Cara mendownload subtitle dari video Youtube

Youtube merupakan situs layanan berbagi video yang begitu populer di dunia, termasuk Indonesia. Ada beragam genre yang ditawarkan para konten kreator Youtube. Hal ini membuat orang-orang jadi antusias untuk menontonnya.

Ada beberapa cara nonton video di Youtube – bisa nonton langsung via aplikasi smartphone, bisa juga dengan membuka browser di komputer, atau bisa diunduh supaya bisa ditonton kapanpun dan dimanapun tanpa perlu akses internet.

Lebih suka mendownload video Youtube? Sebaiknya, kamu juga perlu mendownload subtitelnya, khususnya video Youtube yang dibuat konten kreator dari luar negeri. Dengan begitu, kamu bisa terbantu memahami isi videonya walaupun kurang mengerti bahasa asing.

Jadi, bagaimana cara download subtitle video Youtube di HP dan komputer? Gampang. Kamu hanya memerlukan aplikasi Youtube dan browser saja. Silakan simak tutorialnya sama-sama!

A. Download subtitle video Youtube di HP

1. Buka aplikasi Youtube-mu.
2. Cari video yang subtitlenya mau kamu download. Jika kamu sudah menemukan videonya, pastikan video tersebut memiliki subtitle. Ini karena tidak semua video menyediakan subtitle. Untuk memastikan video memiliki subtitle, silakan tap tombol play. Lalu tap lagi di area videonya, dan akan muncul titik tiga di pojok kanan atas. Tap titik tiga tersebut.

3. Kalau video yang kamu pilih memiliki subtitle, maka akan muncul menu bertuliskan “subtitel” atau “CC” di menu pilihannya.

4. Sekarang kamu perlu mendapatkan link videonya. Tap tombol bagikan. Ketika muncul berbagai menu, kamu tap “salin link”.

5. Setelah mendapatkan link videonya, buka browser HP-mu, dan pergi ke URL downsub.com. Di kolom download, tempelkan link video yang sudah kamu salin sebelumnya. Lalu tap “Download”.

6. Tunggu beberapa saat sampai Downsub menampilkan subtitle yang siap diunduh. Jika downsub hanya menampilkan satu subtitle saja, ini berarti video Youtube yang kamu unduh subtitlenya hanya memiliki satu subtitle saja. Tapi biasanya, Downsub juga menampilkan opsi subtitle yang diterjemahkan otomatis ke dalam bahasa lain, termasuk bahasa Indonesia.

Silahkan pilih subtitle terbaik menurutmu. Perlu diketahui terjemahan otomatis tentu tidak “berkualitas”, jadi jika kamu mengerti sedikit-sedikit bahasa inggris, lebih baik pakai subtitle bawaan dari youtubenya.

7. Subtile sudah berhasil didownload dan dipakai untuk keperluanmu.

B. Download subtitle video Youtube di PC (komputer)

Kamu juga bisa mendownload subtitle video Youtube di komputer. Untuk caranya beda-beda tipis sih dengan cara download subtitle Youtube via smartphone. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya!

1. Buka browser komputermu, dan pergi ke laman youtube.com.
2. Cari video Youtube yang subtitlenya mau kamu download. Setelah ketemu, jangan lupa pastikan terlebih dulu video Youtube itu memiliki subtitle. Untuk memeriksanya, kamu bisa klik ikon gir yang ada di deretan pojok kanan bawah. Terus klik subtitle/CC.

3. Jika video itu memiliki subtitle/CC, maka akan muncul pilihan bahasa subtitlenya.

4. Setelah yakin video ada subtitlenya, kamu copy URL video Youtubenya.

5. Di tab lain, kamu buka downsub.com, lalu masukkan URL video Youtubenya di kolom download.

6. Downsub akan menampilkan pilihan subtitle yang tersedia, termasuk subtitle yang diterjemahkan otomatis oleh Downsub.

7. Subtitle telah berhasil didonwload dan digunakan untuk keperluanmu.

Tambahan: Cara menampilkan subtitle secara otomatis di video yang didownload

Sebenarnya, tutorial terkait mengunduh subtitle Youtube telah selesai. Namun, sebelum mengakhirinya, izinkan aku untuk memberi informasi tambahan, yaitu menampilkan subtitle yang sudah diunduh otomatis ke pemutar video. Sebab kalau tidak diatur, maka kamu harus menambahkan subtitel secara manual.

Disini, aku mengasumsikan kamu telah mendownload video Youtubenya dan menyimpannya di perangkatmu (HP/komputer). Pelajari cara mendownload video di Youtube ini jika kamu masih belum memahaminya.

Nah, bagaimana menampilkan subtitle secara otomatis di video Youtube yang sudah didownload? Kamu perlu melakukan trik kecil ini. Ikuti caranya berikut ini! Oiya, aku contohkan di komputer ya, tapi bisa diterapkan juga di HP.

1. Letakkan video dan subtitle dalam satu folder. Jika sudah, ubah nama video dan subtitle dengan nama yang sama. Misalnya, “10 DIY unicorn school at home”.

2. Setelah itu, setel video Youtube dengan aplikasi pemutar video (saranku pakai VLC), dan subtitle pun akan muncul secara otomatis.


Nah begitulah cara mendownload subtitel dari Youtube yang bisa dilakukan di HP maupun komputer. Mudah-mudahan, kamu makin nyaman nonton video Youtubenya ya. Selamat mempraktikkan!

Sampai jumpa ditulisan selanjutnya.

Tinggalkan Balasan