Cara mengamankan akun Yahoo! Mail berdasarkan fitur aktivitas mencurigakan

Akun email merupakan salah satu akun yang bisa dibilang sangat penting. Akun email biasanya menjadi syarat untuk mendaftar berbagai akun yang lain, misalnya akun Instagram, Facebook, Twitter, Path, Dropbox dan lain sebagainya. Bahkan Whatsapp dan Line yang basisnya nomor telepon pun bisa dihubungkan dengan email untuk backup.

Selain terhubung dengan akun yang lain, email biasanya juga menjadi salah satu media komunikasi yang resmi dan tepercaya. Komunikasi yang bersifat penting sering dilakukan melalui email. Maklum, email atau surat elektronik bisa menjadi pengganti surat resmi yang biasanya secara fisik. Hal ini karena email bisa dikirim dan diterima dengan cepat.

Oleh karena pentingnya alamat email, maka diperlukan cara cara untuk mengamankan akun email. Yahoo! Mail, salah satu provider email yang sangat populer, memiliki berbagai fitur untuk mengamankan akun. Sebelumnya saya pernah menulis tentang cara mengamankan akun Yahoo! Mail menggunakan email pemulihan dan cara mengamankan Yahoo! Mail dengan verifikasi dua langkah.

Dua cara tersebut sebenarnya sudah cukup untuk mengamankan akun Yahoo! Mail. Namun tidak ada salahnya jika kita menggunakan pengamanan yang berlapis, agar lebih aman. Kali ini saya akan menjelaskan cara mengamankan akun Yahoo! Mail berdasarkan aktivitas mencurigakan.

Melihat aktivitas mencurigakan Yahoo! Mail

Yahoo! Mail selalu memiliki catatan dimana saja akun pernah digunakan. Di mana saja ini, maksudnya adalah lokasi yang digunakan untuk  membuka akun. Bahkan perangkat yang digunakan dan browser yang digunakan pun tercatat rapi oleh Yahoo.

Oleh karena itu, kita bisa mengetahui kapan saja akun Yahoo! Mail kita melakukan aktivitas. Jika aktivitas tersebut bukanlah aktivitas yang kita lakukan, maka patut dicurigai bahwa tindakan tersebut dilakukan oleh orang lain. Sehingga setelah mengetahuinya, kita harus melakukan tindakan pengamanan akun agar kejadian tersebut tidak terus berlanjut.

Baca juga : Cara cepat dan mudah daftar akun yahoo mail baru

Aktivitas mencurigakan tidak hanya bisa dilakukan oleh orang yang berencana meretas akun kamu. Misalnya kamu pernah login Yahoo! Mail di warnet atau di tempat print dan kamu lupa belum logout, maka ini bisa berbahaya. Berikut ini adalah cara untuk mengetahui aktivitas mencurigakan dari Yahoo! Mail.

Buka Yahoo! Mail

Buka Yahoo! Mail

Langkah pertama tentu saja adalah membuka akun Yahoo! Mail kamu. Cara mengamankan akun ini hanya bisa dilakukan apabila kamu masih memiliki akses ke akun Email.

Klik nama kamu

Klik nama kamu lalu account info

Pada tampilan Yahoo! Mail Versi terbaru, di pojok kanan atas, klik nama kamu. Sedangkan pada tampilan basic, kamu bisa menuju dropdown disebelah kanan nama kamu.

Klik ‘Account Info’

Jika kamu menggunakan tampilan versi terbaru, maka muncul pilihan account info di bawah nama kamu. Klik pilihan account info untuk menuju pengaturan akun. Sedangkan jika kamu menggunakan tampilan versi lama, tempatkan dropdown pada pilihan account info kemudian klik Go.

Klik ‘Recent activity’

Klik recent activity

Pada pojok kiri bawah, klik pilihan recent activity untuk melihat aktivitas terakhir yang dilakukan akun kamu.

Periksa aktivitas terbaru

Periksa aktivitas mana saja yang menurut kamu mencurigakan. Jika akun kamu sudah ada sejak lama dan belum pernah memeriksa fitur ini, maka kamu akan menemukan banyak sekali aktivitas. Maka kamu bisa melihat aktivitas mana saja yang kamu lakukan dan bukan kamu berdasarkan informasi browser dan lokasi yang digunakan.

Jika sudah menemukan aktivitas mencurigakan, lalu apa yang di lakukan?

Menghentikan aktivitas secara manual

Log out satu persatu

Kamu bisa menghentikan aktivitas pengguna lain secara manual atau satu persatu. Caranya adalah membuat pengguna tersebut keluar dari akun Yahoo! Mail yang kamu miliki. Setelah kamu mengeluarkannya, kamu bisa menerapkan pengamanan akun dengan verifikasi dua langkah.

Sehingga pengguna mencurigakan tersebut tidak akan bisa masuk kembali ke akun kamu. Hal ini karena meskipun pengguna lain memiliki informasi login, tetapi tidak punya akses ke nomor HP dan akun recovery yang kamu miliki.

Namun cara ini tentu saja tidak efektif jika aktivitas akun kamu sudah sangat banyak. Jika kamu pernah login di berbagai tempat, maka aktivitasnya menjadi sangat banyak.

Ganti Password Email

Ganti Password demi keamanan akun

Cara lain yang bisa dilakukan jika terdapat aktivitas mencurigakan adalah dengan mengganti password email. Cara mengganti password email sangat mudah dilakukan. Fitur ganti password email sudah teredia pada halaman aktivitas terkini yang sedang kamu buka, sehingga bisa langgsung menggantinya.

Sekian tadi cara mengamankan akun Yahoo! Mail berdasarkan aktivitas yang mencurigakan. Cara ini juga sekaligus menjadi cara untuk keluar dari berbagai perangkat yang pernah digunakan. Sehingga kamu tidak perlu melakukan logout manual dari perangkat orang lain yang kamu lupa belum keluar.

Kamu perlu melakukan pengecekan aktivitas mencurigakan ini secara berkala, sehingga sewaktu waktu ada yang mencurigakan kamu bisa langsung melakukan tindakan. Jangan sampai kamu menunggu hingga terjadi hal-hal yang tidak diinginkan pada akun kamu.

Sekian dulu penjelasan kali ini, cara ini mudah di lakukan, tetapi bisa menjadi hal yang cukup penting.

Semoga bermanfaat ^.^

Tinggalkan Balasan