Cara mudah membuat laman facebook Fanspage (untuk pemula)

Kamu tentu sudah sering menemukan dan pastinya mengetahui keberadaan fans page artis di facebook. Salah satu manfaat facebook memang adalah untuk memfasilitasi media komunikasi antara artis dan fans yang mengaguminya.

Media komunikasi antara artis dan fans sangatlah penting keberadaannya. Selain sebagai upaya mempererat dan menjaga hubungan baik dengan fans, fanspage facebook dapat dimanfaatkan juga untuk mempromosikan kegiatan artis tersebut setiap harinya.

Fans page berbeda dengan profile biasa. Profile facebook bisa digunakan untuk berteman. Sedangkan fan page tidak ada fitur untuk berteman, fans page hanya ada fitur “ikuti” atau “follow”. Selain itu fans page juga bisa di kelola oleh beberapa orang sekaligus.

Artinya, jika ada 4-5 orang dalam team manajemen artis, mereka bisa di beri akses untuk memanage fans page dengan “memberikan role ke akun facebook mereka”.

Langkah Lengkap Cara Membuat Fanspage di Facebook

1. Pertama, bukalah browser kamu dan masuk ke halaman awal facebook.

Jika sudah, klik tulisan create a page di bagian kanan bawah halaman. Selanjutnya kamu akan masuk ke langkah kedua.


2. Setelah kamu mengklik link tsbt, maka kamu akan masuk ke halaman baru seperti dibawah ini.

Halaman tersebut merupakan halaman di mana kamu harus memilih apakah page tersebut ditujukan untuk kategori artis, bisnis, organisasi, brand produk, komunitas, atau hiburan. Terdapat 6 pilihan yang tersedia untuk kamu pilih

Yudha Note : Fans page itu ga cuma untuk artist atau selebriti loh ya. Fungsi utama fans page adalah ngumpulin orang-orang dengan “kesukaan” yang sama. Ga harus selebriti, kalau kamu suka sama game tertentu atau kamu suka sama komunitas tertentu, kamu bisa buat sendiri fanspage untuk hal tersebut.

Misalnya kamu suka “bersepeda” atau “mendaki gunung”. Tinggal buat fanpage untuk hal tsbt. Lalu posting hal-hal terkait. Nanti kamu akan dapet temen2 baru yang mengikuti fanspage tersebut karna menyukai hal yang sama dengan mu.

3 . Sebelum memilih pastikan kamu telah login dengan menggunakan akun kamu sebelumnya terlebih dahulu.

Dicontoh ini, akun yang digunakan untuk buat fanspage belum login. Jadi jika kamu belum login, maka kamu tidak dapat memilih jenis fanspage yang ingin kamu buat.


Langkah selanjutnya jika sudah login, maka kamu haruslah memilih salah satu kategori yang tersedia dari 6 kategori utama. Dicontoh ini, aku memilih fanspage untuk “Artist, band or public figure”. Kamu bisa sesuaikan sendiri dengan fanspage yang ingin kamu buat.

Setelah memilih salah satu kategori utama, akan muncul pilihan sub-kategori (lebih spesifik) yang bisa kamu pilih. Dicontoh diatas ada pilihan “actor”, “artist”, “author”, “band”, “blogger”, dan bnyak lagi.

4. Setelah memilih salah satu sub-kategori, kamu kemudian juga akan di minta untuk mengisi detail atau data mengenai fanspage tsbt.


Setelah kamu mengisi dengan lengkap semua informasi yang dibutuhkan sebelumnya, maka kamu dapat klik tombol biru bertuliskan “Get Started”.

5. Selesai. Kamu sudah berhasil membuat fb fanspage.

Sampai disini kamu sudah punya fanspage. Biasanya fanspage kamu belum akan tampil di facebook, jika kamu belum menyelasaikan proses tambahan seperti menambahkan foto profil dan cover. Serta menambahkan deskripsi, dll.


Perubahan pertama yang dapat kamu lakukan adalah mengubah foto profil dengan foto dari artis yang dibuatkan fasnpagenya tadi.

Pilihlah foto yang jelas dan menggambarkan fanspage tersebut dengan baik. Kamu dapat mengganti foto profil dengan mengambil gambar dari galeri.


Jika kamu sudah mengganti foto profil, menambahkan cover photo dan deskripsi. Jangan lupa untuk cek laman setting.

Kamu dapat mengatur pengaturan umum seperti keterlacakan halaman, kemungkinan tag dari fans, peraturan pesan dan lain sebagainya.

Kamu juga dapat menambahkan alamat website resmi untuk fanspage tersebut. Selain itu, kamu juga dapat memberikan restriction bagi negara-negara tertentu. Semuanya dapat kamu atur dengan masuk ke tab setting tersebut.

Berikut tadi beberapa langkah mudah untuk membuat fanspage di facebook. Setelah fanspage nya selesai. Kamu bisa mulai posting dan promosi untuk mendapatkan penggemar (fans) pertamamu.

Yudha Note :

Untuk mempercepat mendapatkan fans, salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan iklan di facebook. Ga mahal kok, aku sendiri udah coba untuk iklan di facebook, target ku untuk mendapatkan klik ke web ini, bukan penggemar, jadi sedikit lebih mahal.

Tapi jika targetnya untuk dapetin like dan penggemar, itu lebih murah. Yang terpenting adalah membuat “laman kamu semenarik mungin”. Semakin menarik laman tsbt, biaya iklan akan semakin murah. Ngomongin soal iklan, ga akan selesai dalam satu atau dua paragraph.

Ada banyak situs yang jelasin mengenai iklan difacebook. Aku mungkin ga akan bahas lebih lengkap disini, karna aku jg masih pemula dalam hal ber-iklan di facebook.

Well, segitu aja deh. Jika ada yang ingin ditanyakan, feel free to comment below.

freelancer

freelancer

Hi, aku yudha, admin blog bukugue.com, ini adalah persona yang aku buat khusus untuk posting tulisan yang ditulis oleh freelancer. So, gaya penulisannya berbeda, tapi informasi yang diberikan tetap akurat kok. Have fun reading.

1
Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar
1 Comment threads
0 Thread replies
0 Followers
 
Most reacted comment
Hottest comment thread
Paling baru Paling lama Banyak di vote
Arya Alviansyah
Guest
Arya Alviansyah

Bang mohon bantuannya
Gmn nih saya mau ganti sandi fb, kalo mau ganti kan, harus ada kode yg dikirim ke nomor hp, tapi mungkin nomor hp yg dulu, nah saya lupa nomor hp saya yg dulu, jdi gmn bang? Fb saya diambil org, trus sandi nya diganti, tpi saya bisa si buka fb. Soalnya akun saya kesiapan di fb lite, jdi gmn bang cara gantinya?? mohon bantuan