Cara download video IGTV dengan (atau tanpa) aplikasi tambahan

Instagram merupakan media sosial yang sedang banyak digandrungi oleh banyak pengguna internet di dunia, termasuk di Indonesia. Media sosial ini pada awalnya banyak digunakan orang sebagai sarana berbagi gambar atau foto saja. Lambat laun, media sosial ini juga berkembang sebagai sarana untuk membagikan konten berupa video.

Dulu, pengguna Instagram dapat memposting video dengan durasi paling lama hanya 1 menit saja. Akan tetapi, kini instagramers (pengguna Instagram) dapat mengupload konten berupa video dengan durasi yang lebih lama dari 1 menit. Adapun layanan di Instagram yang mendukung fitur ini  adalah IGTV.

Dengan IGTV, kamu dapat mengupload video dengan durasi hingga 10 menit. Bahkan untuk akun pilihan, akan dapat mengupload video dengan durasi paling lama 1 jam. Adapun akun pilihan yang dimaksud adalah akun dengan audience yang besar.

Pengguna Instagram juga dapat menonton IGTV dengan leluasa karena IGTV menampilkan video secara vertikal dan biasanya layar penuh.

Beberapa pengguna Instagram mulai dari akun olahraga, kecantikan, teknologi, dan masih banyak lagi terkadang membuat konten video yang dirasa memberikan manfaat bagi para pengikut dan penontonnya. Untuk akun bertema kuliner misalnya, seringkali membagikan konten IGTV yang berisi tentang resep dan cara membuat suatu makanan. Atau akun keuangan misalnya, terkadang membagikan konten IGTV mengenai tips-tips bertema finansial.

Akan tetapi sungguh disayangkan bahwa untuk saat ini Instagram masih belum menyediakan opsi untuk mengunduh IGTV langsung dari aplikasi. Instagram memberikan opsi untuk menyimpan video, akan tetapi tidak dengan mengunduh. Video yang disimpan (di-save) akan ditampilkan sebagai postingan yang “di-bookmark” saja. Sehingga konten IGTV tidak bisa kita tonton secara offline.

Meskipun demikian, kamu tak perlu bingung lagi untuk mencari tahu bagaimana cara mendownload video di IGTV, karena Bukugue dot com akan menyajikan trik-trik untuk mendownloadnya.

Pada dasarnya untuk mendownload video pada IGTV ini sama halnya dengan mengunduh postingan seseorang di Instagram. Kamu bisa membuka postingan yang ingin kamu unduh, kemudian copy link postingan tersebut. Setelah disalin, kamu bisa mem-paste-kan link pada pihak ketiga, yaitu aplikasi atau bisa juga website untuk melakukan pengunduhan.

Penasaran bagaimana caranya? Untuk lebih jelasnya, mari kita simak cara mengunduh IGTV dengan maupun tanpa aplikasi berikut ini.

A. Download video IGTV dengan IGTV downloader

Untuk melakukan download video IGTV, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga. Adapun aplikasi yang akan digunakan kali ini adalah IGTV Downloader. Kamu dapat mengunduhnya di playstore, atau kamu dapat langsung menuju link berikut: https://play.google.com/store/apps/details?id=app.igtvdownloader.app 

aplikasi IGTV Downloader di Playstore

Jadi download dan install dulu aplikasinya, lalu untuk selanjutnya kamu dapat melihatnya pada penjelasan berikut ini.

1. Cari video yang ingin kamu unduh. Kali ini aku akan mencoba untuk mendownload video IGTV dari akun “@techinasia_id” melalui halaman profilnya. Kemudian, tap icon IGTV seperti pada gambar berikut ini. Setelah menemukan video yang akan diunduh, buka video.

2, Pada video, akan terdapat icon titik tiga pada bagian bawah layar. Jika tidak, ketuk layar sekali untuk memunculkannya. Tap icon titik tiga, maka akan muncul opsi untuk melaporkan (report), melihat lebih sedikit (see fewer post like this), menyalin link (copy link), dan menyimpan (save). Salin link video tersebut dengan cara menekan copy link.

3. Buka aplikasi IGTV Downloader yang telah kamu install pada ponsel androidmu. Pada halaman depan aplikasi ini, kamu akan langsung menemukan tombol untuk mem-paste link yang telah kamu salin tadi. Sehingga langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah dengan men-tap tombol paste.

4. Setelah muncul video yang akan kamu download, maka tekan icon download seperti pada gambar berikut. Tunggu sampai proses pengunduhan selesai. Jika proses download mencapai 100 persen, kamu sudah bisa menonton video tadi secara offline.

Dalam melakukan pengunduhan video IGTV melalui aplikasi IGTV Downloader ini, ada beberapa kelebihan dan kelemahan yang mungkin bisa kamu jadikan pertimbangan.

Kelebihan dari cara ini adalah, kamu dapat mendownload video IGTV dengan praktis.

Lalu kelemahannya, untuk melakukan langkah tadi kamu memerlukan ruang data lebih untuk menginstall aplikasi tambahan. Ukuran dari aplikasi IGTV Downloader ini adalah 29 MB. Jika kamu tak ingin menghabiskan memorimu untuk menginstall aplikasi tambahan, kamu dapat melanjutkan membaca tulisan ini.

B. Download video IGTV tanpa aplikasi tambahan

Untuk mendownload video IGTV, kamu sebenarnya tidak diharuskan memiliki aplikasi tambahan. Karena untuk mengunduhnya, ada satu lagi cara yang dapat kamu lakukan. Kamu dapat mendownload video IGTV melalui forhub.io.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita simak langkah-langkah berikut ini.

1. Pertama-tama, cari target postingan IGTV yang ingin kamu unduh. Kali ini aku akan coba untuk mendownload video IGTV dari akun “@unik_info” yang kebetulan aku temukan pada jendela pencarian Instagram. Buka video yang akan diunduh tersebut.

buka video yang akan diunduh

2. Tap icon titik tiga pada bagian bawah layar. Setelah itu, tap copy link untuk menyalin alamat URL postingan IGTV tersebut.

3. Pada browser ponselmu, silahkan kunjungi link berikut: https://www.forhub.io/instagram/

4. Setelah mengunjungi alamat tersebut, paste-kan link tadi pada kolom yang tersedia. Kemudian, tap download untuk melanjutkan proses pengunduhan.

5. Scroll layar ke bawah sampai kamu menemukan tombol download lagi. Tap tombol download lagi, kemudian proses pengunduhan akan dimulai. Lama tidaknya proses download ini akan tergantung dari ukuran file dan jaringan internetmu.

scroll layar ke bawah dan tap “download” lagi

6. Jika proses download sudah selesai, kamu sekarang dapat menonton videonya secara offline melalui ponselmu. Video yang diunduh pun berkualitas HD. Ketika videonya ditonton gambarnya terlihat jernih dan tidak kalah dengan saat kamu membukanya pada aplikasi Instagram.

video sudah bisa untuk ditonton secara offline

Cara kedua ini memiliki kelebihan yaitu kamu tak perlu menginstall aplikasi tambahan, hal ini akan menguntungkan bagi kamu yang ingin mengirit memori ponselmu. Kamu bahkan bisa download dari perangkat lain, misalnya dari desktop, asalkan ada link ke video yang akan di download.

Akan tetapi cara ini juga memiliki kelemahan, yaitu cara ini tidak se-praktis cara pertama. Langkah yang dilakukan pada cara ini sedikit lebih “banyak” daripada cara yang pertama (melalui IGTV Downloader).


Cara-cara tadi memiliki kelebihan dan kelemahan masing-masing. Mana yang ingin kamu pilih, semuanya tergantung dari preferensimu. Jika kepraktisan adalah prioritasmu, maka menginstall aplikasi IGTV Downloader adalah pilihan yang tepat. namun, jika kamu ingin hemat memori, maka kamu bisa menggunakan cara kedua (tanpa aplikasi).

Demikianlah itu tadi informasi mengenai cara download IGTV dengan IGTV downloader dan cara download IGTV tanpa aplikasi. Semoga informasi ini bermanfaat terutama bagi kamu para Instagramers. Ikuti terus informasi menarik lainnya seputar media sosial hanya di Bukugue dot com.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan