Apakah TRAVELOKA PENIPU ? Ini pengalamanku beli tiket online di traveloka

Saat ini pesawat merupakan transportasi yang paling digemari masyarakat untuk traveling dengan jarak yang cukup jauh. Banyaknya peminat akan moda transportasi ini menyebabkan tiket pesawat laris manis, dan pasarnya pun terus membesar.

Akibatnya banyak banget penjual yang tersedia, tinggal pilih, ada yang promo potongan harga dsbnya.

Masalahnya, apakah semua yang jualan ini bisa dipercaya ?

Kalo beli tiketnya seperti jaman dahulu kala, serba offline, harus datang ke kantor penjualan atau agen tiket untuk bisa dapetin tiket, ga akan masalah. Karna ketemu tatap muka sama yang jual, kalo mereka nipu bisa didatengin atau dilaporin dengan mudah.

Kalo sekarang, semua serba online,

Memang proses belanjanya jadi lebih mudah, tapi keamanan dalam berbelanja pun berkurang. Kalau ada masalah, akan lebih susah di hubungi karna hanya bisa dihubungi lewat chat atau email. Walaupun ada beberapa penjual mungkin yang menyediakan call center untuk costumer service ny, tapi tetap aja, komplain tanpa tatap muka, semua proses jadi lama.

Kali ini aku akan bahas salah satu β€œAgen” tiket online yang saat ini sedang gencar2 nya ngiklan di tv . Aku sengaja bahas disini karna banyak nya informasi simpang siur di internet. Selain itu aku juga ingin agar artikel ini jadi wadah curhat bagi siapa saja yang pernah beli tiket online di traveloka.com.

Apakah Traveloka penipu ? Amankah beli tiket pesawat di Traveloka ?

Buat kamu yang ingin buru-buru pesan tiket pesawat, aku akan langsung jawab ” Traveloka.com bukan penipu, dan bisa dipercayaβ€œ. Kenapa ? baca aja dibawah ini.

Pengalaman beli tiket pesawat di traveloka.com

Aku sudah pesan tiket langsung di traveloka, berkali-kali, dan tidak ada masalah. Jadi aku bisa bilang traveloka legit, berdasarkan pengalamanku. Ini screenshoot pemesananku di traveloka.com

review-apakah-traveloka-penipu

Tampilan website

Tampilan website traveloka.com keren dan professional. Karna kebetulan aku seorang blogger, seperti yang teman2 lihat, tampilan website ku ini biasa2 aja. Berbeda dengan tampilan website traveloka yang simple dan elegan.

Untuk desain website seperti traveloka itu setidaknya harus punya staff web design yang professional.

Mungkin teman2 pernah dapet SMS penipuan, yang bilang kalau teman2 menang hadiah mobil atau uang ratusan juta, terus disuruh cek blog atau website tertentu. Nah website penipuan, biasanya desainnya asal jadi, karna tujuannya dapet uang tanpa harus kerja keras. website penipuan biasanya pakai subdomain gratis sehingga penipu ga keluarin modal sama sekali untuk bikin websitenya.

Jadi dari tampilan website, kita bisa liat seberapa besar effort dan money yang dikeluarkan. Semakin banyak effort dan money yang dikeluarkan, semakin kecil kemungkinan website tersebut penipu.

Iklan

Ini alasan paling kuat yang nyatain traveloka.com bukan penipu. Traveloka ngeluarin budget yang sangat besar buat ngiklan di Tv nasional, plus iklan di internet.

Iklan di TV nasional, setiap kali tayang dengan durasi 1 menit, bisa keluar belasan juta. (baca-baca diinternet, biaya pastinya aku juga ga tau, karna tergantung sama stasiun tvnya, tergantung sama durasi, jam tayang, dll).

Iklan di internet, juga lumayan besar, walaupun mungkin ga sebesar iklan tv nasional.

Seperti yang udah aku singgung sebelumnya, penipu itu tujuannya dapet uang tanpa harus kerja, jadi ga mungkin penipu mau bayar iklan ratusan juta perbulannya, supaya bisa nipu.

Kesimpulannya adalah traveloka.com bisa dipercaya dan bukan penipu. Terus kenapa ada Isu di internet kalau banyak yang tertipu pas pesan tiket pesawat di traveloka?

Lanjut baca jangan di close dulu πŸ˜€

Sejauh yang aku tau, memang ada kasus dugaan penipuan terkait dengan traveloka, tapi hal ini tidak dilakukan oleh pihak traveloka, melainkan pihak-pihak yang pura-pura (ngaku-ngaku) traveloka. Karna mungkin masih banyak masyarakat yang baru mengenal belanja online, banyak penipu-penipu yang ambil kesempatan, mereka nawarin tiket dengan harga diskon, nawarin dengan harga yang jauh lebih murah dari pada yang ada di website, dan mereka ngaku nya orang dalam/pegawai traveloka.

Dan ternyata banyak juga yang tertipu.

Aku disini bener2 menghimbau, kalau teman-teman baca artikel ini, silahkan di copas dan dishare, atau bisa share link nya di fb atau twitter, biar ga ada lagi yang tertipu.

Berikut ini beberapa tips agar teman-teman bisa aman saat belanja tiket pesawat online.

Pertama, saat melakukan pembelian, lakukan langsung melalui website yang bersangkutan.

Kalau ingin beli tiket di traveloka.com ya buka aja traveloka.com, lalu lakukan pemesanan sesuai prosedur yang di tentukan oleh traveloka. Kalau mau beli di tiket.com ya buka aja tiket.com. Kalau mau beli di website maskapai resmi, langsung aja buka website maskapainya.

Intinya adalah jangan beli melalui perantara (yang ngaku2 orang dalam). Dan jangan beli dari sembarang website.

  • Contoh url website resmi : www.traveloka.com, lazada.co.id, tokopedia.com, dll.
  • Contoh url website penipuan : tiketonlinetraveloka.wordpress.com atau jualtikettraveloka.blogspot.com, diskontikettraveloka.blogs.com, traveloka.com-blabla.com (aku sering liat website seperti ini, yang seperti ini sebenernya adalah website com-blabla.com dengan subdomain yang diberinama traveloka, jadi ntar jadinya ya seperti diatas traveloka.com-blabla.com)

Ngertikan maksudku ?

Apakah semua web blog dengan domain gratisan seperti wordpress dan blogspot itu penipu ? sebenernya sih enggak. Karena banyak banget blogger yang menggunakan website gratisan seperti diatas untuk menulis dan memberikan informasi yang sifat nya gratis.

Tapi untuk kepentingan e-commerce, atau jual beli online, aku sendiri memang ga mau percaya sama penjual yang menggunakan domain gratisan.

Kenapa ?

Harga domain itu murah banget, untuk domain .com seperti bukugue.com ini, pembelian tahun pertama bisa dibawah 100ribu, perpanjangan tahun berikutnya biasanya dikisaran 110ribu sampai 140ribu tergantung dimana tempat membeli domain tsbt.

Jadi kalau ada penjual yang ga mau keluar duit 100 ribuan pertahun untuk gunain nama domain berbayar. SEBAIKNYA jangan di percaya.

Kedua, pastikan rekening tujuan transfer adalah nama perusahaan, bukan nama orang.

Traveloka itu skalanya nasional, dan merupakan sebuah perusahaan. Jadi saat kamu beli tiket dan melakukan pembayaran, kamu akan diminta membayar ke rekening perusahaan. Bukan rekening pribadi.

Kalau ada yang ngaku2 orang dalam, terus minta transfer kerekening pribadi, sangat besar kemungkinannya kalau itu adalah penipuan.

FAQ mengenai traveloka

  1. Apakah e-tiket perlu di print ?

Ga perlu di print, cukup perlihatkan e-ticket lewat smartphone atau tablet ke petugas. Aku udah berkali kali check-in dengan cara ini dan ga pernah ada masalah. Yang penting sampai dibandara, baterai hp/tablet yg ingin digunain untuk check-in jangan sampe low apalagi habis. Repot sendiri ntar πŸ˜€

Hmm..untuk sekarang segitu aja sih. Kalau ada yang ingin ditanyakan, atau mau share pengalaman, bisa dikolom komentar. Thanks.

yudha

yudha

Hi.. aku yudha.. Aku blogger and bukugue.com is my creation. So, nice to meet you all. Kalau ada kritik dan saran, feel free to contact me dilaman ini https://bukugue.com/contact/

You may also like...

8 Responses

  1. karina says:

    Suamiku pernah ketipu … keliatanya oknun org dalam traveloka . Dan call centernya juga sdh kongkalikong.

  2. Biah says:

    Kalo beli buat orang tua bisa ga?
    Orang tua aku dr padang mau ke jakarta?
    Nanti.tinggal kasih nomor e-tiketnya aja yaa? Bermasalah ga di bandara?

  3. Riri says:

    Kenapa harga tiket di traveloka lebih murah dari sistem tiket online lainnya?

  4. Ismail siden says:

    Saya sudah bayar via rek bni 7998799867 pulsa seratus ribu dwngan harga rp. 96.619 tapi kenapa pulsa tidak masuk kenomor saya 081355777127 mohon info dati traveloka

  5. Ida Bagus Bayuna says:

    Traveloka aman, saya berkali kali beli di traveloka ga ada masalah, baik beli buat sendiri maupun beliin teman.

  6. Riri says:

    Traveloka murah krn mereka trmasuk online travel besar yang memiliki akses mudah ke maskapai aslinya. So, jangan ragu2 blanja tiket di traveloka

  7. Ali Santoso says:

    parah tuh sstem refundnya…tket tertulis refundable tp direjet uga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *