Cara [paling ampuh] amankan Akun Whatsapp dari Pembajakan

Media sosial di dunia sangat lah terkenal, bahkan ada banyak sekali jenis dari medsos tersebut saat ini. Salah satunya ialah jenis medsos yang di desain untuk berbagi pesan ke satu orang atau grup yang sudah dibuat. Media sosial ini memang berbanding terbalik dengan media sosial yang lain, walaupun sekarang karena perkembangan fitur jenis medsos ini bisa juga berbagi cerita ke teman yang ada di kontak kita. Jenis medsos ini banyak dipakai oleh anak muda yang sering dikenal dengan sebutan instant messenger.

Instant messenger sudah dikenal dari sejak lama, karena penggunaannya hampir sama dengan pesan biasa jadi instant messenger sangatlah cepat untuk tersebar dan digunakan oleh semua orang. Jenis instant messenger pun saat ini banyak sekali ada BBM (Blackberry Messenger) yang awalnya hanya untuk pengguna handphone blackberry namun dikembangkan sehingga bisa dipakai di android atau smartphone, ada juga Line, Kakaotalk, Messenger dari facebook, dan whatsapp instant messenger yang sangat populer saat ini juga yang akan kita bahas dalam artikel ini.

Seperti halnya BBM yang awalnya hanya untuk satu pengguna handphone whatsapp pun sama, whatsapp dibuat awalnya hanya untuk pengguna iPhone dan dengan perkembangannya whatsapp pun bisa digunnakan di hampir semua jenis smartphone di dunia. Salah satu hal yang membuat whatsapp dikenal dan digunakan banyak orang adalah karena kita hanya perlu memasukan nomor hp kita untuk mendaftarnya dan memasukan teman ke whatsapp pun hanya perlu menambahkan ke kontak handphone kita.

Penggunaan whatsapp memang sangat mudah dengan fitur yang sangat banyak. Namun bagaimana bila karena penggunaan whatsapp yang mudah itu bisa membuat kejahatan terjadi? yaitu salah satu kejahatannya adalah pencurian data diri dan pembajakan. Tentu kalian tidak mau hal seperti itu menimpa kalian kan? Maka dari itu kali ini saya akan memberikan salah satu tutorial agar akun whatsapp kalian bisa aman dan terbebas dari hal seperti tadi diatas. Oke daripada buang-buang waktu kita langsung aja ke tutornya. Move and Scroll

Tutorial Mengamankan Akun Whatsapp dari Pembajakan

Untuk bisa melakukan tutorial ini sangatlah mudah kalian tidak perlu bahan atau alat tambahan apapun lagi hanya perlu aplikasi whatsapp yang sudah masuk akun kalian.

1. Ke Pengaturan

Jika kalian sudah masuk ke aplikasi whatsapp di handphone kalian, kalian tinggal langsung ke menu pengaturan. menunya ada di pojok kanan atas ada titik tiga kebawah, lalu klik titik tiga tersebut. setelah mengklik titik tiga tersebut lalu akan muncul beberapa menu, kalian klik setelan.

2. Ke Akun

Setelah mengklik setelan kalian akan masuk ke menu pengaturan whatsapp dari mulai pengaturan akun, chatting, notifikasi dan banyak lagi. untuk mengamankan akun kalian kalian klik Akun dan tunggu sampai kalian dialihkan ke pengaturan akun tersebut.

3. Verifikasi Dua Langkah

Ini adalah tahap yang penting dilakukan. Kita akan mengamankan akun kita dengan fitur verifikasi dua langkah ini. Verifikasi dua langkah adalah fitur yang menambahkan tingkat keamanan akun whatsapp kita. Jika kalian mengaktifkan fitur ini setiap kali kita memverifikasikan nomor whatsapp, kita harus memasukkan nomor pin yang kita buat sendiri. untuk mengatur pin tersebut dan mengamankan akun kalian, setelah klik akun kalian akan masuk ke beberapa pilihan pengaturan akun. kalian pilih dan klik verifikasi dua langkah.

4. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Setelah memilih verifikasi dua langkah kalian akan masuk ke menu tersebut. Lalu kalian klik Aktifkan di bawah dalam persegi panjang warna hijau.

 

5. Atur Pin dan Masukkan E-mail

Seperti yang sudah dijelaskan di nomor 3, untuk mengaktifkannya kalian hanya perlu mengatur PIN yang kalian buat sendiri. Setelah mengklik aktifkan kalian akan diminta memasukkan PIN yang akan dijadikan untuk verifikasi akun kalian. PIN yang kalian buat harus 6 digit dengan angka didalamnya. Setelah dirasa PIN nya sudah diatur klik lanjut.

 

Lalu jika sudah mengatur kalian akan diminta memasukkan kembali atau konfirmasi PIN yang tadi dibuat.

Setelah mengkonfirmasi kalian akan diminta memasukkan E-mail yang aktif, karena ini akan digunakkan ketika kalian lupa PIN yang dibuat dan PIN terkunci, pihak whatsapp akan mengirim e-mail untuk mengatur kembali PIN agar kalian tidaklupa kembali. Jika dirasa sudah memasukkan e-mailnya, sama halnya seperti PIN tadi kalian juga wajib mengkonfirmasi e-mail anda.

Lalu jika sudah klik simpan, tunggu beberapa saat sampai penerapan setelan verifikasi dua langkah selesai.

6. Verifikasi Dua Langkah Sudah Aktif

Dan setelah semua proses membuat PIN dan memasukkan alamat e-mail sudah dilakukan,kalian klik selesai dan dibuktikan dengan tampilan yang berbeda dari awal, yaitu ada penonaktifan verifikasi dua langkah, ubah email dan ubah PIN. Dan selamat kalian sudah mengaktifkan dan meningkatkan keamanan akun dan terhindar dari pembajakan.

Catatan dari pihak whatsapp, jika kalian menerima pesan dari whatsapp tentang menonaktifkan verifikasi dua langkah tetapi kalian tidak memintanya, mohon agar tidak mengkonfirmasi pesan tersebut karena bisa saja orang lain sedang ingin memverifikasi nomor anda di whatsapp.

Kemanan perlulah ditingkatkan dari setiap perusahaan ataupun dari diri sendiri untuk mencegah kejahatan yang timbul dari minimnya tingkat keamanan yang ada. Whatsapp telah memberi fitur yang bagus untuk meningkatkan keamanan, tetapi semua itu kembali kepada diri kita sendiri apakah ingin bekerjasama dan mencegah kejahatan kepada kita ataupun tidak sama sekali.

Kejahatan terjadi tidak selamanya dari penjahat tersebut, bisa jadi dari adanya peluang yang ditimbulkan dari prilaku kita sendiri”

Mungkin hanya sekian tutorial tentang Cara Mengamankan Akun Whatsapp dari Pembajakan, kurang dan lebihnya saya mohon maaf. Terima kasih atas perhatiannya. Sampai jumpa di tutorial-tutorial selanjutnya.

Fahmi Amirullah

Fahmi Amirullah

Hai, nama saya Fahmi Amirullah Permana, saya lahir 26 oktober 2000. saya punya hobi bermain alat musik dan nulis, soalnya saya orangnya jarang sekali ngomong. oh iya cita-cita saya ingin jadi seorang seniman, musisi, penulis, sutradara, produser, dan ingin membahagiakan orang tua saya. sebenarnya banya sekali cita-cita saya, terlalu panjang untuk di sebutkan nantinya. jangan jadikan kekurangan sebagai alasan untuk terus berkarya. terima kasih

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar