Yahoo! News- Mengenal Produk Besutan Yahoo.Inc

Informasi merupakan salah satu kebutuhan yang tidak kalah penting dalam kehidupan manusia. Informasi baru tentu selalu ditunggu-tunggu kehadirannya.

Tidak hanya informasi penting yang berkaitan dengan pekerjaan yang sedang kamu jalani maupun tugas yang harus kamu lakukan, seseorang juga membutuhkan informasi yang mencakup jangkauan wilayah yang lebih luas, seperti berita seputar politik, olahraga, gaya hidup, fenomena alam, otomotif, kecantikan, harga pasar, dan sebagainya sehingga informasi tersebut bisa menjadi pengetahuan baru baginya.

Informasi yang masih baru dan fresh juga bisa menjadi salah satu cara bagi seseorang untuk selalu tahu tentang kejadian-kejadian yang terjadi baik di wilayah sekitarnya, wilayah negara, maupun wilayah dunia, sehingga bisa melakukan gerakan antisipasi maupun turut memberikan masukan sebagai solusi atas permasalahan yang terjadi.

Informasi terbaru bisa didapatkan seseorang dari mana saja. Yang paling lazim atau biasa dilakukan oleh kebanyakan orang untuk mendapatkan berita yang masih segar adalah dengan membaca koran dan menonton siaran berita di televisi.

Dulu, orang akan berlangganan koran atau rajin membeli koran setiap pagi demi mendapatkan berita terbaru yang ada di berbagai daerah di Indonesia. Dan tentu saja harus ada harga yang dibayarkan untuk itu. Biasanya, satu bendel koran baru (terdiri dari 8- 10 lembar) dibandrol dengan harga sekitar 3000 hingga 5000 rupiah.

Selain itu orang juga bisa mendapatkan berbagai informasi baru melalui tayangan televisi, baik dari siaran berita nasional dan mancanegara maupun tayangan televisi yang berisi informasi lain seperti perjalanan wisata ke berbagai daerah, infotainment, tayangan tentang pembuatan produk, flora dan fauna, dan sebagainya.

Seiring dengan perkembangan zaman, tentu teknologi penyebaran berita atau informasi pun menjadi lebih cepat dan canggih. Kini, untuk mendapatkan berita baru yang masih hangat kamu tidak perlu repot-repot keluar rumah untuk membeli koran, memutar radio sepanjang hari, maupun duduk berjam-jam di depan televisi. Kamu bisa dengan mudah mendapatkan berita terbaru hanya dengan sekali ketuk.

Ada banyak sekali situs penyedia berita online yang akurat, tajam, berimbang, dan bisa dipercaya. Salah satunya adalah situs penyedia berita online dibawah bendera yahoo.inc, yaitu yahoo news. Selama ini, produk besutan yahoo yang paling kita kenal dan sering kita gunakan adalah yahoo mail, padahal ada banyak produk yahoo yang bisa membantu kehidupan sehari-hari. Nanti akan aku bahas satu-persatu di artikel selanjutnya.

Baca juga : Cara buat email yahoo dengan mudah

Kali ini kita akan membahas dan mengenal lebih dalam tentang Yahoo news sebagai salah satu produk unggulan Yahoo.inc

1. Topik-topik/konten yahoo news

Yahoo news adalah salah satu portal web yang menyediakan berita secara online dengan berbagai konten yang selalu menarik untuk disimak. Beberapa konten yang disediakan oleh yahoo news adalah politik, bussiness, need to know, world, US, Entertainment, Science, Health, Weather, Most Popular, News Photos, Op/Ed, dan Local. Oke, akan aku jelaskan satu beberapa diantaranya
Politik- yahoo news dengan konten politik membahas tentang berita-berita politik yang menjadi trending topik di berbagai negara. Utamanya di wilayah Amerika, tempat dimana perusahaan yahoo pertama kali didirikan. Seperti tentang persaingan politik antar partai, tentang pemilihan presiden, dan sebagainya.
Bussiness- konten yahoo news dengan tajuk bisnis berisi tentang berbagai hal yang berhubungan dengan bisnis yang terjadi di berbagai negara utamanya Amerika. Seperti nilai kurs saham, atau nilai tukar mata uang asing, launching teknologi baru (seperti mobil keluaran terbaru yang sudah tersedia di Amerika beserta reviewnya, maupun mesin canggih lainnya), maupun bisnis yang sedang naik daun di kalangan masyarakat Amerika dan dunia.


Need to know- konten dengan judul need to know biasanya berisi tentang fenomena (baik fenomena alam maupun teknologi/ fenomena baru yang sengaja dibuat oleh manusia) yang terjadi di berbagai negara dan tentunya wilayah sekitar Amerika. Lengkap dengan sebab, penanggulangan, maupun fungsi-fungsinya (jika kontennya membahas tentang teknologi terbaru). Dengan begitu penduduk dunia menjadi tahu tentang fenomena alam yang terjadi dan benar-benar yakin fenomena tersebut terjadi karena faktor alam atau sengaja dibuat oleh manusia dengan tujuan untuk menjadi viral.
World- berita di yahoo news yang bertajuk world ini memuat berita tentang segala sesuatu yang terjadi di mancanegara. Atau issue dan berita yang mendunia.
US- dalam tajuk ini, isi berita yang dimuat adalah segala kejadian yang terjadi di Amerika Serikat.


Artikel yang dimuat dalam berbagai konten yang ada di yahoo news merupakan hasil kerjasama antara yahoo dengan berbagai agen berita yang mendunia seperti termasuk Associated Press (AP), Reuters, Agence France-Presse (AFP), Fox News, Christian Science Monitor, NPR, USA Today, CNN.com, CBC News, Seven News, BBC News.

2. Fitur yahoo news

Yahoo news juga menyediakan fitur agar pembacanya bisa mendapatkan berita secara akurat, tajam, dan terpercaya. Tidak hanya bisa mengetahui perkembangan dunia dengan sekedar membaca berita, Yahoo news memungkinkan pembacanya untuk turut meninggalkan komentar pada artikel yang sudah mereka baca serta berinteraksi dengan para komenters yang lain. Selain menyediakan kolom komentar, yahoo news juga memungkinkan setiap pembacanya untuk membagikan berita secara langsung dari yahoo news ke akun sosial media ataupun jejaring sosial yang mereka punya seperti facebook, tumblr, twitter, maupun email. Sehingga, teman-teman di sosial media kamu juga bisa mengetahui kabar terbaru yang ada di dunia meski mereka tidak memiliki akun yahoo.

3. Cakupan wilayah berita yahoo news

Setiap agen berita memiliki cakupan wilayah dalam penulisan artikel berita. Ada yang khusus memuat berita lokal atau kejadian dalam provinsi maupun pulau lokasi kantor agen berita. Kalau agen berita asli Indonesia mungkin seperti koran Radar (karena di lain daerah namanya pun berbeda. Ada radar malang, radar lombok, dan sebagainya). Begitu juga dengan artikel yang dimuat pada berbagai konten pada yahoo news adalah berita terbaru dari berbagai cakupan wilayah. Baik lokal sekitar California, nasional Amerika serikat, mancanegara atau dunia internasional yang mencakup kejadian di berbagai negara di dunia.

Nah, jika berita yang kamu cari tidak muncul di laman utama yahoo news, kamu tidak perlu khawatir. Kamu bisa mencari berita yang kamu mau di kolom pencarian yang juga terdapat di laman utama yahoo news. Disana kamu akan mendapati berbagai berita dari belahan dunia manapun. Termasuk dari Indonesia. Lebih hebatnya lagi, Yahoo tidak menyia-nyiakan kesempatan untuk merambah perhatian pengguna Yahoo asal Indonesia yang jumlahnya sangat banyak. Yahoo news kini tidak hanya memuat berita lokal dan nasional Amerika maupun dunia. Yahoo news juga memuat berbagai artikel berita dari dalam Indonesia, bahkan wilayah lokal Indonesia. Kamu bisa menemukannya melalui laman Yahoo news Indonesia. Artikel berita yang dimuat dalam Yahoo news Indonesia didapatkan melalui kerjasama antara Yahoo Indonesia dengan berbagai kantor berita lokal dan nasional Indonesia, seperti Kompas, Tribunnews, CNN Indonesia, Seputar Indonesia, Liputan6.com, dan sebagainya.

Dengan kemudahan-kemudahan yang disajikan oleh Yahoo News kini kamu bisa mendapatkan informasi dengan mudah, murah, menyenangkan, dan dengan sekali sentuhan. Tapi, dibalik semua itu, dalam menggunakan atau membaca berita melalui situs koran online manapun, kamu tetap harus cerdas dalam memilah dan memilih berita, agar tidak termakan oleh berita hoax. Pastikan kamu membaca berita dalam satu tajuk yang sama dari beberapa sumber berita untuk memastikan kebenarannya. Oleh karena itulah, selain membaca berita dari koran online, ada baiknya kamu juga membaca berita melalui koran cetak yang sudah melalui proses editing yang sangat jeli juga memiliki crew, jurnalis, dan tim redaksi yang berpengalaman dan tidak sembarang orang bisa masuk di dalamnya. Selain itu, kamu juga bisa menonton berita di televisi untuk memastikan kebenaran sebuah berita, karena biasanya sebuah siaran berita di TV lokal maupun nasional akan menyiarkan live report (siaran langsung) dari tempat kejadian dan wawancara langsung dengan narasumber yang ada di lokasi kejadian tersebut. Dengan begitu, informasi yang kamu dapatkan dari membaca konten-konten berita yang disediakan oleh situs berita atau koran online akan semakin lengkap, dan kamu pun bisa memastikan bahwa berita tersebut adalah benar adanya dan bukan merupakan berita hoax.

Nah, itulah tadi beberapa perkenalan singkat tentang yahoo news juga sedikit tips memilah dan memilih berita agar tidak mudah termakan oleh berita hoax. Semoga dengan membaca artikel ini kita menjadi lebih bijak dalam memilah dan memilih sumber berita yang akurat, tajam, terpercaya, berimbang, dan memiliki konten yang lengkap. Oke, aku rasa ini dulu yang bisa aku tulis di artikel tentang Yahoo news- mengenal produk besutan Yahoo kali ini. Terimakasih sudah membaca, semoga bermanfaat, dan sampai jumpa di artikel selanjutnya. Oh iya, kalau kamu punya kritik, saran, tambahan, sanggahan, maupun pertanyaan, silahkan ditulis di kolom komentar ya. Terimakasih.

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar