Butuh penulis offline di daerah bungo

Update 15 jan 2022. Silahkan apply, masih belum dapat ini penulisnya. 😀

Kenalkan aku yudha. Admin bukugue.com. Disini aku butuh satu orang karyawan untuk membantu menulis blog. Syarat wajib sebagai berikut:

  1. Pria (Usia max 30 tahun).
  2. Pendidikan minimal SMA/Sederajat.
  3. Suka dan tertarik dengan dunia teknologi dan paham terkait dunia internet secara general. Misalnya apa itu sosial media, email, dll.
  4. Bisa menggunakan komputer untuk keperluan menulis. Misalnya membuat dokumen di word, copy dan paste, pindah-memindah file, dll. Pengoperasian dasar saja, tIdak perlu excel, powerpoint, dll.
  5. Mau belajar.

Yang dibawah ini tidak wajib, tapi diutamakan (cantumkan di surat lamaran jika mempunyai kemampuan dibawah). Jika memang tidak bisa, ini nanti diajarkan.

  1. Bisa menulis. Paham penggunaan tata bahasa, punya kemampuan menulis standard. Baca salah satu artikel dilaman depan blog ini, minimal dibutuhkan kualitas seperti itu, kurang-kurang lebih tidak masalah
  2. Bisa menggunakan wordpress. Ini karena kita akan gunakan CMS wordpress untuk menulis.

Waktu kerja

Untuk hari kerja, senin-sabtu. Hari minggu dan tanggal merah libur. Untuk jam kerja, kita mulai jam 7.30 sampai 15.30. Nanti ada isoma (jam 12.00-13.00), khusus hari jum’at isoma-nya 2 jam (jam 11.00-13.00).

Gambaran pekerjaan

Pekerjaan utamanya adalah menulis artikel. Baik itu menulis artikel baru ataupun meng-edit artikel lama. Selain dari menulis, ada juga proses editing foto/screenshot, misalnya meng-crop gambar, meresize, memberi tanda panah, dll. Editing simpel, biasanya aku pakai ms paint jika di windows, atau Drawing jika pakai linux.

Untuk PC aku sediakan dengan OS windows, jika terbiasa dengan linux, nanti bisa diubah.

Harusnya sampai disini sudah tergambar ya pekerjaannya seperti apa.

Aku akan tentukan topik yang akan dibahas. Lalu aku akan kasihkan topik tadi untuk dibuatkan artikelnya. Setelah artikel selesai, artikel akan aku review, jika ada yang perlu diperbaiki, aku minta perbaiki, jika tidak ada, artikel akan dipublish.

Sebagai contoh misalnya aku kasih kamu tugas membuat artikel dengan topik “Cara mengganti alamat email utama di Facebook”. Yang perlu kamu lakukan adalah baca dan pelajari topik tsbt, misalnya baca diblog, di laman help facebook, di situs news, di forum seperti quora, dll. Sampai kamu paham seluk beluknya.

Setelah itu mulai testing sendiri, cobain sendiri sampai berhasil, dan dokumentasikan langkah-langkah yang kamu ambil dalam bentuk screenshot (untuk kelengkapan artikel nanti).

Setelah research, baca, dan testing sendiri, kamu sudah ada “pemahaman” yang lebih banyak terkait topik tsbt (dibandingkan pengguna FB biasa pada umumnya). Ini lah yang akan kamu tuangkan kedalam tulisan dengan tujuan membuat sebuah laman yang membantu pengguna yang mencari topik tsbt.

Jadi disini kamu perlu kemampuan menggunakan komputer, perlu juga kemampuan menggunakan internet untuk mencari informasi, dan perlu kemampuan menulis untuk menyajikan informasi tsbt sehingga bisa dipahami dengan mudah.

Gaji

Untuk gaji, aku bisa bayar 2.100.000 perbulan. Setidaknya diawal aku bisanya menggaji segitu dulu. Mungkin kedepan jika ternyata kinerjanya bagus, kita bisa diskusi lagi dari segi gaji.

Selama ini aku kerja sama dengan freelancer (penulis lepas), jadi systemnya bayar per project atau pertulisan. Jadi agak sulit ketika harus nentuin gaji bulanan.

Butuh penulis offline di daerah bungo 1
Pembayaran dan bonus beberapa penulis lepas blog ini

Aku sudah membayar lebih dari 40 juta ke penulis freelancer sejak blog ini didirikan. Aku masih akan tetap kerjasama dengan freelancer kedepannya, namun memang tidak bisa dipungkiri, ada beberapa kerjaan yang bakal lebih mudah dikerjakan oleh penulis offline dikantor.

Banyaknya penulis freelance membuat tulisan tidak terlalu seragam dari segi formatting. Tidak seragam proses editing gambarnya, dll.

Inilah yang akan aku fokuskan nanti jika punya karyawan sendiri.

Posisi kantor

Sebenarnya bukan kantor sih, tapi lebih tepatnya “rumah kerja”. Aku buka kantornya di garasi rumah.

Untuk posisinya di “Pasar Atas, dekat masjid tarauyah tanus”. Posisi persisnya nanti aku kasih tau ke kandidat yang diterima.

Proses pendaftaran

Kirimkan CV/riwayat hidup dan contoh tulisan (jika ada) ke emailku di muhammadyudha@outlook.com atau admin@bukugue.com

Jangan lupa tambahkan subjek : PENDAFTARAN PENULIS DI BUNGO

Untuk contoh tulisan, jika pernah menulis diblog lain sebelumnya, cukup tambahkan linknya saja. Jika belum pernah menulis sebelumnya, bisa buatkan tulisan simpel 300-500 kata dengan tema sosial media (misal FB, twitter,dll, terserah). Jika tidak mau juga tidak masalah, tapi aku akan prioritaskan yang sudah ada pengalaman.

Berkas tambahan setelah diterima

Seperti yang bisa dilihat, saat pendaftaran aku hanya minta CV dan contoh tulisan (jika ada). Aku ingin proses pendaftarannya semudah mungkin.

Jika diterima nanti, berikut beberapa berkas tambahan yang aku butuhkan. Lengkapi nanti dihari kerja pertama. Bisa bawa hardcopy dan softcopy-nya.

  • Fotokopi KTP atau file foto/scan KTP (softcopy)
  • Fotokopi Ijazah atau file foto/scan ijazah (softcopy)

Mungkin itu aja sih, biar aku ada rekam data pekerjaku. Aku tidak wajibkan surat keterangan sehat, surat kelakuan baik, dll, karena tidak ingin mempersulit. Namun jika ada bisa dicantumkan juga.


Jika ada yang ingin ditanyakan, bisa tanyakan juga dikolom komentar dibawah, aku akan respon sesegera mungkin. Mohon bantu sebarkan juga gambar dibawah jika teman-teman bersedia.

Butuh penulis offline di daerah bungo 3

Aku akan tunggu mungkin beberapa kandidat dulu, jadi ini bukan siapa cepat dia dapat, tapi jika memang nanti aku rasa ada kandidat yang sesuai, mungkin akan aku segerakan. Jika belum, aku akan tunggu dulu satu-dua minggu ini.

2 responses to “Butuh penulis offline di daerah bungo”

  1. sulaiman Avatar
    sulaiman

    saya tertarik dengan dunia menulis di blog min tapi saya belum punya pengalaman dan baru mulia belajar

    1. yudha Avatar
      yudha

      posisi dimana mas bro?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *