Cara Menghapus Riwayat Pencarian di Instagram yang Bandel

Halo guys! Pasti semua kenal dong sama Instagram? Hampir bisa dipastikan semua orang jaman now pasti pada tahu apa itu Instagram. Salah satu media sosial yang saat ini paling sering digunakan baik oleh anak muda maupun orang dewasa bahkan anak kecil dan orang tua. Instagram merupakan media sosial yang banyak digunakan untuk ‘memamerkan’ gambar / foto dan video yang kita miliki.

Selain itu, Instagram merupakan media penyebar informasi yang sangat efektif karena jumlah pengguna yang sangat banyak dan terdiri dari berbagai kalangan. Seringkali banyak kita temukan akun-akun yang dibuat memang untuk tujuan menyebarkan informasi dan berita-berita terkini agar penggunanya tetap update dengan apa yang sedang terjadi.

Hal tersebutlah yang membuat banyak orang tertarik untuk menggunakan Instagram. Mereka bukan hanya dapat membagikan kenangan mereka yang berupa foto / video dan mendapatkan berita terkini, namun mereka juga dapat berinteraksi dengan pengguna lainnya melalui fitur komentar atau DM (Direct Messages). Melalui fitur tersebut, sesama pengguna akan dapat dengan mudah melakukan komunikasi seperti mengobrol sehari-hari.

Banyak juga akun di Instagram yang menyediakan testimoni atau pilihan destinasi tempat wisata, kuliner, penjual barang atau jasa tertentu, bahkan ada pula akun akun yang khusus menyediakan dagelan atau guyonan. Akun bernuansa humor tersebut tentunya banyak orang butuhkan untuk mengobati lelah setelah seharian bekerja atau bahkan hanya untuk menyegarkan pikiran saat sedang stress.

A. Cara menghapus riwayat pencarian

Selain itu, Instagram mempunyai fitur pencarian yang memudahkan kita untuk mencari hal-hal khusus atau spesifik mengenai hal tertentu yang ingin kita temukan. Dari sana, nanti akan kita dapatkan hasil pencarian berupa akun seseorang atau bahkan yang hanya merupakan hashtag yang dicantumkan oleh orang-orang.

Hal tersebut tentu akan memudahkan dan mempercepat kita menemukan apa yang kita cari. Namun setelah kita mengetikkan nama tertentu pada fitur pencarian ini, Instagram akan secara otomatis mencatat kata yang kita masukkan tersebut. Tentunya banyak dari kalian yang tidak ingin orang lain mengetahui apa yang pernah kalian cari?

Tenang, tentunya ada cara biar orang lain tidak mengetahui riwayat pecarian kita yaitu dengan menghapusnya dari profil kita. Nah kalau sekedar menghapus pencarian instagram terbaru, sudah pernah dibahas sebelumnya. Coba baca tulisanku yang ini ya: cara menghapus pencarian Instagram dengan mudah dan cepat

Setelah kalian menghapus riwayat pencarian, maka otomatis nama yang pernah anda ketikkan di fitur pencarian akan terhapus. Untuk memastikannya, silahkan kalian masuk ke pencarian dan klik disana untuk mencoba mencari. Apabila tidak ada yang muncul saat kalian mengetikkan beberapa huruf atau kata, berart kalian sukses menghapus riwayat pencarian dari profil kalian.

Namun terkadang cara ini tidak ampuh untuk menghapus riwayat pencarian instagram. Bahkan terkadang ada akun instagram yang sangat tidak kita inginkan justru muncul di pencarian ini. sehingga dibutuhkan cara yang lebih ampuh dalam menghapus riwayat pencarian instagram.

B. Cara menghapus riwayat pencarian Instagram yang bandel

Sayangnya walaupun sudah dihapus, terkadang ada saja beberapa akun yang masih nangkring di halaman pencarian. Bahkan, akun yang tertinggal ini disebut sebagai akun yang palings sering dicari. Sayangnya Instagram tidak benar benar akurat dalam menyajikan datanya. Sehingga kadang kadang akun yang ditampilkan tidak kita harapan.

Lalu bagaimana menghapus daftar pencarian akun yang tidak bisa ikut terhapus ini? Yaps, yuk deh langsung aja kita ikuti langkah-langkah agar riwayat pencarian kita terhapus termasuk yang bandel.

1. Buka aplikasi Instagram

Buka aplikasi Instagram kalian yang disimbolkan dengan kotak seperti kamera yang berwarna ungu dan sedikit warna kuning. Kalian pasti sudah tahu itu hehe.

2. Masuk ke akun instagram yang diinginkan

Log in atau masuk ke akun kalian dengan cara memasukkan user name dan kata sandi kalian kemudian klik Log in. Jika kamu memiliki beberapa akun, pilih salah satu dulu karena masing masing akun harus dihapus secara terpisah.

3. Masuk ke halaman pencarian

Kemudian masuk ke halaman pencarian, karena kita akan menghapus masing masing akun yang muncul di halaman pencarian Instagram.

4. Klik kolom pencarian

Kemudian klik bagian kolom pencarian yang biasanya digunakan untuk mengetikkan nama akun orang. Di sinilah kemudian nanti akan muncul daftar akun instagram yang direkomendasikan untuk kamu buka profilnya. Meskipun akun tersebut sebenarnya tidak kamu harapkan untuk muncul.

5. Pilih dan Klik akun yang ingin di hapus dari daftar

Pilih salah satu akun instagram yang ingin kamu hapus dari daftar. Klik beberapa saat hingga muncul pop up yang berisi tindakan apa yang akan dilakukan.

6. Pilih sembunyikan

Di antara pilihan disembunyikan dan batalkan, tentu saja kamu harus klik sembunyikan.

7. selesai

Yaps hanya begitu saja cara menghapus riwayat pencarian yang bandel dan tidak mau hilang meski sudah dihapus.

Sangat mudah kan penjelasan di atas? Selamat mencoba guys! Semoga langsung berhasil terhapus semua pada langkah pertama ya agar tidak perlu menggunakan cara kedua. Namun tentu saja yang namanya metode selalu memiliki kelemahan.

Baca juga: fitur keren Instagram dalam masa uji coba

Kelemahan dari cara ini adalah sampai saat ini akun belum menemukan cara untuk mengembalikan data akun yang sudah disembunyikan tadi. Selain itu, ketika satu akun dihapus maka nanti yang akan disarankan oleh instagram akan berbeda akun sehingga tetap saja ada akun yang lain yang muncul. Tapi selama daftar pencarian bukan hal yang tidak kamu inginkan tentu saja bukan masalah bukan?

Sekain dulu penjelasan cara hapus riwayat instagram ini. Semoga bermafaat ya ^.^

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar