Cara mudah untuk blokir komentar SPAM di instagram

Salah satu media sosial yang sedang sangat digemari saat ini adalah Instagram. Tak hanya sebagai sarana berinteraksi sosial, Instagram juga menjadi wadah menuangkan karya.

Setiap penggunanya bebas berekspresi melalui foto dengan berbagai macam filter, video dengan durasi hingga 60 detik, dan caption hingga 2.200 karakter. Selain itu, pengguna pun bebas memberikan feedback berupa komentar pada kolom yang tersedia.

Namun kebebasan ini kadang menjadi tak terkendali. Beberapa kali kita jumpai komentar-komentar yang membuat si pemilik foto/video tidak nyaman. Tak jarang komentar pedas dari 1 orang turut menyulut emosi pengguna lain. Adu pendapat pun terjadi.

Atau bila feed kita cukup menarik dan mengundang banyak followers maka akan ada saja orang yang menumpang berjualan di kolom komentar. Seperti yang kerap dijumpai di akun para figur publik dimana puluhan komentar yang menghiasi post-nya adalah iklan berbagai macam suplemen.

Nah, agar penggunanya tetap merasa nyaman dan betah menggunakan media sosial ini, Instagram menyediakan fitur menyembunyikan komentar yang tidak ingin dilihat. Bagaimana caranya?

Beberapa langkah mudah memblokir Komentar yang Tidak Kita Inginkan

1# Masuklah ke halaman profil Instagram kita. Di sini kita akan menemukan tiga titik berurut di bagian kanan atas. Tap sehingga kita masuk ke halaman Options.

2# Pada halaman Options, kita akan menemukan beberapa menu seperti Invite Friends, Follow People, dan Account. Scroll ke bawah hingga menemukan menu Settings.

3# Pada menu Settings, pilih submenu Comments.

4# Pada pengaturan komentar ini, kita akan menemukan 2 opsi. Bisa gunakan salah satu, ataupun keduanya.

Opsi pertama adalah Default Keywords. Dengan mengaktifkan pengaturan ini, akun kita akan memblokir komentar yang mengandung kata-kata yang telah ditentukan oleh Instagram.

Apa saja kata tersebut adalah sebuah rahasia yang disimpan Instagram. Mungkin dimaksudkan agar tidak bisa digunakan oleh pihak tertentu untuk mencari celah mengakali cara penulisan kata yang diblokir.

Instagram hanya menyatakan kata-kata tersebut adalah kata-kata kasar dan tidak pantas, termasuk makian, yang banyak digunakan. Saat ini default keywords hanya dalam Bahasa Inggris saja.

Untuk mengaktifkannya, cukup tap atau geser ke kanan titik yang berada di sebelah kanan Hide Inappropriate Comments hingga menjadi berwarna biru.

Opsi kedua adalah Custom Keywords. Pengaturan ini memungkinkan kita untuk menentukan sendiri kata-kata yang ingin kita blokir dari kolom komentar.

Misalnya, kita risih dengan bejibunnya orang yang menumpang lapak di kolom komentar kita. Kita dapat memasukkan kata ‘jual’ sehingga setiap komentar yang memuat kata tersebut akan terblokir.

Selain kata-kata, kita juga dapat memasukkan frase, emoji, angka, maupun hashtag. Meski sebenarnya, jika kita memasukkan keyword “obat”, maka otomatis komentar dengan “#obat” juga akan terblokir.

Kita juga dapat memasukkan lebih satu keywords, cukup pisahkan masing-masing keywords dengan koma. Namun fitur ini belum mengakomodir keywords yang ditulis dalam aksara lain, seperti Korea dan Jepang.

Nah, untuk menentukan keywords apa saja yang perlu kita masukkan dapat dengan mengecek kata apa yang kerap muncul dalam komentar-komentar yang ingin kita blokir.

Namun perlu diperhatikan, bisa saja terjadi komentar yang sebenarnya bukan spam akan turut terblokir bila mengandung kata yang kita blokir.

5# Bila sudah selesai mengatur semuanya, tap tanda cek biru di kanan atas.

Ketika kita mengaktifkan pengaturan ini, pemblokiran berlaku baik untuk komentar yang sudah ada maupun yang akan datang.

Pengertian pemblokiran di sini adalah komentar disembunyikan oleh Instagram. Sehingga ketika pengaturan ini kembali dinon-aktifkan, seluruh komen yang tadinya terblokir akan kembali nampak.

Satu lagi kelebihan pengaturan ini adalah hanya kita sebagai pemilik akun dan para pengguna lain yang tidak bisa melihat komentar yang diblokir.

Sementara orang yang meninggalkan komentar tetap dapat melihatnya. Sehingga orang tersebut tidak akan tahu bahwa kita menerapkan pengaturan ini pada akun kita.

Komentar yang diblokir ini juga tetap mempengaruhi penghitungan jumlah komentar yang terpampang di bawah post kita. Misalnya foto yang kita upload mendapat 20 komentar, dengan 2 di antaranya adalah komentar yang terblokir. Maka pada bagian keterangan foto akan tertulis “View all 20 comments“, bukan 18.

Tips: Bila menemukan komentar yang kasar atau meresahkan, kita dapat melaporkannya ke Instagram. Caranya dengan tap komentar tersebut kemudian tap ikon tanda seru dalam segi enam di kanan atas. Maka akan muncul kotak dialog yang berisi pertanyaan mengapa kita melaporkan komentar tersebut. Pilih salah satu alasan dari 2 pilihan yang ada kemudian laporan tersebut akan terkirim ke Instagram.

Nah, dengan pengaturan ini, semoga kita dapat berinteraksi di Instagram dengan lebih nyaman, tanpa gangguan komentar yang membuat resah. Seperti dikatakan CEO & Co-founder Instagram, Kevin Systrom, dalam blog Instagram bahwa komitmennya adalah untuk terus menyajikan fitur yang melindungi pengguna dan mempertahankan Instagram sebagai wadah yang positif dan kreatif untuk semua orang.

siecasper

Seorang pecandu kata-kata yang gemar jalan-jalan

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar