Cara melaporkan video “yang kurang pantas” di Youtube Kids

Aplikasi youtube kids disediakan untuk anak-anak, agar anak kita bisa dapat tontonan yang sesuai dengan usia mereka. Karena kalau di aplikasi youtube biasa, ada banyak sekali video yang memang “tidak layak” untuk dikonsumsi oleh anak-anak.

Hadirnya youtube kids dapat membuat orang tua sedikit lebih tenang, setidaknya video-video yang disuguhkan disana sudah difilter dan direview oleh banyak orang tua lainnya dari berbagai belahan dunia. Meskipun ini tidak benar-benar membuat kita bisa lepas tangan seratus persen, mengingat budaya indonesia yang tidak sama dengan budaya luar.

Jadi kontrol tetap harus dilakukan, walaupun mungkin tidak setiap saat.

Yang jauh lebih baik adalah, setiap orang tua harus mengawasi anak saat menonton video. Selain bisa melihat minat dan ketertarikan mereka, kita juga bisa mengkoreksi dan mengajari mereka langsung saat mereka menonton. Kita juga bisa sekalian melihat video-video apa saja yang tersedia untuk mereka, dan memastikan bahwa tidak ada video yang kurang pantas yang jadi tontonan mereka.

Jika kebetulan menemukan hal seperti ini, kita bisa ikut bantu youtube dengan melaporkan video agar video seperti tadi tidak dimasukkan ke youtube kids.

Laporkan video “yang tidak sesuai” untuk anak agar tidak tampil di Youtube Kids

Saya yakin tidak semua semua orang tua tahu bahwa diaplikasi youtube kids juga disediakan fitur untuk melaporkan sebuah video. Maka dari itu saya akan mengajarkan tentang hal ini, silahkan disimak dibawah ini.

1, Buka aplikasi youtube kids di smartphone kalian masing-masing. Lalu kalian bisa cari video mana yang menurut kalian kurang pantas dan perlu dilaporkan. Misalkan saja video yang ini.

putar videonya

2. Setelah videonya kalian putar, maka videonya akan tampil dengan layar penuh. Tap atau klik dimana saja dibagian layar untuk memunculkan menu.

klik dilayar video agar muncul menu baru

3. Setelah itu akan muncul beberapa opsi disitu. Lalu kalian tap “titik tiga” yang ada di pojok kanan atas untuk melaporkan videonya.

klik titik tiga di pojok video

4. Setelah kalian tap “titik tiga” tadi maka akan muncul tiga opsi pilihan. Kalian pilih saja opsi “Laporkan”.

klik laporkan

5. Setelah kalian klik laporkan maka akan muncul halaman kecil seperti gambar di bawah. Kalian bisa pilih yang mana. Disini saya pilih visual yang tidak pantas.

pilih visual yang tidak pantas

6. Setelah kalian centang laporan “visual yang tidak pantas” maka akan muncul halaman konfirmasi terima kasih telah melaporkan video.

muncul pemberitahuan bahwa kalian melaporkan video

7. Sampai disini proses pelaporan sudah selesai.

Dengan melaporkan video tadi, video akan direview ulang oleh tim youtube dan akan dipertimbang untuk tidak dimunculkan lagi. Tapi kita perlu realistis disini, dari segi nilai dan norma baik norma sosial dan agama, akan berbeda antara orang indonesia dan luar. Jadi video yang menurut kita “kurang sesuai” untuk anak, bisa saja biasa dan wajar diluar sana.

Fitur ini sebenarnya lebih kekontribusi kita sebagai pengguna dan orang tua dalam menjaga anak kita serta anak-anak lainnya diseluruh dunia (yang diberi aplikasi ini) dari tontonan yang tidak sesuai.

Jika ingin video tadi benar-benar tidak muncul di aplikasi youtube kids tsbt, ada baiknya setelah langkah 7 tadi di lanjutkan dengan “memblokir” videonya.


Saya rasa sudah cukup jelas tutorial yang saya berikan kali ini, jika dirasa bermanfaat, kalian bisa share ke teman atau keluarga kalian yang punya anak kecil. Sekian dan terima kasih.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan