Cara membuat, mengedit, dan menghapus playlist di youtube

Siapa pembaca Bukugue disini yang sering melakukan streaming Youtube? Ya, kegiatan streaming Youtube memang mengasyikan bagi kebanyakan orang. Konten yang tersedia pun beragam, jadi apapun kegemaranmu, semuanya tersedia di Youtube. Mulai dari berita, film, tutorial, hingga musik, semuanya tersedia di Youtube.

Terkadang saat kamu menyukai video di Youtube, mungkin kamu ingin menontonnya secara berulang. Meskipun Youtube telah didesain untuk memutar video berdasarkan history tontonanmu, akan tetapi terkadang kamu menginginkan untuk menonton video tertentu saja. Misalnya saja MV (Music Video) band atau penyanyi favoritmu.

Akan tetapi, sangat merepotkan apabila kamu harus mencarinya satu per satu setiap video selesai diputar bukan? Nah, sebagai solusi dari masalah ini, Youtube telah menyediakan fitur playlist.

Tapi bagaimana ya cara membuat playlist di Youtube? Lalu bagaimana kita mengatur settingan pada playlist? Kemudian bagaimana caranya menghapus playlist video Youtube yang pernah kita buat. Dalam tulisan ini, Bukugue dot com akan mengupas tuntas pertanyaan-pertanyaan tadi.

Langsung saja, simak yuk informasi berikut ini.

A. Cara membuat playlist di Youtube

Membuat playlist pada Youtube tidaklah sulit. Kali ini Bukugue dot com akan menjelaskan bagaimana cara  membuat playlist pada aplikasi Youtube di ponsel kamu. Untuk membuat playlist video Youtube baru, kamu dapat mengikuti langkah berikut.

1. Cari video yang akan kamu masukkan ke dalam playlist. Disini kami akan mencoba untuk mencari MV dari penyanyi Ed Sheeran.

tap icon titik tiga

2. Kamu tidak diharuskan menonton videonya terlebih dahulu untuk membuat playlist. Untuk menambahkan video ke playlist baru, kamu hanya cukup menekan icon titik tiga seperti berikut. Kemudian setelah muncul pilihan seperti ini, tap save to playlist.

tap save to playlist

3. Selanjutnya, silahkan tap new playlist untuk membuat playlist baru.

tap new playlist

4. Berikan nama playlist video yang akan kamu buat. Setelah itu, kamu dapat mengatur privasi playlist yang kamu buat. Apakah bersifat publik, unlisted (semua yang mempunyai link-nya dapat melihat), atau private (hanya kamu yang dapat melihat).

berikan nama playlist, setelah itu atur privasi dan tap create

Secara default, playlist akan di-set menjadi public playlist. Sehingga jika kamu hanya menginginkan playlist untuk dirimu sendiri, kamu dapat memilih untuk mengubah privasinya. Namun disini kami akan membiarkan settingan privasinya tetap menjadi public playlist. Setelah itu, tap create.

tap see list
tap see list

Dan kini, playlist video Youtube telah selesai dibuat. Kamu dapat langsung melihatnya dengan menekan see list. Atau jika tidak, kamu juga dapat membukanya melalui menu library.

Oh iya, selain cara ini, sebenarnya kamu juga masih bisa membuat playlist-nya terlebih dahulu. Caranya pun tidak kalah mudah. Kamu hanya cukup membuka menu library, setelah itu tap new playlist. Kemudian atur nama dan privasi playlist seperti cara tadi, dan tap create.

B. Cara menambahkan video ke playlist

Selain dapat membuat playlist baru, kamu juga dapat memasukkan video ke playlist yang pernah kamu buat sebelumnya. Untuk menambahkan lagu ke dalam playlist Youtube, caranya pun juga cukup mudah. Kamu dapat melihat pada langkah berikut ini.

1. Silahkan cari video yang akan kamu tambahkan ke dalam playlist. Setelah itu, tap icon titik tiga seperti berikut. Dan setelah itu tap save to playlist.

2. Youtube akan menampilkan playlist-playlist yang pernah kamu buat. Centang playlist yang ingin kamu tambahkan video di dalamnya. Setelah itu tap done.

tap playlist yang ingin kamu tambahkan video ke dalamnya
tap playlist yang ingin kamu tambahkan video ke dalamnya

Selesai deh. Kini video tadi berhasil ditambahkan ke dalam playlist yotube.

C. Cara mengedit settingan playlist

Kamu dapat men-shuffle (memutar video secara acak), mendownload video, sharing atau membagikan video, hingga mengedit playlist video Youtube-mu. Untuk lebih jelasnya, caranya akan dijelaskan pada langkah berikut.

Kamu perlu membuka playlist terlebih dahulu. Nanti akan kelihatan tampilan seperti dibawah ini.

untuk mengedit playlist, dapat dilakukan dengan menekan icon-icon di dalamnya
  • Untuk mengatur agar video pada playlist dapat diputar secara acak, kamu dapat menekan icon shuffle (ikon pertama di gambar diatas).
  • Untuk mengunduh video agar dapat ditonton secara offline, kamu dapat menekan icon download pada layar. Dengan cara ini, kamu dapat mengunduh video dalam playlist dengan cara yang praktis.
  • Untuk membagikan playlist, kamu dapat menekan icon share. Kemudian bagikan playlist kepada temanmu. Kamu dapat membagikan playlist melalui Whatsapp, Bluetooth, e-mail, DM instagram, dan masih banyak lagi. Oh iya, untuk membagikannya, pastikan agar privasi playlist diubah menjadi public atau unlisted.
  • Ikon terakhir (ikon pensil) adalah ikon untuk mengedit settingan playlist

Jika kamu ingin mengubah status privasi pada playlist yang kamu buat, silahkan tekan icon edit (ikon pensil). Akan muncul tampilan edit playlist seperti dibawah ini.

atur privasi playlist dan tap icon panah untuk melanjutkan

Setelah itu atur settingan pada playlist Youtube kamu. Apakah kamu akan mengubah playlist menjadi public playlist, unlisted, atau private. Kalau kamu membuat playlist untuk konsumsi publik, jangan lupa untuk memberikan deskripsi dan nama yang sesuai untuk playlist tersebut. Untuk menyimpan tap icon panah.

D. Cara menghapus playlist Youtube

Mulai bosan dengan playlist yang kamu buat dan ingin menghapusnya agar tidak memenuhi aplikasi? Jika kamu berniat ingin menghapus playlist di Youtube  kamu, silahkan ikuti langkah-langkah sebagai berikut.

  1. Buka menu library pada aplikasi Youtube di ponselmu. Setelah itu, buka playlist yang ingin kamu hapus.
buka playlist
buka playlist

2. Pada icon titik tiga di ujung kanan atas layar, tap icon tersebut. Lalu pilih delete playlist untuk menghapusnya.

tap delete playlist
tap delete playlist

3. Setelah itu akan muncul dialog box seperti gambar berikut. Tap OK untuk meneruskan proses penghapusan playlist Youtube.

tap OK untuk melanjutkan penghapusan playlist

Dan playlist kamu berhasil di hapus. Horee.. 😀


Demikianlah itu tadi informasi mengenai bagaimana cara membuat playlist di Youtube dan bagaimana cara mengedit playlist serta menghapus playlist yang sudah tidak diperlukan lagi. Semoga dengan adanya informasi ini dapat bermanfaat terutama untuk pengguna aktif Youtube. Tetap ikuti Bukugue dot com untuk informasi terupdate seputar media sosial.

Share woy :D

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan