Cara agar pesan penting dalam grup whatsapp tidak hilang

Whatsapp, ya siapa yang tidak kenal dengan aplikasi instant messenger application yang satu ini. Aplikasi pesan instan whatsapp merupakan salah satu aplikasi pengirim dan penerima pesan multifungsi yang bisa didownload secara gratis oleh pengguna smartphone android.

Di era yang serba modern ini, tentu tidak cukup jika kamu hanya mengandalkan sms dan telepon untuk berkirim pesan dan informasi. Selain karena bisa menghabiskan pulsa reguler telepon seluler kamu, kamu tidak bisa mengecek apakah pesan tersebut sudah dibaca atau belum oleh si penerima pesan jika kamu mengirimnya melalui sms. Meskipun dalam keadaan penting telepon tetap menjadi pilihan yang terbaik.

Nah, dengan adanya whatsapp yang multifungsi ini, fungsi sms dan telepon bisa kamu lakukan dengan satu aplikasi. Bagaimana tidak? Selain memiliki fitur chat antar personal, kamu juga bisa membuat grup chat seperti pada jejaring sosial facebook.

Tidak hanya pesan text, voice note atau pesan suara juga bisa kamu lakukan melalui instant messenger application yang satu ini. Tak sampai disitu saja, bahkan menelepon secara gratis melalui whatsapp. Dan jika smartphone android yang kamu gunakan memungkinkan, video call juga bisa kamu lakukan melalui aplikasi whatsapp.

Fitur-fitur yang terus diperbaharui dan mengikuti trend yang kekinian (seperti menulis status, share location, mengirim GIF, mengirim file foto video dan dokumen, dan sebagainya), membuat whatsapp menjadi aplikasi yang sepertinya wajib dimiliki oleh para pengguna smartphone android. Hal ini bisa dilihat dari jumlah download whatsapp di google play store yang mencapai angka satu miliar.

Berbicara tentang berkirim pesan melalui whatsapp, tentu ada banyak sekali informasi yang kamu terima setiap harinya. Tidak hanya melalui chat personal, tapi juga melalui grup whatsapp.

Sekarang ini, rasanya kurang afdhol jika kamu memiliki komunitas tapi tidak memiliki grup whatsapp. Karena tentu membuat grup komunitas kamu di whatsapp bisa lebih mempermudah komunikasi antar anggota komunitas. Pesan bisa tetap masuk ke aplikasi whatsapp di smartphone kamu sekalipun kamu tidak sedang online, sehingga kamu tidak akan ketinggalan satupun informasi.

Untuk kamu yang tergabung di grup whatsapp yang anggota aktifnya banyak, setiap harinya pasti ada saja pesan yang masuk ke grup yang sama baik itu informasi yang penting untuk seluruh anggota grup, sekedar share artikel atau konten dari web atau grup lain, maupun sekedar basa-basi dan bercandaan antar anggota grup whatsapp.

Nah, bagi grup yang anggotanya sedikit (misalnya satuan hingga belasan orang) tentu tidak menjadi masalah besar jika pesan yang penting tertimpa dengan pesan-pesan dan guyonan antar anggota grup karena hanya tinggal scroll keatas, dan kamu bisa dengan mudah menemukan pesan tersebut. Tapi hal ini akan menjadi masalah besar bagi kamu yang tergabung dalam grup dengan jumlah anggota yang banyak misalnya puluhan hingga ratusan orang, dan banyak memiliki anggota aktif (read: bukan sekedar membaca saja ?).

Bisa kamu bayangkan, ketika kamu harus mencari pesan yang penting (seperti jadwal kuliah, format pengerjaan tugas dari dosen/atasan, jadwal acara komunitas, hasil rapat penting, dan sebagainya), dan pesan tersebut sudah dikirim sekitar 2 hari hingga 1 minggu yang lalu, tentu akan sulit untuk mencarinya kembali karena sudah tertutup dengan pesan-pesan yang lain. Alhasil kamu membutuhkan waktu yang lama untuk scroll-scroll pesan dalam grup. Selain menghabiskan waktu, tentu saja hal ini akan membuat kamu lelah. Betul kan?

Untuk kondisi yang seperti ini, biasanya orang akan lebih memilih untuk mengcopy pesan penting ke catatan (baik manual dengan menulis tangan ataupun fitur note yang sudah ada di ponsel) atau melakukan tangkapan layar yang lebih keren disebut dengan screenshoot atau singkatnya SS pada pesan penting tersebut. Sehingga ketika membutuhkannya kembali orang tersebut tinggal membuka note atau galeri foto di ponsel. Memang lebih simple, tapi apa kamu yakin memori kamu tidak cepat penuh jika menggunakan cara seperti itu? Daripada memori habis untuk screenshoot lebih baik jika digunakan untuk menyimpan foto dan video tausiyah atau motivasi bukan? ??. Atau bisa juga digunakan untuk menyimpan lebih banyak foto bersama sahabat, teman, dan keluarga saat menghabiskan waktu bersama.

Lalu bagaimana solusinya? Nah, jika kamu adalah orang yang tergabung dalam grup whatsapp yang berisi banyak anggota yang sebagian besar aktif meramaikan grup tapi malas scroll-scroll untuk mencari pesan penting maupun tidak ingin memori cepat penuh karena galeri foto yang penuh screenshoot, ada cara lain yang bisa kamu coba loh.

Berikut ini adalah cara agar pesan penting di grup whatsapp tidak hilang yang bisa dengan mudah kamu coba.

1. Buka aplikasi whatsapp
2. Buka grup whatsapp yang memuat pesan penting yang tidak ingin kamu hapus
3. Tekan dan tahan pesan penting yang tidak ingin kamu hapus


4. Ketuk tanda bintang yang ada di bagian atas chat

Cara ini adalah tutorial untuk whatsapp versi 2.18.122 keatas. Untuk whatsapp versi lama, cara ini sebenarnya juga sudah ada, hanya saja letak menu untuk menandai pesan sedikit berbeda. Oleh karena itu, bagi teman-teman yang menggunakan whatsapp versi lama mungkin caranya juga sedikit berbeda, tapi pada intinya whatsapp versi manapun menyediakan fitur ini. Jadi kamu tidak perlu khawatir. Nah, jika kamu sudah menandai satu atau beberapa pesan yang kamu anggap penting di grup whatsapp sebagai pesan berbintang, saat kamu membersihkan chat di grup tersebut, jangan lupa untuk memilih opsi hapus semua pesan kecuali pesan berbintang. Dengan begitu pesan penting yang kamu simpan tidak akan hilang. Untuk mengecek pesan berbintang yang telah tersimpan di grup whatsapp, caranya sangat mudah.

1. Kamu tinggal masuk ke info grup bisa dengan mengetuk bar nama grup atau ketuk titik tiga di pojok kanan atas dan pilih menu info grup


2. ketuk menu pesan berbintang

Disana kamu akan langsung menemukan berbagai informasi atau pesan penting yang sudah kamu beri tanda bintang.

Cara ini mungkin akan jadi lebih sederhana pada aplikasi pesan instan whatsapp versi lama atau versi sebelum-sebelumnya. Selain bisa digunakan untuk menyimpan pesan penting yang ada dalam grup whatsapp agar tidak sulit untuk menemukannya kembali maupun agar tidak ikut terhapus saat membersihkan chat, menyimpan pesan dengan memberi tanda bintang juga bisa digunakan untuk chat personal. Caranya pun sama.

1. Buka aplikasi whatsapp
2. Buka chat yang memuat pesan penting yang ingin kamu simpan
3. Tekan dan tahan pesan tersebut
4. Beri tanda bintang

Cara mengecek pesan yang telah diberi tanda bintang juga sama dengan cara mengecek pesan berbintang untuk grup whatsapp.

Nah, sekarang kamu tidak perlu lagi mencatat berbagai pesan penting di kertas maupun note di ponsel kamu. Bahkan menyimpan screenshoot pesan chat whatsapp yang lama-kelamaan akan membuat galeri dan memori kamu menjadi penuh.

Selain itu, kamu jadi tidak perlu berlama-lama scrolling pesan yang begitu banyak baik dalam grup chat whatsapp maupun chat personal yang tentu akan memakan banyak waktu dan menguras tenaga. Apalagi jika kamu tidak ingat pesan tersebut dikirim pada tanggal berapa. Sehingga kamu harus mengecek pesan yang ada satu per satu. Tentu itu sangat menyulitkan bagi kamu kan?. Terutama saat kamu harus buru-buru membaca ulang pesan tersebut. Biasanya nih (yang juga sering saya alami), mencari sesuatu dalam keadaan panik itu susah ketemunya, iya kan? Nah, apalagi harus mencari satu pesan penting diantara sekian banyak pesan yang ada. Pasti lama ketemunya. Oleh karena itu, tidak ada salahnya memberi tanda bintang pada pesan penting yang kamu terima, yang sekiranya sewaktu-waktu akan kamu butuhkan kembali. Dengan begitu, kamu akan lebih mudah menemukannya saat kamu butuh membaca ulang pesan penting tersebut.

Nah, itulah tadi sedikit ulasan tentang cara agar pesan penting dalam grup whatsapp tidak hilang atau ikut terhapus saat kamu membersihkan chat di grup whatsapp. Semoga sedikit pengetahuan yang aku tulis disini, bisa bermanfaat bagi kamu maupun diriku sendiri sebagai penulis. Oh iya, jika kamu punya cara lain yang lebih praktis dan efektif untuk menyimpan pesan penting yang ada di whatsapp agar tidak hilang atau ikut terhapus saat membersihkan chat, kamu bisa menulisnya di kolom komentar. Siapa tahu itu bisa bermanfaat untuk pembaca yang lain, bahkan bisa juga menjadi pengetahuan baru bagi penulis sendiri. Selain itu, jika kamu punya kritik, saran, tambahan, sanggahan, maupun pertanyaan untuk artikel yang aku tulis kali ini, jangan ragu untuk menulisnya di kolom komentar ya.. terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Selamat mencoba, dan semoga bermanfaat ?

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar