Serunya Main Fitur Terbaru Instagram (edisi juli 2018)

 

Instagram per 2018 ini mulai meluncurkan sejumlah fitur baru. Fitur-fitur terbaru ini dinilai para netizen mirip dengan beberapa media sosial lain seperti Youtube, Snapchat, ask.fm, dan sebagainya.

Namun, di sisi lain, kehadiran fitur terbaru ini tentunya menambah seru dunia permedsosan para netizen sekalian.

Termasuk kamu, kan?

Beberapa waktu yang lalu, salah seorang penulis juga membicarakan hal tsbt disini : Fitur-fitur instagram yang sedang di uji coba, dan sepertinya sebagian fitur tersebut sudah roll out dan tersedia untuk publik.

Artikel saya kali ini akan membahas tentang fitur-fitur terbaru Instagram tersebut. Kamu ikuti terus artikel saya ini yuk.

Follow Hashtag

Kalau dulu, saat mencari sesuatu yang sedang tren atau yang sedang kita butuhkan di Instagram, biasanya kita memanfaatkan EXPLORE. Setelah masuk ke EXPLORE, kita pasti langsung ketikkan apa yang kita cari.

Misalnya, saya mau cari softcase hp. Maka, akan langsung diarahkan ke postingan-postingan Instagram yang memuat soal softcase hp ini. Terlihat seperti gambar di bawah ini. Kita bisa langsung menjelajahi semua hashtag #softcase.

Sekarang, Instagram lebih memudahkan kita dengan fitur FOLLOW HASHTAG. Dimana kamu bisa mendatangi satu persatu postingan tanpa harus back atau mencari satu persatu. Karena Instagram sudah menyediakan semua postingan dengan hashtag yang sama di bawahnya.

IGTV

Kamu pasti sudah tahu kan kalau Instagram sekarang punya siaran tv sendiri? Mirip seperti Youtube gitu-lah. Memang belum tersedia live streaming-nya sih, tapi IGTV ini diramalkan bakal bisa setara atau melebihi keunggulan Youtube ke depannya.

Ikon untuk IGTV ini berwarna oranye dengan gambar seperti televisi di pojok kanan atas home Instagram.

Setelah ikon oranye ini di-klik, kemudian akan muncul tampilan seperti di bawah ini.

Selanjutnya, kamu tinggal klik WATCH NOW.

Tayangan yang ada di dalam IGTV berasal dari semua InstaStory akun-akun yang kamu ikuti.

Live Video Chat Via DM

Berkirim pesan via DM jadi lebih seru dengan adanya video chat. Bisa live alias real time atau saat itu juga lagi. Kamu tinggal masuk ke DM, lalu pilih teman yang akan diajak chat. Selanjutnya, klik ikon kamera di pojok kanan atas untuk memulai video chat.

Setelah di-klik, lalu akan muncul tampilan seperti di bawah ini. kamu bisa langsung memulai video chat dengan teman kamu.

Kamu juga mengecilkan layar video dengan meng-klik ikon di pojok kiri atas. Jadi, kamu masih bisa lihat-lihat Instagram sambil video call-an. Dan yang lebih seru lagi, video chat ini tak hanya melibatkan 2 orang saja. Tetapi, kita bisa melakukan video chat dengan 4 orang sekaligus.

Stiker Musik di Stories

Lagi-lagi Instagram memanjakan para penggila InstaStory. Kali ini di fitur Stories, Instagram memberikan stiker musik. Jadi, saat kamu membagikan foto atau video ke Stories, kamu bisa menambahkan background music pilihan kamu.

Caranya pun sangat mudah.

  1. Masuk ke Stories.
  2. Pilih ikon stiker di bagian kanan atas.
  3. Kemudian, pilih ikon MUSIC.
  4. Selanjutnya, kamu tinggal pilih lagu kesukaan kamu untuk postingan Stories tersebut. Ada berbagai macam kategori pilihan lagu seperti genre, mood, dan popular atau yang sedang tren saat ini.
  5. Kamu juga bisa memilih bagian mana dari lagu tersebut yang mau kamu pasang. apakah bagian awal, tengah atau akhir.

Face Filter

Kamu yang sering main Snapchat, pasti familiar dengan fitur ini. sekarang fitur yang sama sudah bisa kamu dapatkan di Stories Instagram. Ketika kamera menghadap wajah kamu, kamu harus siap dengan efek lucu yang ditimbulkan. Foto atau video kamu jadi lebih unik dan seru pastinya.

Permintaan Go Live With

Sekarang di instagram kamu bisa ikut live streaming bersama teman-teman yangs edang mengadakan siaran langsung juga. Caranya sangat mudah.

  1. Klik ikon Stories.
  2. Ketuk LIVE yang ada di bagian bawah layar.
  3. Lalu, kamu bisa klik START LIVE VIDEO.
  4. Selanjutnya, klik orang-orang yang sedang LIVE juga. Nama-nama mereka ada di atas tulisan START LIVE NOW.
  5. Setelah dia menerima permintaan libe bersama, kalian bisa mulai siaran live streaming itu.
  6. Sebaliknya, jika kamu mau ikut siaran live orang lain, kamu bisa klik GO LIVE WITH dan kirim permintaan. Setelah permintaan disetujui, kamu bisa langsung ikut siaran langsungnya bersama akun tersebut.

Comment Controls

Fitur ini bisa kamu utak-atik di SETTINGS. Klik tanda titik 3 di pojok kanan atas. Selanjutnya, kamu scroll ke bawah sampai menemukan COMMENTS CONTROLS. Klik.

Kamu bisa menyembunyikan kolom komen untuk beberapa orang tertentu, menyembunyikan komentar yang mengganggu, dan memfilter komentar secara manual.

Rewind

Kamu pasti hapal dengan fitur Boomerang di Stories kan? Nah, fitur REWIND ini letaknya sederet dengan BOOMERANG. Tepatnya, di samping FOCUS. Fungsi REWIND ini untuk memutar kembali video yang ada di InstaStory.

Nametags

Ikon ini dapat dengan mudah kamu lihat di bagian atas profil sederet dengan ikon lainnya. Fungsi nametags adalah untuk memudahkan akun lain dalam menemukan akun kita. dengan fitur ini, kamu bisa membuat kode sendiri khusus untuk akun kamu. Kodenya seperti kode QR yang bisa di-scan dengan hp pengguna lain. Jadi, pengguna lain tak perlu repot-repot mengetikkan nama akun kita saat sedang mencarinya.

Focus

Fitur FOCUS terdapat di Stories. Ia terletak di samping REWIND pada bagian bawah layar. Fungsinya untuk memberikan efek bokeh pada wajah yaitu foto berfokus pada wajah kamu dan latar belakangnya menjadi blur. Seperti fitur yang ada di ponsel-ponsel kekinian.

Dari semua fitur terbaru Instagram ini mana yang paling kamu tunggu kehadirannya?

 

 

 

ulfah

ulfah

penulis artikel online, penulis buku-buku non fiksi, penulis novel, penulis skenario, guru ekskul menulis, penulis status media sosial dan anak rumah tangga wkwkwk hidup freelance writer!

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar