Cara mencegah anggota mengganti info grup di whatsapp

Sebuah group pastinya akan diisi oleh banyak orang (anggota), tergantung setting awal kalian, grup bisa saja dibuat terbuka dan bebas dimasuki oleh semua orang, bahkan orang yang tidak kalian kenal. Diantara mereka, bisa saja ada yang nyeleneh dan suka mengganti informasi grup (deskripsi atau ikon foto group tsbt).

Jika ada salah satu dari anggota group yang seperti ini, suka tiba-tiba mengganti ikon foto group, sebagai admin kalian tentu akan merasa sangat jengkel. Kalau anggota tsbt adalah orang yang tidak kalian kenal dekat, mungkin kalian bisa kick dengan mudah, tapi kalau yang mengganti itu adalah teman kalian (karena iseng mungkin), tentu tidak segampang itu solusinya.

Yang lebih parahnya lagi jika anggota yang mengganti info tsbt, menggantinya dengan sesuatu yang melanggar norma, baik itu norma sosial atau agama, atau bahkan melanggar peraturan negara ini.

Meskipun whatsapp dilengkapi dengan fitur notifikasi, tetapi fitur ini tidak mendukung untuk memberi notifikasi ke admin jika ada salah satu anggota group yang mengganti info group tsbt.

Untuk menghindari hal tersebut, selain membatasi anggota yang bisa bergabung ke grup, kalian juga bisa melakukan pengaturan terkait hal ini. Maka dari itu saya membuat artikel ini agar kalian semua sebagai admin bisa punya kontrol penuh akan grup kalian.

Ubah pengaturan “Edit info grup” di grup whatsapp kalian

Cara ini hanya bisa dilakukan oleh admin. Jadi kalau kalian gabung dengan grup orang lain, kalian bisa sarankan adminnya untuk mengubah pengaturannya, atau kalian bisa buat grup sendiri sehingga sebagai admin kalian bisa memonitor grup tersebut sesuai kemauan kalian.

Ok, langsung aja, untuk langkah-langkahnya akan dijelaskan dibawah ini.

1. Buka aplikasi whatsapp di smartphone kalian masing-masing. Setelah kalian membuka aplikasi whatsapp, lalu kalian pilih salah satu group whatsapp kalian (kalian admin dari grup tersebut).

pilih grup whatsapp

2. Setelah kalian masuk ke group, silahkan kalian masuk ke opsi group dengan cara tap bagian bar group yang ada diatas seperti ditunjukkan oleh gambar dibawah ini.

tap icon group

3. Setelah itu maka kalian akan di bawa ke halaman opsi group whatsapp kalian. Lalu kalian tinggal pilih dan masuk ke menu “setelan group”.

masuk ke setelan group

4. Setelah kalian masuk ke “setelan group”, maka kalian akan dibawa ke halaman seperti dibawah ini, disini kalian bisa pilih menu “edit info group”.

masuk opsi edit info group

5. Setelah kalian pilih edit info group, maka kalian akan muncul pop-up seperti gambar di bawah ini.

Halaman setelah masuk edit info group

6. Setelah itu kalian pilih “hanya admin”, lalu kalian tap “oke” untuk menyimpan pengaturan ini.

kalian plih hanya admin lalu klik oke

7. Setelah pengaturan tadi berhasil diubah, akan muncul pemberitahuan seperti gambar di bawah ini di grup kalian.

pemberitahuan bahwa hanya admin yang berhak mengedit info grup ini
pemberitahuan bahwa hanya admin yang berhak mengedit info grup ini

Nah setelah kalian mengikuti langkah-langkah di atas selain admin group tersebut pasti tidak akan ada yang usil lagi (karena mereka memang tidak bisa lagi mengganti info grup tsbt).


Menjadi admin grup itu tidak gampang, apalagi grup yang terbuka untuk umum. Saya lebih menyarankan untuk menggunakan grup whatsapp untuk keperluan tertentu/spesifik dan membatasi anggota yang masuk, selain itu mengangkat beberapa anggota lain “yang terpercaya” sebagai admin juga bisa mengurangi waktu kalian dalam memoderasi grup.

Saya lihat ada banyak grup terbuka di whatsapp seperti grup lucu-lucuan, yang padahal grup seperti ini lebih cocok dibuat di platform lain, misalnya facebook atau discord, dimana grup tersebut bisa menampung lebih banyak anggota, dan pengaturan grup nya lebih detail sehingga mempermudah dalam hal pengelolaan grup.

Sekian pembahasan kali ini, jika ada yang ingin ditambahkan silahkan tambahkan dikolom komentar. Terima kasih.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan