Cara login Yahoo! Mail tanpa password dengan fitur “Kunci Akun”

Yahoo! Mail merupakan salah satu provider Email yang cukup terkenal. Pengguna Yahoo sangat banyak meskipun, sekarang terdapat beberapa provider lain, seperti Outlook dan Gmail. Pengguna Yahoo! Mail masih banyak yang tetap setia untuk menggunakannya dan tidak beralih ke Google. Hal ini mungkin karena email tersebut sudah lama digunakan dan banyak file penting di sana.

Untuk menggunakan Yahoo! Mail, tentu saja perlu membuat akun. Setiap akun selalu perlu menggunakan password agar bisa masuk ke email. Password berfungsi sebagai pengaman, sehingga hanya kita saja yang bisa masuk ke Yahoo! Mail. Namun sayangnya penggunaan password ini terkadang menyusahkan penggunanya.

Lupa password Yahoo! Mail, password diketahui orang lain, maupun Yahoo! Mail di hack merupakan scontoh permasalahan yang sering dihadapi pengguna. Selain pengguna email yang lupa password, keamanan akun yang rendah jika hanya menggunakan password tentu saja membahayakan akun. Padahal Yahoo sudah memberikan saran untuk membuat password yang kuat, tetapi hacker tetap saja lebih pintar.

Oleh karena itu, Yahoo! Mail memberikan beberapa solusi untuk mengamankan akun Yahoo! Mail. Sebelumnya pernah dibahas mengenai mengamankan akun dengan verifikasi dua langkah dan mengamankan akun dengan alamat email pemulihan. Selain kedua cara itu, masih ada satu cara lagi yaitu menggunakan fitur Kunci Akun. Kunci akun bukan hanya mengamankan akun Yahoo, tetapi juga mempermudah untuk masuk akun Yahoo! Mail.

Kelebihan kekurangan dan cara login Yahoo! Mail tanpa password

Kunci Akun Yahoo login tanpa password

Kelebihan dan kekurangan kunci akun Yahoo

Fitur kunci akun memiliki fungsi utama untuk masuk ke akun Yahoo! Mail tanpa password. Hal ini tentu saja memudahkan pengguna yang sering kali lupa password maupun tidak suka dengan ribetnya memasukkan kata sandi. Namun meskipun memiliki beberapa kelebihan, tentu saja tidak bisa lepas dari kekurangan. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan Kunci Akun Yahoo! Mail untuk login tanpa password.

Kelebihan Kunci Akun Yahoo

  • Keamanan akun tinggi

Kunci Akun Yahoo! Mail merupakan integrasi antara akun Yahoo! dengan aplikasi Yahoo! di smartphone. Oleh karena itu, hanya kamu yang memiliki akses ke smartphone yang bisa login ke akun. Ketika masuk ke akun Yahoo pada browser apa pun dan dimana pun kamu tidak memerlukan password, tetapi perlu mengonfirmasi pada smartphone. Sehingga hacker tidak akan pernah bisa masuk ke akun kamu kecuali juga punya akses pada smartphone kamu.

  • Tidak perlu mengingat password

Bagi kamu yang memiliki banyak akun dengan password berbeda beda, maka dengan fitur ini kamu tak perlu lagi mengingat password. Password email memang sebaiknya dibuat rumit agar tidak bisa ditebak oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab. Namun password yang rumit bisa jadi membuatmu kesulitan juga untuk masuk. Jadi, manfaatkan fitur ini agar bisa login tanpa mengingat password.

  • Login mudah

Penggunaan kunci akun bisa dibilang memudahkan untuk login. Kamu hanya perlu mengonfirmasi notifikasi yang ada pada smartphone kemudian memasukkan empat digit kode rahasia, kamu sudah bisa masuk ke akun.

Kekurangan Kunci Akun Yahoo

  • Harus memasang aplikasi di HP

Kunci Akun hanya bisa diaktifkan menggunakan aplikasi Yahoo! yang terpasang pada smartphone. Fitur tidak bisa diaktifkan menggunakan browser karena pada intinya memang fitur ini adalah membuka akun Yahoo dengan aplikasi sebagai kuncinya. Jika kamu tidak suka memasang banyak aplikasi di HP, mungkin menambah satu aplikasi ini cukup mengganggu.

  • Login harus bersanding dengan smartphone

Hampir sama dengan verifikasi dua langkah Yahoo! Mail, kamu harus selalu memiliki akses ke smartphone ketika akan login. Sehingga jika kamu tidak memiliki akses ke smartphone yang digunakan sebagai kunci, kamu tidak akan bisa masuk ke akun.

  • Tidak bisa mengaktifkan verifikasi dua langkah

Jika kamu mengaktifkan verifikasi dua langkah, pada saat memasang Kunci Akun maka akan dikonfirmasi bahwa verifikasi dua langkah harus dimatikan. Sebenarnya verifikasi dua langkah dan Kunci Akun memiliki fungsi yang hampir sama. Letak perbedaannya adalah dengan verifikasi dua langkah harus memasukkan password dan kode, sedangkan Kunci Akun hanya perlu memasukkan kode saja.

Nah itu tadi beberapa kelebihan dan kekurangan memasang Kunci Akun Yahoo! Mail. Meskipun memiliki beberapa kekurangan, tetapi fitur ini tetap baik untuk digunakan. Terutama bagi kamu yang merasa akun Yahoo! Mail menjadi akun yang sangat penting.

Cara Memasang kunci akun agar bisa login tanpa password

Setelah mengetahui kelebihan dan kekurangannya kamu bisa mempertimbangkan kembali untuk menggunakan fitur ini atau tidak. Jika kamu sudah memutuskan untuk menggunakannya, ikuti langkah-langkahnya dengan mudah di bawah ini.

  • Install aplikasi Yahoo mail di smartphone

Langkah pertama yang perlu di lakukan adalah dengan menginstall aplikasi Yahoo di smartphone kamu. Kali ini aku menggunakan smartphone Android, sehingga aku download aplikasi dari Google Play Store. Cukup ketikkan Yahoo maka akan ada banyak pilihan, dan gunakan yang resmi saja dari Yahoo.

  • Login ke akun yahoo

Setelah proses instalasi selesai, kamu login terlebih dahulu ke akun Yahoo pada aplikasi. Masukkan alamat email dan password untuk masuk.

  • Klik tiga garis sejajar di pojok kiri atas

Klik tiga garis sejajar

Setelah berhasil masuk maka yang muncul adalah tampilan pada inbox email. Kemudian untuk mengaktifkan kunci akun, klik menu yang berupa tiga garis sejajar pada pojok kiri atas.

  • Klik tanda kunci

Klik ikon kunci

Di sebelah kanan akun kamu akan muncul tanda kunci yang dikelilingi lingkaran, klik ikon ini. Jika kamu login beberapa akun Yahoo maka kamu hanya perlu memilih salah satu saja dulu. Kamu bisa mengatur yang lainnya setelah salah satu selesai.

  • Klik atur kunci akun

Pada tampilan selanjutnya klik tulisan ‘Atur Kunci Akun’.

  • Coba contoh kunci akun

pilih salah satu untuk mencoba

Sebelum kamu mengaktifkan Kunci Akun, maka Yahoo akan memberi kamu contoh tampilan ketika kamu login Yahoo! Mail nantinya. Tampilan yang merah adalah jika yang login bukan kamu dan kamu tidak ingin orang lain masuk. Sedangkan ikon hijau adalah untuk mengonfirmasi jika kamu ingin login. Coba klik salah satu.

  • Klik Paham

Setelah kamu memahami cara kerjanya, cukup klik ‘Paham’.

  • Klik ‘lanjutkan dengan kunci account’

Setelah kamu yakin untuk memasang Kunci Akun, klik ‘Lanjutkan dengan Kunci Account’ untuk mengaktifkan.

  • Aktifkan kunci akun atau ganti nomor

Yahoo! akan mengonfirmasi kembali nomor HP yang kamu gunakan untuk mengaktifkan Kunci Akun. Nomor HP yang ditampilkan adalah nomor yang kamu masukkan pada akun Yahoo! kamu. Jika kamu ingin menggantinya kamu bisa klik ‘Ganti Nomor’.

  • Klik ‘Bagus, saya mengerti!’

Jika kamu sudah mengaktifkan maka Yahoo! akan mengonfirmasi sekali lagi. Cukup klik ‘Bagus, saya mengerti!’ saja.

  • Selesai

Selesai! Selamat kamu telah berhasil mengaktifkan fitur Kunci Akun Yahoo! yang berfungsi untuk login email tanpa perlu password.

  • Sekarang, coba Login di browser

Sekarang kita coba untuk login Yahoo! Mail melalui browser. Seperti biasa, masuk saja ke Yahoo.com lalu login. Setelah memasukkan alamat email, maka kamu tidak diminta password tetapi kode yang masuk ke aplikasi.

  • Klik Ya

Klik Ya

Coba buka HP kamu, maka akan ada notifikasi ada yang akan masuk ke akun kamu. Saat ini yang masuk adalah kamu, klik saja yang hijau atau ‘Ya’. Maka kamu akan diberikan kode untuk masuk ke akun email.

  • Jika tidak ada notifikasi, minta kode via SMS

Kode melalui SMS

Jika kamu tidak mendapatkan notifikasi, maka kembali ke browser untuk meminta kode melalui teks. Kemudian buka sms yang masuk dari Yahoo! berupa sms kode.

  • Masukan kode kunci

Kode melalui aplikasi

Setelah mendapatkan kode, masukkan pada browser. Maka kamu sudah langsung masuk ke akun email tanpa menggunakan password.

Sekian tadi kelebihan dan kekurangan menggunakan Kunci Akun Yahoo serta cara masuk akun email tanpa menggunakan password. Langkah langkahnya mudah untuk dilakukan dan memiliki arti yang sangat penting untuk akun kamu.

Meskipun memiliki beberapa kekurangan, tetapi bukan berarti fitur ini merugikan, justru memiliki keuntungan yang banyak. Kamu hanya perlu memiliki akses ke HP saja untuk masuk. Lalu bagaimana jika tidak ada akses ke HP? Apakah sama sekali tidak bisa masuk? Tenang, kamu masih tetap bisa masuk menggunakan alamat email pemulihan. Tentu saja jika kamu memasukkan alamat email pemulihan.

Sehingga dengan menggunakan fitur ini, aku kamu tetap bisa diakses kapanpun dan dimanapun tanpa perlu password. Bahkan jika sedang tidak akses ke HP pun tetap bisa masuk sehingga tidak perlu khawatir.

Sekian dulu pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat ^.^

Advertisements
Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *