Cara Mengirim Gambar Lewat WhatsApp tanpa Mengurangi Kualitas Gambarnya

Jaman sekarang, pasti banyak orang yang suka foto apalagi selfie. Ya kan? Apalagi untuk mereka yang biasa dijuluki sosialita, pasti kumpul dikit cekrek, ada acara apa cekrek, lagi makan apa cekrek, lagi dimana cekrek, dan cekrek-cekrek lainnya.

Nah, dari hasil foto foto yang banyak tadi, pasti foto yang tersimpan di galeri juga menumpuk banyak dan seringkali kita foto tidak menggunakan HP pribadi atau kadang pinjem punya temen. Terutama ketika sedang kumpul dengan temen temen. Agar kita juga memiliki foto itu, tentu saja harus dikirim dong?

Sebenernya ada beberapa aplikasi yang bisa buat berkirim foto agar kualitas gambarnya tetep sama bagusnya dengan yang asli seperti Bluetooth, Email, Dropbox, Google Photo dan lain sebagainya. Namun ada aplikasi yang lebih mudah dan sekarang banyak digunakan yaitu salah satu aplikasi Messaging: WhatsApp. Sekarang ini, sebagaian besar orang pasti memiliki aplikasi WhatsApp karena kemudahan dan iritnya penggunaan data aplikasi ini untuk sekadar bertanya kabar kepada sahabat maupun keluarga.

Kelebihan Mengirim Gambar Lewat Whatsapp

Apikasi WhatsApp semakin lama semakin bertambah fungsinya. Yang dulunya hanya merupakan aplikasi Messaging biasa layaknya SMS. Namun sekarang sudah mempunyai banyak fitur lain yang memudahkan pengguna WhatsApp untuk mengirin hal lain. Misalnya adalah untuk mengirim dokumen yang biasanya banyak digunakan oleh mahasiswa untuk mengirim materi kuliah, foto, audio atau suara, lokasi dan nomor kontak HP yang kita punya.

Mengirim file lewat WhatsApp selain lebih mudah juga memiliki keunggulan lain yaitu ukuran yang dapat dikirim lebih besar daripada mengirim lewat Email. Untuk pengguna Andrpid, kapasitas file maksimal yang dapat dikirim yaitu 100 MB sedangkan untuk pengguna iOS yaitu 128 MB. Bandingkan dengan kapasitas maksimal yang dirikan Email hanya 25 MB kalau tanpa Drive.

Baca juga: Tips dan trik Whatsapp yang mungkin belum kamu tau

Selain itu, mengirim gambar melalui Bluetooth akan membutuhkan waktu yang lebh lama sehingga harus bersabar dan kedua pengguna Bluetooth harus berdekatan agar Bluetooth dapat terdeteksi. Kalau mengirim gambar lewat Email akan sedikit ribet karena tidak semua orang memiki email dan koneksi internet yang dimiliki pun harus kuat agar gambar dapat terkirim.

Langkah mengirim Gambar di Whatsapp tanpa pecah

Nah, untuk beberapa orang pasti tahunya bahwa mengirim gambar lewat WhatsApp akan mengurangi kualitasnya atau yang sering kita sebut bahwa gambarnya akan pecah. Hal itu karena dilakukan dengan mengirim gambar melalui galeri. Sebenarnya bisa kok mengirim gambar melalui Whatsapp biar kualitasnya tetep bagus. Gimana caranya? Check this out yuuuk

1. Buka aplikasi Whatsapp

Ketika membaca artikel ini kamu pasti sudah punya aplikas Whatsapp ya. Nah buka aplikasi WhatsApp kalian, yang simbolnya gagang telfon putih dan dikelilingi lingkaran hijau ya.

2. Pilih kontak yang ingin kalian kirimi gambar

Pilih orang yang akan kalian kirimi gambar. Coba satu orang dulu ya.

3. Klik logo lampiran

Logo lampiran seperti akan melampirkan file biasa. Lebih tepatnya kalian pilih di samping kanan kotak text yang bersimbol seperti peniti, sebelum gambar speaker. Disana nanti akan muncul 6 pilihan yaitu Dokumen, Kamera, Galeri, Audio, Lokasi dan Kontak.

Disini nih yang biasanya pada salah. Banyak orang yang akan memilih Galeri untuk mengirim gambar, namun nanti seperti yang ditakutkan, kualitas gambar yang diterima akan menurun karena secara langsung akan terkompres oleh WhatsApp. Agar hal tersebut tidak terjadi, kalian harus memilih Dokumen.

3 Klik ‘Dokumen’

Agar gambar yang kalian kirim tidak terkompress atau menjadi kecil, pilih ‘Dokumen’. Meskipun biasanya ini digunakan untuk mengirim file dokumen seperti word, excell, pdf dll, kita bisa gunakan untuk mengirim gambar juga.

Setelah kalian pilih Dokumen, akan muncul beberapa file yang biasanya baru saja dibuat atau baru saja masuk ke dalam HP kita. Apabila disana tidak ada gambar yang ingin kita kirimkan, maka plih 3 garis sejajar yang berada di pojok kiri atas.

4. Klik tiga garis sejajar di pojok kiri atas

Karena yang muncul adalah dokumen yang merupakan file excell, word, pdf dan lain sebagainya, klik tiga garis sejajar di pojok kiri atas. Ini dilakukan untuk mencari file gambar.

5. Klik tiga garis sejajar di pojok kiri atas

Kalau di HP saya, munculnya file dari unduhan, jadinya kita cari lagi yang lebih spesifik filenya.

6. Klik ‘Picture’ atau ‘Gambar’

Kemudian klik Picture atau Gambar untuk masuk ke galeri.

7. Pilih Gambar yang diinginkan

Pilih gambar mana saja yang ingin kalian kirim ke teman kalian.

8. Klik kirim

Klik Kirim untuk mengonfirmasi pengiriman file gambar

9. Selesai

Selesai dan nanti, gambar yang kalian kirim ke teman kalian akan berupa dokumen yang kualitasnya tidak akan dikompres,  sehingga akan sama bagusnya dengan kualitas gambar yang asli.

Nah sekian tadi langkah langkah cara mengirim gambar lewat Whatsapp agar tidak pecah atau terkompress. Sangat mudah dan cepat kan? Sekarang kalian bisa mengirim foto dari HP teman tanpa lama dan tanpa ribet serta tanpa ada batasan ukuran untuk pengiriman gambar.

Baca juga: Cara install dan gunakan Whatsapp di pc atau Laptop

Oh ya, kemudahan lain mengirim dokumen atau file apapun termasuk gambar melalui WhatsApp juga mempunyai kelebihan lain yaitu penggunanya tidak perlu bertatap muka atau HP didekatkan. Bayangkan kalau kalian mengirim file menggunakan bluetooth yang maksimal jaraknya hanya 10 meter saja. Jadi mau kapanpun dan dimanapun, kalian bisa mengirimnya asalkan kalian punya kuota, dan bagi si penerima file untuk mendownload juga harus punya kuota dong ya. Langsung dicoba saja . Semoga bermanfaat .

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar