira2 ya…

    • nindi says:

      hai fajar, mau bantu jawab, tokopedia dia itu adalah sebuah marketplace dan di hanya sebagai tempat memfasilitasi buyer dan seller, nah tokopedia melakukan transaksi dengan sistem escrow, bisa dicari apa itu escrow, nah kalau dia iklan dan minta transfer dulu itu kemungkinan si sellernya bohong makanya kenapa tokopedia menganjurkan untuk membayar melalui rekening mereka karena itu ketika barang tidak sampai ditangan anda maka anda bisa melakukan konfirmasi sehingga ketika barang tidak diterima dana di tahan sebelum ke seller dan jika benar anda tidak menerima dana akan sepenuhnya di refund, jadi sebisa mungkin anda pengguna harus pintar, terima kasih:

      • budianto says:

        hai nindi, modusnya bukan gitu, mereka suruh kamu bayar ditahan uangnya sama tokopedia, terus barang rusak yang dikirim, terus kamu di puter puter sama mereka sampe bosen, terus uang kamu tau2 kaga bisa balik, jadi modus standart korban jadi pelaku gitu, dan pelanggan dikatain bodoh ngak bisa pake sistem katanya, kaya diperkosa alasan pelakunya kamu yang mau. ngeri

  10. yenny says:

    sistemnya CANGGIH tapi rasa RIBET dan BERTELE2 ..padahal duit lebih bayar dan minta direfund.. pake email berkali2 tanya hal yang sama..minta bukti bayar dll.. udah di kasih lengkap.. tetepppp ajah minta kaya gituh..tp ga diselesai2kan… NIPU NEPU lah

  11. yos says:

    kalau tokopedia bagus coba bisa kasih tau nomor customer servicenya yang bisa dihubungi, emailnya saja ngak aktif, uang saya juga belum balik padahal bukan kesalahan saya transaksinya tidak tercatat disistem mereka, saya sudah dm semua bukti pembayaran lewat @tokopediacare

  12. feramik says:

    saya sudah puluhan kali belanja di toko pedia, dan tidak pernah merasa kecewa. bahkan pernah komplain barang beberapa kali ke penjual karena tidak sesuai atau rusak waktu proses pengiriman. dan pihak penjual mengirim kembali barang yang saya pesan. tidak pernah ada keluhan. toko pedia top markotop. sebelum belanja perhatikan :
    1. lihat reviewnya dulu,
    2. berapa tingkat kesuksesan orang belanja di toko itu, jangan lihat harga murah saja
    3. tanya penjual boleh komplain apa tidak kalau ada kerusakan/tidak sesuai pesanan
    4. barang beli barang yang kita mau

    • Prasetyo says:

      Ini mungkin officer tokped x..org yg kerja di tokped sll membela..kenyataannya liat aj yg lapor ga enak banyak..sampeyan blg gt..berati ada 2 kemungkinan..sampeyan untung hoki ato sampeyan kerja org dlm tokped..susun..silakan dipikir sendiri..tq

  13. Ali M says:

    Saya bukan pembela Tokopedia & saya tdk pernah makar thd NKRI. Kira2 sdh lebih dari 50 kali belanja via Toped. Selama itu pula tdk pernah bermasalah. Prnah sekali dua kali bermasalah dg penjual, itupun terselesaikan dg baik. Barang diretur diganti baru (wkt itu hardisk 2TB). Pandai2 kita nego sama penjual-lah (dg kalimat yg bijak & sopan). Tokopedia disini kan hanya system, kalo kita inputnya benar saya jamin “PASTI” ga ada masalah. Jadilah kita smart buyer. Tdk menjudge kesana sini sblm faham betul permasalahan yg kita hadapi. Terima kasih, salam damai….!!!!

  14. Stanley says:

    Udah di bayar minggu lalu tanggal 9 desember 2016 dan sekarangin 16 desember 2016 belum datang padahal udah seminggu dan di bayar juga pake IndoMaret

  15. Istri Woohyun says:

    Selama ini belanja di Toped baik2 saja. Termasuk yg percaya sma Toped. Cuma sekali beli setrika mini gak panas, namanya pun barang icak2 dan itu masalh dgn penjualny 😑. Utk yg lainnya barang sampai dan apabila barang kosong uang di kembalikan ke saldo. Tapi akhir2 ini sering error, cek barang di etalase saja tdk bisa. Menurut sy penipu atau tidak itu tergantung penjualnya. Toped hanya marketplace. Utk soal error nya ini sebaiknya jgn belanja dulu, soalnya banyak yg komplain kesulitan utk konfir dsb.

  16. Supiannur says:

    Tokopedia situs jual beli ONLINE 100% penipuan. Banyak uang yang di tahan gara-gara gagal dalam pembelian barang.

  17. stive says:

    saya rencana belanja di tokped, saya udah tf untuk barang yg ingin saya beli, tp kok statusnya masih “Menunggu proses pembayaran dan verifikasi pihak ketiga” ya?? mohon pencerahannya

    • Danar Buntoro says:

      Trs gmn Mas Stive? Pesanan Mas terlayani khan? Utk pembayaran via transfer bank mmg hrs menunggu konfirmasi pembayaran terlebih dahulu. Jadi; Klik “Beli”, “Metode pembayaran”; Transfer – Ok, transfer uang – krm bukti pembayaran lalu; Tunggu konfirmasi pembayaran diterima pihak Tokped br kl sdh Ok, penjual dikabari utk memproses pesanan kita.

    • Danar Buntoro says:

      Kecuali pembayaran via Mandiri click pay/ Mandiri credit card itu lgs diproses tanpa menunggu konfirmasi pembayaran lgs; “Pembayaran sdh diterima, pesanan Anda km teruskan ke penjual.”

  18. okky says:

    Lebih dari 50 sy transaksi lewat toped, sisi toped sangat aman. Bila sdh pesan, minimal 1x per hari kita lihat titik proses sdh sp mana, Sering sy temui penjual yg nakal, barang yg tdk sesuai deskripsi, langsung sy arahkan ke “Pusat Resolusi”, rata2 sy minta uang kembali dan barang dikembalikan. Nanti team Toped akan ikut menganalisa dari foto barang yg kita terima dengan deskripsi penjual. Pernah ada penjual sepatu yg pakai foto hasil capture dari internet, dan mereka akhirnya menambahkan deskripsi dengan kata2 “mirip” tetap Toped bisa melihat kapan mereka mengedit deskripsinya, dan sy sebagai pembeli dinyatakan menang. Mudah2an bermanfaat. Tks.

  19. Anwar says:

    Ane juga merasa tertipu belanja di toped

    Ilustrasi kasarnya begini:
    Pihak toped yg memberi promo belanja 200rb pakai saldo, (hadiah) gratis ongkir 30rb. Saya berbelanja dari 2 seller supaya cukup nilainya 200rb dapat hadiah, ternyata dr 1 seller batalkan pesanan saya, saya cuma dikembalikan dana pembelian, promo hadiah langsung hangus. Kenapa saya tidak diberi kesempatan utk belanja dr seller lain supaya tetap mendapat promo tersebut?
    Pihak toped cukup bilang maaf….

    Show quoted text

    • Fernando says:

      Bodoh , mknya dbaca ketentuan dan syaratnya , free ongkir hanya dpt digunakan 1 x sehari dan 1 seller , baca gan baca , sekolah jgn bolos mulu

      • Danar Buntoro says:

        Iya benar itu; Anda bodoh!!!
        “Belanja 1 product minimal 200rb IDR dr 1 seller dgn “Saldo” berarti Mas hrs beli “Saldo” dulu, berhak mendapatkan free ongkir senilai 30rb IDR.” Bgt Mas peraturannya, dibaca!!!

  20. Kemas daffa says:

    Kayaknya memang ada oknum yg mengerti cara penarikan dana saldo di tokopedia. Saya barusan juga beli barang di tokopedia sdh dibayar tapi transaksi ditolak alasannya stok dari toko kosong. Trus baru 10 menitan dana saldonya hilang. Waktu di tanya ke custumer service alasannya sudah ada yg tarik dananya ke bank bri an vina lusiana. Kok bisa ya dananya ditarik orang lain.

    • Fernando says:

      Harusnya tdk bisa karena dana dpt ditarik jika kode otp ke hp terkirim , ini rekayasa ya ?

    • lc says:

      saya mempunyai kasus yang sama belanja di tokopedia… transaksi dibatalkan baru ada penarikan dana ke rek an..haerudin.
      yang jadi pertanyaan bagaimana bisa org tsb melakukan penarikan dana, apakah akun kita dibajak.???

  21. Aisha says:

    Selama belanja di toko pedia ini aku lancar lancar saja. Bahkan pernah beli gadget 3 kali, dan alhamdulillah pada sampe walafiat hehehe

  22. Danny Luei says:

    Itu TOKOPEDIA tidak beres… sama KURANG AJAR dengan PENJUALNYA… APALAGI MEMBER GOLD.

    Masa KOMPLAIN saya untuk produk tidak berfungsi sudah jelas dengan bukti foto dan video,,, bahkan telah di acc oleh Tokopedia… MASIH SAJA BERGANTUNG DIPUSAT RESOLUSI…

    Tapi masih saja di suruh tekan tombol bantuan sampai hari ke-9… 3hari, 3hari dan 3hari… karena PENJUAL sengaja tidak merespon… DASAR SISTEM GILA…

    Padahal itu PENJUAL dapat merespon setelah saya Komentar melalui pesan langsung dan melaui DISKUSI PRODUK,,, JUSTRU dilaporin BALIK KLO SAYA BUAT SPAM..,

    DASAR GILA… MAMPUS LOE TOKOPEDIA DAN PENJUAL PENIPU… SEMOGA BANYAK ORANG DAPAT MELIHAT SEMUA INI…

    KEBUSUKAN MU TIDAK DAPAT DITUTUPIN…

    PAKAI PAGE TOKOPEDIA PUN HARUS MELALUI ADMIN DAHULU UNTUK DISETUJUI atas POSTINGAN / KOMPLAIN KITA… MENJIJIKKAN… SUPAYA HANYA TAMPIL YANG BAGUS SAJA DISANA…

    • Fernando says:

      Itu salah penjual nya bkn tokopedia , dewasa pls

      • budianto says:

        itu namanya komplotan, ada yang introduksi, observasi, eksekusi dan advokasi, kalo hukum pidana semua kena tuh. mana bisa cuci tangan gitu. kalo tokopedia mau bersih cari penjual yang pada bae2 didatengin, dikaji, diaudit. bukan semua toko diterima. masa bandit dikenalin ke anak kita, itu baru namanya melindungi pelanggan. korban jangan dijadikan pelaku dong, kamu kaya perkosa orang terus bilang cewenya yang mau. bodoh itu bung.

    • evard says:

      tokopedia ga salah bro, penjualnya yang salah #gagal paham 😀

    • chen says:

      mmg tokopedia itu market place, tapi sistemnya kadang merugikan pembeli.
      jadi ulasan yg bagus aja yg tertampil kalo yg jelek gak di tampilkan. dan saya juga muak dgn member gold

  23. Yayat says:

    Masih Enak blanja di lazada. Karna pengalamanku aku blanja online cuma lazada yg enak,karna bisa bayar di tempat. Di shop online lain belum ad saya temui. Jujur..skarang sya mau beli mainan anak di tokopedia tapi kok ragu ragu ya

  24. dking says:

    Dl transaksi lancar tp akhir2 ini ngaco sy beli brgtoped 179.845 ( hrg brg+ongkir+ kode unik ) stlh tf tk ada invoce ket apapun bsk ny duit dkembalikan Rp.845( kode unik ) nya sj lha yg 179.000 kmn tu duit dikomplain tdk ada kbr,up truss biar rame mgkn sistem eror atau duit di makan asu entahlah duit hlg brg tak sampai nasib2 wong cilik

  25. zubaedah says:

    sama kemarin saya mesen baju pas di pesan uda d bayar katanya bajunya habis. uang masuk ke saldo tokopedia.pas mau d blanjain g bsa di pakai tu saldo katanya password salah melulu uda saya lakukan segala macam buat gunain tu saldo masih g bisa. terakhir aq hapus aplikasi tokopedia dri hpq. biarin uang 636000.buat ngegaji karyawan tokopedia mudah mudahan kenyang ya. amieeeennnn…..

    • Fernando says:

      Ceroboh

    • Hendry Setiabudi says:

      Saya mengalami sama. Sudah pesan dan bayar pakai kartu kredit, tapi item laptop yang di-display penjual no stock. Masih belum tahu bisa balik atau tidak, point-nya adalah bahwa ini unfair trade. Penjual bisa menjual stock yg tidak ada, sementara pembeli diharuskan membayar di depan di system Tokopedia. Jika di trade-web lain; what you buy is what you get… Hanya barang yg available yg bisa dijual.

      • Intan says:

        Iy sis sama kejadian NY sama sy.udh bayar tp d batalin.kl emng gk ada barang NY harus NY system otomatis kasih tau kl brng gk bs d beli.kl sy blnja d bli2 atw Lazada or zalora kl brng habis kita kn d kasih tau tnpa harus transaksi .skrng udh gk ada barang udh bayar.proses balikin Dana 14hari.mudah2 an Dana d balikin 😓 agak ngeri jg krn kbnykn disini dapetmpngalaman buruk

  26. Crisna arif says:

    saya sempat mesan barang dan ternyata terjadi kesalahan dalam pembelian karena saat chekout dan uang sudah ditransfer tapi dari situs masih dalam keranjang.
    akhirnya saya mutuskan utk hubungi bantuan melalui email dan nomor telpon, awalnya memang operator sedang sibuk krna saya telpon malam, akhirnya saya telpon pagi alhamdulilah diangkat pihak pusat dan akhirnya pesanan saya dikirim juga dan nyampai kerumah.
    ini sekedar mengingatkan bahwa memang benar dana yg kita transfer tidak akan diterima penjual sebelum barang sampai ke tujuan(*alamat yg benar), dan tidak ada tipu2, bhkan saya sering belanja yg jumlahnya jutaan dijamin 1000% amaan..
    Ini nomor pusat TOKOPEDIA yang saya dapat dan direspon
    085574679317

  27. Fernando says:

    Yg jelek” in tokopedia pasti kompetitorr busuk persaingan tdk sehat

  28. Zuyaziya says:

    Sy persen baju di toped hari kamis lalu siang siang, terus bayar let indomart. Lalu malem.nya si penjual ngasih resi tp setelah saya cek resi.nya bodong. Lalu sy komplen ke penjual dan si penjual bilang barang belum dikirim karna berbagai alasan dan minta saya untuk meng klik tanda terima dan minta no rek untuk mengembalikan uang yg sudah saya trf. . dan skr masih bingung antara mengklik tanda terima atau minta refund ke toped..

  29. arsi says:

    Low gk penipu knpa barang saya blom sampai sya psen hari jua’at kmarin ,dan knpa gk ad yang bsa d hubungi penjualnya ataupn tokopediany ,,

  30. Satrio Adhitomo says:

    Saya beli Accu di aki.com via tokopedia..dilaporannya dibilang sudah terkirim..namun kenyataannya sampai 3 minggu ga ada barangnya. Tokopedia pun terkesan lepas tangan. Jujur sebaiknya ditutup saja tokopedia apabila ga bisa bertanggung jawab. Kok Tokopedia juga terkesan jadi melindungi penipu. Saya nyesel belanja di Tokopedia dan ga akan pernah mau lagi belanja di Tokopedia.

  31. zulkifli says:

    aku juga dirugikan toko pedia aku udh mulai malas pake toko pedia uangku tidk kembali barang gk dapt uang pung ntah dimn nyangkutx..aku mau berhenti saja pake toko pedia

  32. Nur says:

    Setuju, hati hati belanja di tokopedia, banyak seller penipunya, baru aja aku kena tipu. Dikirim barang rusak kagak mau ganti dia.

  33. paidi says:

    Saya sdh belasan kali belanja di Tokopedia lancar semua. Alhamdulillah

  34. afrelita says:

    Kak tolong konfirmasi atas nama lhea viong ya, saya sudah transfer uang ke bri tokopedia cabang kebon jeruk sebesar 7juta 4rts , tolong konfirmasinya ya .. jgn menipu tolong ya tokopedia

  35. wulan says:

    sudh berapa kli belanja d tokopedia lancar2 aja …tpi kli ini emang bikin kecewa aq d suruh nunggu 2 trus tpi dana q gk balik k saldo tokopedia ….aq melakukan pembayaran via klikpayBCA rekening q sudh terpotong tpi dri pihak tokopedia gagal …aq jdi bertanya2 kemana duit q …periksa d mutasi rekening sudh jelas duit ny terkirim k tokopedia bukti ny pun sudh ada ….sudh saya Hubungi pihak tokopedia selalu aja d suruh nunggu …ky ny yg jawab imail saya cuma robot , bahkan saya Hubungi via fb jawaban ny selalu sama ,cs ny cuma minta maaf dn suruh bersabar menunggu …apa coba sampai kapan saya harus nunggu .memang duit ny gk seberapa ,tpi buat ibu rt ky saya itu sangat berharga ….semoga aja tokopedia cepat menyelesai kan ny …semoga system ny lebih d tingkatkan lgi, biar kami gk kecewa belanja d tokopedia ….

  36. Himawan says:

    Waduh sama gak ya Uang ku 1.6juta hari ini masih suruh nunggu

  37. ahmad topani says:

    Saya baru2 ini beli hp dan distatus pemesanan saya pesanan masih proses dan saya sudah bilang ke penjualnya bilangnya dari faktor jasa pengirimnya J** itu masih disortir barangnya.sudah 3 hari di status pemesanan saya masih proses.bukan apa2 itu barang titipan teman yg harus diberikan.apa pesanan saya apa sudah ada di J** atau masih di penjualnya?

  38. Yanti says:

    Saya sdh sering belanja di tokped dan selama ini lancar dan aman, Ketika ada masalah transaksi gagal dan dana kartu kredit terpotong pun langsung ditanggapi pihak tokped ketika saya konfirmasi lwt email. Tetapi hari ini saya mengalami kejanggalan dengan akun saya. Saya coba masuk menggunakan applikasi android, ketika itu masuk tetapi langsung keluar lg dari akun saya, saya coba brp kali dan begitu terus. Ketika saya masuk menggunakan laptop, ketika itu saya kaget karena ada bbrp transaksi yg tidak saya lakukan dan nama profil serta alamat pengiriman pun berbeda. Saya coba masuk kembali dan lebih aneh lagi nama profil saya berubah bbrp kali. Saya langsung email ke tokopedia dan memastikan agar orderan saya yg belum dikirim mohon dikirim ke alamat saya yg sebenarnya. Saya langsung ganti password dan bbrp saat kemudian akun saya kembali normal dan saya mendapat no resi yg ke alamat saya. Sekarang saya jadi ragu berbelanja di tokopedia lagi.

  39. Onh says:

    Kalo ada yang ter tipu mending lapor polisi aja

  40. ming says:

    saya tertipu dengan jebakan maut tokopedia atas kejahatan pembeli yg sepertinya ingin melakukan pertukaran komponen lcd dengan alasan mati total dan melakukan pengembalian dana dipusat resolusi saat pembeli melakukan solusi terakhir dan kembali dana disitu saya menolak dan terakhir solusi ada form tertulis dana yg anda inginkan sebagai penjual lcd bekas pasti saya ingin uang hasil penjualan saya diterima meskipun sedikit untuk orang kampung seperti saya itu berarti setelah saya masukan dana yg diinginkan alhasil tokopedia malah menyelesaikan permasalahan bukanya memberi uang hasil dagangan saya otomatis saya sebagai penjual rugi saya ga mau selesai sebelum hasil penjualan saya diterima karena barang dagangan lcd bekas saya hidup jadi mati total bukti screen shoot penjualan lcd yg hidup ada dan screen shoot kepuasan pembeli lain ada di saya.untuk penjual elektronik lain hati2 atas modus pembeli dan jebakan maut tokopedia ini invoice saya INV/20170213/XVll/ll/69802995

  41. Khoi says:

    Tak ada bermaksud yang bukan2, hanya ingin berbagi dan mencari pencerahan bagi teman2 yang lebih berpengalaman. Singkat cerita saya telah mentransfer uang kurang lbih 2 juta untuk pemesanan barang. Pemesanan tersebut dibatallan pihak tokopedia disebabkan bukti konfirmasi pembayaran saya gagal (struk tranfer tak bisa dicetak). Setalah diberi arahan, saya memberi bukti transfer dari bank, dan diperbolehkan memesan kembali dengan uang tersebut. Namun setalah dua hari pemesanan, pihak tokopedia membatalkan kembali pesanan saya. Dan uang saya masih belum masuk ke saldo tomopedia saya. Saya mulai meragukan tokopedia. Karena tak sesuai dengan yang merka arahkan. Tak ada bukti dari pengembalian uang yang sudah saya transfer. Jika ada yang tau, mohon arahannya untuk menarim kembali dana tersebut. Terimakasih.

  42. annisha says:

    saya penjual baru di tokopedia. justru saya yg ngerasa takut ditipu oleh pembeli. ada kemungkinan ga pembeli nipu seller? mohon jawabannya. terima kasih

  43. Salman al farisyi says:

    Uang ku di saldo tokopedia barusan aku ambil aku transfer k rek bca ku tp setelah aku cek g ada uang ku

  44. Arfit says:

    Sebetulnya sering belanja d tokped,tp masalah sy baru alami sekarang pembayaran sy tidak d verifikasi, dg alasan ada masalah d bank,terus sy d suruh transfer ke akun dg Nama MARDIYAH ,agr sgera d proses ,tp sampe batas waktu 2x24jm waktu verifikasi tdk ada proses,sy chat d masanger untuk mnayakn kejelasany bgmna,tp spertiy sudah d blokir krn tdk bisa mengirim pesan,apakah sy sbg pembeli tdk boleh bertanya,apakah harus menerima sj ,sy tdk bgtu mempersalhkn uang yg sdh masuk ke akun tokped sbtly cuma ingin tau bgamna kejlasn dr trnsaksi saya,,dn sekali lg tdk ada no untuk d hubungi sprt d toko sebelah,akhir y masalah yg hrsy bs di bicarakan,hanya d jawab oleh mesin dg jwaban yg sama..

  45. tata says:

    ane kn beli hp ya di toped, disalah satu seller, tp ane transfernya ga rek toped tp langsung ke rek si seller ini. gatau knp ane tf aja tnp rasa curiga, eh besoknya si seller bilang, udh dtransfer 2unit hp ke alamat ane, padahal ane cm butuh 1unit doank, keliatannya untung ya?! tp masalahnya si seller nyuruh ane utk tf yg 1unit lg, kn padahal ane ga pesen buat 2unit, tp si seller ngotot buat tf yg 1unit lg, ane blang ga aja ga bisa, si seller bilang kalau ga di tf buat yg 1unit lg, uang ane bkl hangus katanya. agan2 ada masukan ga buat ane? ini gara2 ane termakan gimmick murah meriah. #nooffense gan

  46. anan says:

    wkwk,, kalo gak mau ketipu. ya beli di pasar yg langsung ketemu. udah tau kalo belanja online resikonya begitu masih ngeyel… udah ketipu nyalahin orang lain… ya elu yg goblok… intinya berani berbuat berani bertanggung jawab

  47. anelia saraswati says:

    saya yang akan terang2an bilang bahwa tokopedia itu tidak pernah mengirimkan barang yang saya pesan (earphone bluetooth) padahal saya sudah transfer sejumlah uang ke rekening tokopedia.

    saldo yang sudah saya transfer pun tidak pernah kembali…apakah itu sudah bisa disebut penipuan??

    • yudha yudha says:

      sekedar klarifikasi mba, yang jualan di tokopedia adalah pihak lain..

      jadi kalau barangnya ga sampai, mba harus lapor kepihak tokopedia, bahwa barang ga sampai, dalam waktu (3 hari ditambah jumlah hari pengiriman)..

      misalbya barang dikirim dari jakarta kebandung, biasanya sampai dalam 1-2 hari..

      jadi mba punya waktu sekitar 4-5 hari untuk nunggu barang datang, dihari ke enam kalau belum datang, mba harus jelasin ke tokopedia,

      agar uangnya ditahan sama pihak tokopedia, dan tidak dikirim kerekening penjual…

    • Dk says:

      Saya pernah mencoba belanja di tokopedia tapi barang yg saya pesan habis terus di respon sama pedagangnya dan uangnya alhamdulillah dikembalikan…Demi Allah Demi Rasulullah..saya bukan pegawai tokopedia pastinya

      • yudha yudha says:

        ga perlu sumpah jg mba :D…

        memang aku liat dari komentar2 pengunjung, ada yg sukses dan ada yg gagal.. aku harap sih tokopedia bisa terus memperbaiki systemnya, biar permasalahan bisa selesai dgn mudah…

  48. Heru says:

    Pengalaman saya belanja di tokopedia , dr 4 kali belanja, 1 gagal karena stok kosong.dana masuk ke rek.tokopedia.tapi saya tidak bisa tarik dana.sudah tanya ke tokopedia , sudah mereka jawab.tapi tetep ga bisa.waktu mau pilih bank, sudah di klik pilih bank , tapi screen balik ke awal lagi.kayak ga respon. Berkali kali begitu. Jadi kapok.

    • yudha yudha says:

      bisa jadi bahan pertimbangan hal sperti ini sih, aku belum pernah gagal belanja online, karna memang jarang sih beli barang fisik secara online..jadi memang ga pernah gagal..

  49. RIAN KOSMAYANTI says:

    Reputasi yg baik ga menjamin sellernya bukan penipu, itu kejadian sama saya, bilang barang asli ternyata palsu, yg ga fair itu komen yg kita buat di kolom diskusi bisa didelete oleh seller, trus berakhir kita dituduh melakukan spamming ketika kita minta balikin uang ke sellernya.

    • yudha yudha says:

      aku ga punya akun seller , jadi kurang tau, bisa jadi memang komentar ny bisa dihapus.. kalau memang seperti ini jadi harus makin hati-hati untuk milih seller di tokopedia…

  50. Tiwi says:

    Ada yang pernah pengalaman pakek cicilan lewat tokped nggak?? Kalau ada, kira2 itu beneran 0% gak cicilannya?

  51. maria says:

    Ikutan nimbrung. Saya bukan mau jelek2in tokopedia tp ini murni penipuan dan tokopedia melindungi penjual2 yg menipu. Saya beli kosmetik 400 ribu. Waktu terima semua ok.. kotaknya ok shga saya konfirmasi terima. Eeh.. malamya saya mau pakai ternyata itu barang sudah kadaluwarsa. Saya langsung kirim pesan ke penjual tp sampai skrg berkali2 kirim pesan tak direspon. Saya sudah hub layanan pengaduan tokopedia malah kayak robot yg balas pesan sabar sedang di follow up belum ada jawaban dr penjual. Itu penjual khan ada no hp dan alamatnya tp g dicantumkan di tokonya. Namun kita khan tau bhw member apalagi gold harus verifikasi no hp dan alamat. No telp yg 0855 juga skrg cuma menjawab silahkan hub alamat web kami. . Sekali lagi saya jelas katanya tokopedia berkomplot menipu krn melindungi penipu yg berdagang di websitenya. Saya pikir harus ada pembelajaran. Harus dilaporkan ramai2 kalau begini spy tidak terlalu banyak korban. Kasihan teman2 kita yg berharap belanja hemat malah rugi tertipu

  52. ming says:

    kalo aku jadi penjual ketipu barang bagus jadi rusak gara2 komplen entah pembeli yg nakal tukar komponen entah pengiriman jasa nya yg ngerusak.yg jelas barang saya rusak duit hangus.tokopedia ga aman

  53. sendi says:

    Gan ane mau tanya..ane kan baru prtma nyoba tokopedia trus kemaren ane beli headlamp nva di seler hid projector.. Pmbyaran udh smua .dan dr tokopedia udah di terusin ke pnjual . tapi ko smpe skrng blm ada notif pemesanan sedang di proses trs ane tnya pnjual jg ga di respon… Trs td sya ajukan prmbatalan karna ane kcwa bgt masa pembeli ga di hrgai.. Tapi ko stlah ane batalin ga ada notif ap2..kira2 apakah uang yg sdah sya transfer bisa balik lagi ke saya… Tolong ya gan di jawab

  54. Marto says:

    Barusan ditipu toped busuk nih gan udh transfer tp dpt notif pesanan dibatalkan,enaknya digebukin rame2 aja kali ya..

  55. Mega says:

    Tadinya setia bgt sama tokopedia, br kali ini ketipu jadi kapokk…kronologisnya saya order barang tp ga diproses..krn di toko seller ada no wa saya tanya via wa…seller bilang udah dikirim, cm blm input resi setelah input resi saya cek ternyata bodong…lalu saya komplain lewat email dengan bukti terlampir dan dibalas robot. si seller pinter dia perbaiki lg no resi biar dana ga bisa ditarik dan setelah dicek resi ttp bodong…jawaban emailnya pun bertele2 dan kesannya hanya mengundur waktu. Sepertinya tokopedia lebih memihak seller… kapok, ngga lagi2 belanja di tokopedia

  56. opu says:

    paling aman BUKALAPAK, sering seller gak bisa kirim barang dll alasan, tapi duit gw balik ke Bukadompet, . CSnya juga fast respon. CS-nya baik2, lagi. I LOVE U, BL..!!

  57. Rita says:

    Gue sering belanja di tokopedia dan ada aja barang yang sampai tetapi tidak sesuai dengan yang gue beli dan saat gue mengajukan komplain, seller tidak respon. Saat gue tekan tombol bantuan, tokopedia hanya bisa mengetik mohon seller turut aktif dalam diskusi ini, bla bla bla…… Tetapi seller sampai akhir tidak merespon dan tokopedia hanya mengulang-ngulang aja tuh ngetik permohonan agar seller membalas diskusi ini tanpa mampu menekan seller tersebut. Pokoknya ribet banget deh kalau misalnya ngurusin barang yang salah kirim karena tokopedia tidak bisa bertindak tegas agar seller responsif pada komplain kita. So, gue sekarang mah kecewa berat banget ama tokopedia dan beralih ke tempat lain yang lebih oke. Dan gue rasa gak hanya gue yang merasakan pengalaman seperti ini. Saran gue cuman : masih banyak aplikasi yang lebih oke dari tokopedia, jangan cuman ngejar murahnya aja… Tapi dilihat kembali apakah ada garansi after salesnya dari aplikasi tersebut, misalnya free ongkos retur jika barang salah kirim, atau aplikasi tersebut mampu memaksa seller untuk cepat responsif pada komplain.

  58. Suzanna says:

    Ternyata bukan cuma saya yang hilang duit di tokopedia. Kebayang berapa untung tokopedia dari saldo2 yang hilang. Saya sudah sangat lama jadi langganan tokopedia tapi sekarang takut transaksi disana. pembelian saya dibatalkan oleh tokopedia. tidak sampai satu jam setelah saya checkout, transaksi dibatalkan oleh tokopedia, jadi saat saya bayar, transaksi tersebut sudah dibatalkan, saya yakin itu kesalahan sistem. pas saya minta pengembalian dana, tentu saja melampirkan bukti2, sampai sebulan tidak selesai juga, sampai 2 bulan, eh komplen saya dihapus oleh tokopedia, malah saldo saya yang tersisa disana, ditarik oleh tokopedia dengan alasan tidak dapat memverifikasi transaksi yang bermasalah tersebut. Jadi, saya rasa ini murni kesalahan tokopedia, karena tidak ada hubungan dengan penjual sama sekali. Bisa kah dikategorikan sebagai penipuan? Menurut saya bisa, karena mereka menghilangkan jejak rekam pembicaraan saya dengan mereka. Untunglah saya masih menyimpan screen capture pembicaraan dengan tokopedia, jadi saya masih punya bukti2 kuat kalo tokopedia sengaja tidak mengembalikan saldo saya.

  59. farid says:

    saya barusan ketipu mungkin ini modus baru karena barang yg saya beli setelah pemakaian 2 hari layar ada garis2nya tapi itu kuanggap gak masalah, setelah 1 minggu ternyata sinyal hilang kemudian ku inbox ditokonya “xiaomiphonestore” dia bilang masih garansi bisa dikirim balik.
    kemudian saya kirim balik mengunakan JNE paket “YES” , harusnya pakai paket YES sehari sampai tapi pihak toko bilang belum menerima, saya inbox berkali2 tanpa ada yang dibalas padahal toko tsb posisinya online dan saya nyerah ternyata tertipu…

  60. Henry Lee Alvian says:

    Gimana Kalo Kita Tertipu Oleh Penjual Tapi Uang Sudah Kita Kirim Nah Itu Cara Kita Mengambil Uang Kita Kembali Bagaimana?

  61. IVAKDALAM says:

    Traveloka penipu ditrasfer kerekeningnya IBNU. HUSEN bsnk BRI masuk oke saya menghubungi tiket melalui nomor resmi 0823 1757 5873 dan kontak dg 0852 1980 666! Ternyata uang saya tersrdot hingga 3juta herannya trrjadi penipuam koh perusaan tdk perna kontrol apalagi pemeri tah biarkan saja indonesia akan jadi pencuri onlain terbabyak di dunia bisa terjadi kasihan prrusshan yang mulai top dikotori org tertentu harus dibasmi !?!?!?!?!

  62. suryawan says:

    hati hati dengan tokopedia,.,., pembeli sudah melakukan pembayaran, tapi dana tidak masuk ke saldo saya (penjual), di tahan oleh tokopedia, tidak ada no telp yg bisa di hubungi, mesin penjawab yang seperti robot, dana saya 5,8 jt, kemana saya harus mengadu ?
    kemana saya harus melapor,.,.

  63. tursan says:

    saya baru beli squishy ditokopedia buat anak saya tapi sih disitu “pesanan sudah diteruskan ke punjual”tapi kok kaya tingggal 1 hari berapa jam pesanan saya bakal di batalkan gimana tuh???

  64. Mita says:

    Ya saya jg kena tipu gara2 saya percaya yg jualan d toped it orang jujur apa lg banyak point nya.. Eh ternyata saya order langsung udah 7 hari saya d cuekin… D tlp ga nganggep wa ga bls… Jadi jgn percaya rating.. Yg sebenarnya nyari celah untuk nipu…

  65. Firman says:

    tokpedia tidak punya profesionalisme untuk mengelola bisnis mereka. mereka tidak SOP untuk mengatasi kehilangan barang yang entag siapa yang salah antara penjual dan go-jek (go-send). barang saya sudah lebih dari 1 minggu tidak ada perkembangan sedangkan uang saya sudah di tokopedia. jawaban tokopedia hanya menunggu begitupun sama dengan pihak go-jek. barang saya kecil harganya tidak mahal, tapi gara gara kasus ini saya sudah membeli barang yang sama ke toko lain karena kebutuhan saya akan barang itu. saya benar benar dirugikan….

    dan parahnya lagi TOKOPEDIA tidak punya call center, untuk pengaduan ini.

  66. L says:

    Untung belum pesen apa2 di tokped. .😂

  67. lisan says:

    jadi ragu mw belanja online

  68. Ray says:

    bro w mau tny itu kalo misal ada pembeli dan checkout.. itu kita packing?(terus dananya kemana)

  69. Sarkamtono says:

    saya juga mau beli elektronik di tokopedia, barang tidak dikirim terus uang dak kembali. tokopedia boodoongg

  70. omanfadil says:

    Ya allah, tolongin ane dong, pake rekber di tokopedia tapi barang ga sampaai, lalu uang saya gimana? Masih bisa balik ga nih??? Sayaa butuh sekali uangnyaaa. Help
    Penjualnya ga bisa di Hubungin. Aaaaaaaa

  71. Masdilla says:

    Ane blum pernah belanja di Tokopedia dan mau belanja untuk pertama kalinya tapi ane jadi ragu setelah baca koment” di atas…
    Ane lebih sering belanja di Bukalapak dan Lazada. Ane juga jualan di Bukalapak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *