Cara agar tidak bisa ditambahkan ke grup whatsapp oleh sembarang orang

Pernahkah kamu tiba-tiba dimasukkan ke grup Whatsapp yang tidak dikenal? Kalau kamu pernah mengalaminya, kamu tidaklah sendirian. Di luar sana, banyak orang yang mengalaminya, termasuk aku sendiri.

Aku sendiri pernah dimasukkan ke grup Whatsapp janda oleh seseorang yang bahkan tidak ada didaftar kontakku. Itu benar-benar menyebalkan. Dan tampaknya semua orang yang dimasukkan secara sembarangan juga bereaksi sama. Banyak diantara mereka memutuskan langsung keluar, termasuk aku sendiri.

Apakah kamu ingin tidak dimasukkan grup WA secara sembarangan? Bagaimana cara agar tidak bisa dimasukkan di grup WA oleh orang yang tidak dikenal?

Sekarang bisa kamu lakukan dengan mudah, sejak muncul pengaturan fitur yang dirilis November 2019 lalu, untuk memfilter undangan ke grup WA.

Caranya? Silakan ikuti petunjuk di bawah ini!

1. Buka aplikasi Whatsapp-mu, lalu tap titik tiga di kanan atas. Pilih setelan untuk melakukan pengaturan.

2. Selanjutnya silahkan masuk ke setelan akun ⇢ privasi.

3. Di halaman pengaturan privasi, kamu gulir kebawah hingga menemukan menu grup. Disinilah, kamu akan membuat pengaturan mengenai siapa yang bisa mengundangmu ke grup WA. Silakan tap menu tersebut.

4. Pada halaman grup, kamu akan menemukan tiga opsi:

  • semua orang ⇢ artinya, siapapun bisa memasukkanmu ke grup WA walaupun tidak ada di kontak.
  • kontak saya ⇢ artinya, orang yang ada dikontak bisa memasukkanmu ke grup WA tanpa kecuali.
  • kontak saya kecuali ⇢ artinya, orang yang ada di kontak bisa memasukkanmu ke grup WA, kecuali orang yang tidak kamu izinkan.

Pilih saja “kontak saya” atau “kontak saya kecuali”. Jadi hanya orang yang ada di daftar kontakmu yang bisa memasukkanmu ke grup WA. Setelah itu, kamu tinggal tap “selesai”.

5. Selesai.

Semudah itu? Ya semudah itu memang cara agar orang lain tidak bisa menambahkan ke grup WA. Setelah melakukan pengaturan, dijamin kamu takkan mencak-mencak lagi deh. Selamat mencoba!

Eits sedikit tambahan. Walaupun setelah di filter oleh pengaturan tadi ada orang-orang yang tidak bisa menambahkan kalian ke grup, tapi bukan berarti mereka tidak bisa mengundang kalian. Mereka bisa mengirimkan link undangan ke grup via chat sehingga jangan takut jika mengaktifkan fitur ini kalian akan susah untuk join ke grup whatsapp.

Sekian pembahasan kali ini. Sampai jumpa di tulisan berikutnya.

Tinggalkan Balasan