#6 Fitur Keren yang sedang di uji coba Instagram

Setelah semakin banyaknya pengguna di aplikasi social media Instagram, Instagram semakin menggenjot pembaruan pada aplikasinya. Terhitung sudah 1 miliar orang yang men-download aplikasi Instagram pada ponsel Android pintarnya. Angka ini cukup besar karena menggeser peringkat facebook di Gratis Social Media teratas (pada playstore) dengan Instagram peringkat 2 dan Facebook peringkat 3.

Dengan semakin banyaknya pengguna di Instagram, mereka mulai melakukan uji coba fitur terbaru yang mungkin akan di lepas ke global dalam waktu dekat ini. Fitur ini mungkin sudah dapat dinikmati oleh beberapa orang terpilih, namun belum semua mendapatkan fitur ini.

Dalam konferensi F8, konferensi tahunan yang diselenggarakan Facebook bagi para developer dari berbagai negara, memang Facebook memberikan bocoran tentang fitur-fitur uji coba ini. Konferensi yang diselenggarakan di San Jose, California ini memang tempat dimana Facebook memberitahukan fitur-fitur yang sedang di kerjakan pada publik. Selain mengungkap fitur terbaru Instagram, dalam F8 ini juga mengungkap fitur terbaru Facebook, dan juga Whatsapp yang diakusisi Facebook pada tahun 2014.

Berikut Fitur Keren yang sedang di uji coba Instagram

  • Video Call pada Direct Message

Sekarang Instagram mulai berencana menjadi aplikasi Messaging sama seperti temannya, Whatsapp. Setelah sebelumnya kita hanya bisa mengirim pesan ataupun gambar lewat direct kedepannya kita bisa video call juga seperti aplikasi Messaging lain. Fitur ini kamu bisa pakai dengan klik ikon kamera di pojok kanan atas pada room chat.

  • Reaksi pada Instagram Stories

Cuitan twitter diatas adalah orang bernama Jane yang merupakan mahasiswa dibidang komputer. Dia mendapatkan fitur uji coba dari Instagram yaitu Reaksi pada Stories seseorang. Fitur ini sama seperti pada fitur di facebook yang dapat memberi reaksi stories seseorang.

  • Slow Motion pada Instagram Stories

Orang satu ini juga mendapatkan fitur uji coba dari Instagram yaitu Slow-mo. Fitur ini bisa membuat video yang kita tangkap menjadi lambat. Fitur ini juga sudah banyak di keluarkan oleh produsen ponsel pintar sebagai fitur di kamera ponselnya.

  • Fitur Mute teman

Fitur Mute ini sering sekali ada di sosial media dan aplikasi messaging seperti Facebook, Line, ataupun Whatsapp. Namun sekarang ada di Instagram. Fitur ini bisa menyembunyikan postingan orang yang kamu mute. Cocok untuk kamu yang merasa risih tapi gak mau unfollow.

  • Archive Stories dengan tampilan Kalender

Memang baru-baru ini Instagram memperkenalkan fitur Archive pada Storiesnya. Fitur ini bisa menyimpan Stories lama kamu dalam waktu lebih dari 24 Jam. Sekarang Archive Stories ini masih berbentuk kotak kotak dan ada tanggal di setiap Storiesnya. Kedepannya akan berbentuk seperti kalender untuk mempermudah mencari Story sesuai tanggal uploadnya.

  • Halaman eksplorasi yang lebih keren

Fitur yang akan datang ini masih menggunakan konsep kotak-kotak seperti digambar namun akan ada fitur Hastag terkait yang mempermudah mencari sesuatu yang terkait dengan hastag tersebut. Bagian eksplor stories juga berbeda dari yang sekarang berbentuk bulay dan nanti akan berbentuk kotak

  • Augment Reality seperti di Facebook

Mengikuti jejak abangnya Facebook, Instagram akan punya fitur AR (Augment Reality) yang bisa kamu dapatkan nanti. Fitur augment reality ini diberi nama AR Studios. Nantinya kita bisa men-desain sendiri bagaimaja filter ataupun augment realitynya untuk para followers kita. Tetapi kamu bisa juga mengambil efek yang ada di library instagram. Instagram juga menggandeng artis-artis internasional seperti Ariana Grande, Vogue, dan NBA

Semua fitur diatas masih dalam tahap Closed Beta atau masih dalam tahap uji coba di beberapa pengguna Instagram. Fitur-fitur yang akan datang pada Instagram ini sebagai wujud konsistensi facebook sebagai abangnya, karena mungkin mereka berdua ingin memonopoli sosial media. Instagram juga sering menjadikan fitur yang sudah ada pada sosial media lain sebagai inspirasinya, seperti Stories pada snapchat, Video call pada Whatsapp, dan juga Augment Reality pada Facebook.

Walaupun sudah banyak beredar info mengenai fitur ini, Instagram belum memberikan keterangan resmi tentang fitur-fitur ini kapan akan di luncurkan secara resmi.

Untuk mendapatkan fitur-fitur terbaru ini terus perbarui aplikasi Instagram kamu secara berkala, bisa-bisa kamu orang yang beruntung untuk mendapatkan fitur uji coba tersebut.

Tinggalkan Balasan