Cara ganti password Yahoo! dan tips membuat password yang aman

Password akun Yahoo! merupakan bagian yang sangat penting dari kepemilikan akun. Password merupakan kode unik yang hanya dimilik oleh pemilik akun.

Jika kamu memiliki akun Yahoo! tentu saja kamu akan memiliki alamat email yang disertai dengan passwordnya. Nah untuk menjaga keamanan akun, maka sebaiknya kamu mengetahui cara ganti password Yahoo! agar bisa melakukannya dengan mudah.

Selain mengetahui cara mengganti password Yahoo!, kamu juga perlu tahu bagaimana membuat kata sandi Yahoo! yang kuat.

Yahoo! secara resmi memberikan tips cara membuat kata sandi yang kuat dan ditambah dengan tips agar kata sandi akun kamu aman. Sehingga kamu dapat menghindari hal hal yang tidak diinginkan terjadi pada akun kamu. Meskipun sebenarnya sekarang bisa login ke akun Yahoo! tanpa menggunakan password.

A. Cara ganti password Yahoo! dengan mudah

Mengganti password Yahoo! bisa dilakukan karena berbagai hal. Misalnya karena sudah ada yang mengetahui password yang saat ini, alasan keamanan untuk mengganti secara berkala maupun untuk membuat password yang lebih mudah diingat. Cara ganti password pada pembahasan kali ini dilakukan jika kamu masih memiliki akses ke akun kamu. Berikut ini adalah langkah langkah untuk mengganti kata sandi Yahoo! dengan mudah melalui browser, jika kamu menggunakan HP, bisa menyesuaikan karena hampir sama.

  • Masuk akun Yahoo! Mail

Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan masuk ke akun Yahoo! kamu.

  • Klik nama kamu

Pada bagian kanan atas klik nama kamu.

  • Klik ‘account info’

klik akun info di bawah nama

Jika kamu menggunakan Yahoo! tampilan terbaru maka akan muncul pilihan ‘account info’ di bawah nama kamu, kemudian klik. Jika masih menggunakan tampilan versi basic, maka account info akan muncul di sebelah kanan nama, lalu klik Go.

  • Pilih ‘Account Security’

klik account security

Pada bagian kiri atas, maka kamu dalam posisi personal info. Klik ‘account security’ yang ada di bawah personal info.

  • Klik ‘Change Password’

    Klik change my password

Jika kamu menggunakan Kunci Akun Yahoo, maka kamu tidak bisa mengganti password, karen Kunci Akun tidak memerlukan password untuk login. Jika kamu tidak menggunakan Kunci Akun, pada sebelah kanan klik ‘Change Password’.

  • Login ulang ke akun Yahoo! jika dialihkan

login ulang ke Yahoo jika diminta

Yahoo! akan membawa kamu kembali ke halaman awal Yahoo! untuk login kembali. Masukkan alamat email dan password untuk kembali login. Langkah ini belum tentu diterapkan oleh Yahoo!, kau bisa saja langsung dibawa ke halaman ganti password. Jika kamu dibawa ke halaman login, kamu ulangi lagi setelah login dengan klik ‘change password’ seperti langkah selanjutnya.

  • Pilih ‘I would rather change my password’

Pilih pilihan untuk tetap mnegganti password

Kamu akan ditawari oleh Yahoo! untuk menaktifkan Kunci Akun, lewati saja proses ini untuk mengganti password. Pada bagian bawah, pilih ‘I would rather change my password’. Maksudnya adalah kamu tetap akan memilih untuk mengganti password saja.

  • Masukkan password baru

Masukkan password terbaru

Kemudian pada halaman baru kamu perlu memasukkan password terbaru. Masukkan password sebanyak dua kali untuk memastikan tidak salah ketik. Jika kamu memasukkan password yang berbeda antara yang pertama dan kedua, maka Yahoo! akan menolaknya. Jika password yang kamu masukkan sama dengan yang saat ini digunakan juga tidak bisa. Buat password yang unik dan baru. Kemudian klik continue.

  • Selesai

Selamat kamu terlah berhasil membuat password Yahoo! terbaru untuk akun kamu. Jika kamu terbiasa mencatat password, kamu perlu memperbaruinya agar tidak lupa saat ingin menggunakannya.

Sekian tadi langkah langkah cara ganti password Yahoo! dengan mudah. Kamu bisa melakukan penggantian melalui web browser maupun melalui aplikasi di smartphone. Lalu apa saja yang perlu diperhatikan untuk membuat sebuah kata sandi baru? Berikut ini adalah tips pentingnya.

B. Tips membuat kata sandi Yahoo! yang kuat dan aman

Membuat kata sandi yang kuat dan aman sebenarnya mudah. Kamu membuat sebuah password acak saja sudah bisa dibilang aman. Namun sayangnya password acak tentu saja membuat kamu mudah lupa dengan password yang kamu buat. Yahoo! memberikan beberapa tips untuk membuat sebuah kata sandi yang aman untuk akun kamu. Berikut ini adalah tips dari Yahoo! untuk membuat kata sandi kamu aman.

Cara ganti password Yahoo

Membuat Kata sandi yang kuat

  • Gunakan kata yang unik

Password yang kuat adalah kata kunci yang unik. Menggunakan nama, tanggal lahir dan nomor telepon bukanlah kata kunci yang baik untuk digunakan. Kata kunci unik adalah yang tidak bersangkut paut dengan kehidupan kamu. Namun kata tersebut haruslah mudah untuk diingat. Jangan menggunakan kata yang terlalu biasa, seperti ‘password’ atau ‘admin’ dan ‘1234’

  • Gunakan 12 karakter atau lebih

Yahoo! menyarankan untuk membuat kata sandi menggunakan 12 karakter atau lebih. Jumlah karakter yang sebanyak ini akan semakin mengurangi kemungkinan hacker untuk menebak kata sandi akun kamu. Semakin banyak karakter yang digunakan akan membuat kemungkinan kombinasi karakter mejadi lebih banyak lagi. Kamu bisa menggunakan gabungan huruf dan angka yang mudah diingat untuk membuatnya.

  • Jangan mudah ditebak

Kata sandi jangan mudah ditebak berdasarkan identitas kamu. Orang yang akan membuka akun kamu kemungkinan sudha mengenal kamu baik dari media sosial maupun secara personal. Oleh karena itu menggunakan informasi pribadi untuk membuat kata sandi tentu saja menjadi tidak aman.

  • Jangan gunakan karakter berurutan atau yang berulang

Menggunakan karakter berurutan dan berulang memang mudah untuk diingat, tetapi tentu saja bisa mudah untuk ditebak. Karakter berurutan yang sering digunakan untuk membuat password adalah ‘qwerty’, ‘qazwsx’ dan ‘1234’. Password tersebut sering sekali digunakan, sehingga orang yang iseng ingin membuka pun bisa sekali coba berhasil.

  • Gunakan password yang berbeda setiap akun

Tips terakhir yang diberikan Yahoo! untuk membuat kata sandi kuat adalah dengan membuat kata sandi yang berbeda untuk setiap akun. Penggunaan akun yang berbeda setiap akun berfungsi untuk melindungi akun kamu yang lain. Misalnya kamu terpaksa memberi tahu kata sandi Yahoo! Mail kepada orang lain, maka akun kamu yang lain akan tetap aman karena menggunakan kata sandi yang berbeda.

Tips tambahan agar akun aman

  • Lakukan penggantian secara berkala

Agar akun kamu aman dari hacker, kamu seharusnya mengganti password Yahoo! secara berkala. Penggantian bisa kamu lakukan setiap bulan. Untuk menghindari lupa password yang kamu gunakan, sebaiknya kamu memiliki catatan khusus yang berisi password. Namun catatan ini harus kamu rahasiakan dan berikan kode khusus.

  • Jangan melakukan recycle password Yahoo

Jika kamu mengganti password, sebaiknya jangan melakukan recycle password. Maksudnya adalah jangan menggunakan password yang dulu pernah digunakan. Buat password yang baru dan unik. Jika Yahoo! merasa password yang kamu buat sama seperti yang pernah disalahgunakan orang lain, biasanya langsung akan menolak penggunaan password tersebut.

  • Jangan beritahu siapapun

Memberitahukan akun dan password email kepada orang lain tentu saja bisa membahayakan akun kamu. Boleh jadi orang yang kamu beritahu tidak melakukan tindakan yang membahayakan, tteapi boleh jadi orang yang lain lagi tahu password kamu dari orang ini. Sebaiknya kamu tidak memberitahukan informasi akun kepada siapapun. Atau kamu bisa menggunakan fitur Kunci Akun Yahoo agar orang lain login tanpa password, tetapi menggunakan konfirmasi dari smartphone kamu.

  • Jangan digunakan pada website berbahaya

Beberapa website terkadang meminta informasi akun kamu yang berupa alamat email dan password. Jika website tersebut meminta kamu membuat akun, tentu kamu bisa membuat informasi yang berbeda dengan akun Yahoo!. Namun sayangnya, website yang mengatasnamakan akan membantu akun kamu, yang diminta adalah akun dan password Yahoo! kamu, ini bisa berbahaya.

  • Selalu berhati hati

Selalu berhati hati dalam menyimpan dan menggunakan password Yahoo!. Jangan menyimpan password Yahoo! pada note di smartphone, karena mudah ditemukan orang lain. Selain itu jika kamu mendapat email selain dari Yahoo!, dan menyertakan link untuk di klik, sebaiknya kamu mengetik link pada browser, bukan klik dari badan email.

Sekian tadi beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kata sandi Yahoo! memiliki keamanan yang tinggi. Tips tersebut merupakan tips yang diberikan oleh Yahoo! sehingga sudah melalui penelitian yang panjang dan tentu saja bisa dipercaya.

Jika kamu masih ragu dengan keamanan password yang kamu miliki, mungkin kamu bisa mengaktifkan Kunci Akun dan beberapa tindakan keamanan lain, seperti mengamankan akun dengan alamat email pemulihan, nomor HP dan verifikasi dua langkah serta menggunakan fitur recent activity. Semuanya sudah pernah di bahas di blog ini.

Sekian dulu bahasan kali ini. Semoga bermanfaat ^.^

Advertisements
Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *