Cara agar foto yang kamu bagikan di google plus tidak bisa di download sembarangan

Seperti yang sudah kita bahas di artikel sebelumnya, google+ adalah akun jejaring sosial besutan google inc, yang tertaut dengan akun google kamu. Saat pertama kali membuat akun google, maka secara otomatis sebenarnya kamu juga sudah memiliki akun google+. Kamu tidak perlu registrasi dan mengisi form pendaftaran seperti ketika kamu membuat akun jejaring sosial atau sosial media lain seperti facebook, twitter, instagram, dan sebagainya. Dengan akun google+, kamu bisa berbagi berbagai aktivitas yang kamu lakukan atau apapun yang kamu rasakan.

Karena sama seperti facebook, google+ juga memiliki fitur untuk menulis status baru, berkirim foto dan video, menyukai kiriman status, tulisan yang ditautkan dengan blog atau website pribadi, maupun foto atau video yang dibagikan oleh pengguna google+ yang lain, dan juga memberikan komentar serta membagikan ulang kiriman mereka.

Bagi kamu yang hobi fotografi, selain instagram, mungkin google+ juga bisa menjadi salah satu jejaring sosial yang bisa kamu coba. Meskipun orang yang memiliki akun google+ di indonesia tidak sebanyak pengguna facebook atau instagram, foto yang sudah kamu bagikan di google+ kemungkinan banyak dilihat oleh pengguna google+ di berbagai belahan dunia. Terutama di negara barat dan juga india. Menurut referensi yang aku baca, blogger dan jurnalis yang paling banyak menggunakan google+ adalah berasal dari negara barat dan india. Disana, pekerjaan sebagai blogger sudah bukan menjadi pekerjaan freelance yang dianggap remeh atau sekedar mengisi waktu luang saja. Blogger di negara barat sudah setara dengan jurnalis. Nah, blogger pasti membutuhkan foto untuk mendukung apa yang ditulis, bisa foto peristiwa, keindahan alam, tempat wisata, review barang, sesuatu yang sedang menjadi trending topic atau viral, berita terkini, sesuatu yang unik dan menarik dan sebagainya, sesuai dengan tema artikel dab apa yang mereka tulis di blog atau website mereka. Jadi, bisa saja foto kamu dilirik oleh fotografer ternama atau mungkin orang yang hobi mengoleksi foto dan akan dibeli dengan harga yang tidak pernah kamu bayangkan sebelumnya. Tawaran yang cukup menarik bukan?.

Nah, jika kamu memiliki hobi fotografi atau memiliki koleksi hasil foto dengan kamera kamu sendiri, tidak ada salahnya jika kamu membagikannya melalui blog pribadi yang ditautkan dengan akun google+, maupun membagikannya secara langsung di google+. Selain hal tersebut bisa membantu pengindeksan blog kamu di search engine google, foto kamu pun akan bisa dilihat banyak orang baik yang termasuk dalam lingkaran kamu maupun secara publik. Foto yang menarik, akan membuat orang yang memandang menjadi tertarik.

Dengan komposisi yang bagus, angel yang tepat, pencahayaan yang bagus, fokus yang tepat, dan efek yang mendukung, foto kamu akan membuat siapa saja yang memandang menjadi terkesima. Dengan membagikan foto di akun google+ yang bisa membantu pengindeksan blog yang berisi foto-foto kamu agar muncul di search engine google, maka orang lain pun bisa menemukan foto-foto kamu dengan mudah, sesuai dengan kategori yang mereka cari. Saat ini, semua informasi bisa didapatkan dengan mudah dan cepat melalui internet.

Bahkan mencari informasi dengan cara browsing internet dengan search engine yang sudah terinstall bahkan menjadi aplikasi bawaan dari komputer maupun smartphone kamu menjadi hal yang paling digemari oleh banyak orang selain mencari referensi langsung dari buku cetak yang berkaitan dengan informasi yang diinginkan maupun bertanya langsung pada pakarnya. Biasanya mereka akan mencari informasi tertentu untuk menyelesaikan pekerjaan.

Bukan hanya bagi jurnalis dan penulis yang membutuhkan banyak referensi dan foto untuk menyelesaikan berita maupun tulisan mereka, saat ini pekerjaan sekolah dan tugas-tugas kuliah yang juga mengharuskan seseorang untuk memiliki banyak referensi dari berbagai sumber demi terselesaikannya tugas tersebut. Sayangnya, tidak semua foto pendukung untuk tugas mereka bisa diambil melalui kamera pribadi, sehingga untuk hal seperti ini, keberadaan artikel dan foto yang kita bagikan melalui blog yang tertaut dengan google+ sehingga dengan mudah muncul di search engine akan memudahkan bagi mereka untuk mendapatkan foto yang sesuai dengan apa yang menjadi tugas mereka.

Tapi, dibalik kemudahan- kemudahan tersebut, ada juga orang yang menyalahgunakannya. Dengan mudah mereka meng-copy paste 100% artikel maupun foto yang tersedia dan bisa didownload dengan mudah di blog atau website dan menjadikannya atas nama pribadi tanpa menyertakan sumber dimana mereka mendapatkan foto dan artikel tersebut. Selain melalui web atau blog, google+ juga memungkinkan penggunanya untuk bisa mendownload foto atau video pengguna google+ yang lain. Foto yang bisa di download dengan bebas juga bisa menjadi masalah bagi pemilik aslinya. Bisa saja foto tersebut digunakan untuk membuat akun palsu atau berita bohong maupun penjiplakan/ plagiasi yang tentu saja merugikan si fotografer. Oleh karena itu, selain google+ memfasilitasi para penggunanya untuk saling berbagi foto dan video secara publik maupun terbatas pada lingkaran penggunanya, serta mendownload foto dan video karya sesama pengguna google+, google+ juga memberikan privasi bagi si pemilik foto untuk mengizinkan atau tidak mengizinkan pengguna yang lain untuk mendownload foto yang dibagikannya melalui google+. Privasi ini bisa disetting dengan mudah oleh para pengguna google+, berikut ini adalah

cara agar foto yang kamu bagikan di google+ tidak bisa di download sembarangan

1. Masuk ke akun google+ melalui web browser 
2. Ketuk garis 3 di pojok kiri atas
3. Pilih setelan
4. Pada menu foto dan video yang dibagikan di google+, nonaktifkan sub menu izinkan pemirsa mendownload foto dan video saya yang dibagikan di google+

Nah, dengan demikian, foto yang kamu upload atau kamu bagikan di google+ kini tidak bisa di download dengan mudah. Paling tidak mereka harus mendapatkan perizinan dari si pemilik akun google+ sebelum mendownload foto tersebut. Selain itu, akan menyenangkan jika kamu memiliki blog sendiri dimana foto yang mendukung artikel yang kamu tulis adalah foto hasil jepretan kamera kamu sendiri. Kamu tidak akan terbentur dengan masalah hak cipta maupun hak untuk mendownload dan menggunakan foto tersebut untuk dipasang menjadi foto pendukung tulisan kamu.

Sebagaimana yang juga aku rasakan sebagai penulis artikel, foto adalah pendukung penjelasan yang paling baik untuk sebuah tulisan. ketika seseorang membaca artikel baik yang ditulis di media cetak (seperti koran, majalah, tabloid, katalog) maupun media online seperti blog dan website, yang paling pertama dilihat pastilah foto nya. Hal ini terjadi karena Foto akan mempermudah para pembaca artikel untuk memahami isi artikel tersebut. Oleh karena itu, foto menjadi hal yang paling penting yang harus ada untuk mendampingi sebuah tulisan artikel.

Sedikit tips dariku untuk kamu yang juga senang mencari referensi tulisan maupun foto yang bisa mendukung tulisan kamu.

1. Pilihlah foto dari blog maupun website yang memang disediakan dan bisa didownload dengan gratis, dan jangan lupa masukkan sumber darimana kamu mendapatkan foto atau tulisan tersebut. Sehingga kamu tidak akan terkena masalah plagiasi/ penjiplakan.

2. Jika kamu membuat tulisan yang berkaitan dengan cara membuat sesuatu atau tips, usahakan foto yang kamu gunakan adalah foto hasil karya kamu sendiri. Misalkan dalam proses pembuatan, kamu bisa mengambil foto sendiri untuk setiap langkah demi langkahnya. Sehingga pembaca percaya bahwa kamu benar-benar melakukan percobaan dan membuktikan sendiri keberhasilan proses pembuatan atau trik yang kamu tulis dalam blog.

Oke, sepertinya Cuma itu yang bisa aku tulis dalam artikel kali ini. Seperti dalam artikel- artikel sebelumnya, jika ada kritik, saran, sanggahan, tambahan, maupun pertanyaan, bisa langsung kalian tulis di kolom komentar. Sebisa mungkin aku akan membantu jika aku tahu jawabannya. Sekian dulu, terimakasih atas perhatiannya, dan selamat membaca. Semoga bermanfaat.

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *