Cara Mudah Membuat Status Polling (Jajak Pendapat) di Facebook

Dalam hidup ini terkadang kita dihadapkan pada sebuah pilihan. Ketika dihadapkan sebuah pilihan seringkali kita akan bingung untuk memilih. Contoh simpelnya adalah ketika kita sedang belanja bingung untuk memilih barang mana yang bagus. Memilih suatu pilihan nyatanya bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang.

Memilih sesuatu itu membutuhkan sebuah pertimbangan agar keputusan yang kita pilih adalah hal yang terbaik bukan hal yang terburuk. Pada beberapa kesempatan ada waktunya kita harus mendengarkan pendapat orang lain, bisa teman bahkan orang tua.

Hal ini dikarenakan orang lain yang biasanya dapat menilai mana yang baik dan buruk untuk kita secara lebih objektif. Selain meminta penilaian kepada orang lain secara langsung,  tentunya kita juga dapat meminta bantuan kepada orang lain di dunia maya, salah satu nya bisa melalui facebook.

Facebook sendiri ternyata mempunyai segudang manfaat bila kita detil dan cermat untuk mengetahui. Salah satu fitur facebook ini di sebut dengan fitur jejak pendapat (polling). Kamu bisa meminta bantuan kepada teman facebook agar memberikan solusi pada  suatu permasalah. Hal ini dikarenakan dari sekian ribu teman di akun facebook, sebagian dari teman facebook tersebut mungkin pernah mempunyai pengalaman yang dapat memberikan solusi masalah tsbt.

Polling atau jajak pendapat bisa digunakan untuk banyak hal, khususnya untuk orang-orang yang sedang mengadakan sebuah penelitian. Ketika kita di sekolah dulu biasanya kita diwajibkan untuk melakukan sebuah survei agar mendapatkan hasil yang akurat. Untuk melakukan survei sendiri tidaklah mudah karena membutuhkan banyak orang untuk melakukan survei tersebut. Sama halnya apabila kita berniat untuk membuat survei di facebook pastinya hal ini tidak mudah karena tidak semua orang akan membantu kita.

Salah satu cara agar survei kita diikuti oleh banyak orang dan tertarget maka kita harus bergerilya di berbagai grup facebook yang sesuai dengan topik survei.

Contohnya saja, bila topik survei tentang dunia travelling maka kita harus mencari sebuah grup travelling. Sama halnya bila topik survei mengenai pendidikan maka kita juga harus menyebarkan survei di grup pendidikan bukan di grup lainnya seperti grup travel atau grup kecantikan.

Bila target topik sesuai maka hasil survei pun juga akan semakin akurat dan kita tidak perlu mengeluarkan waktu yang banyak ataupun mengulang polling kembali.

Sekarang ini, kita sendiri sudah bisa membuat survei di facebook baik itu di wall facebook kita sendiri ataupun di grup facebook.

Untuk survei di wall facebook sendiri hanya boleh membuat polling dengan dua pilihan, sedangkan bila kita membuat survei di grup facebook kamu dapat membuat pilihan lebih dari dua.Untuk membuat polling/survei di wall atau grup facebook dapat kamu lakukan dengan mudah dengan cara berikut ini.

Langkah-langkah Membuat Status Polling (Jajak Pendapat) di Linimasa Facebook

Langkah pertama yang wajib banget dilakukan oleh kamu adalah melakukan login akun facebook terlebih dahulu. Setelah itu kamu dapat membuat status survei baik di wall facebook atau grup facebook dengan cara berikut ini.

  • Apabila kamu sudah berada di profil facebook maka kamu hanya perlu mengklik titik tiga.

  • Ketika titik tiga diklik maka akan muncul berbagai jenis pilihan untuk dijadikan status facebook tetapi dalam hal ini kamu hanya perlu memilih Jajak Pendapat.

  • Setelah itu buat pertanyaan, kemudian kamu dapat menambahkan gambar animasi. Untuk polling sendiri, kamu juga dapat mengatur waktunya seperti 1 minggu. Lalu tentukan jenis privasi apakah polling hanya ditunjukkan untuk teman facebook atau bisa untuk publik. Terakhir klik Kirim.

  • Hasil survei sudah jadi yang mana survei tersebut menjadi status facebook kita.

Langkah-langkah Membuat Status Polling (Jajak Pendapat) di Grup Facebook

  • Pertama-tama kamu harus masuk ke salah satu grup yang telah kamu ikuti sebelumnya. Kemudian klik Mulai Diskusi.

  • Setelah itu kamu harus mengklik Jajak Pendapat.

  • Hal yang harus kamu lakukan adalah membuat pertanyaan untuk survei, lalu masukkan gambar dan klik Kirim.

  • Survei yang kita buat sudah jadi dan akan tampak seperti di atas.

Seperti yang kita ketahui survei di wall facebook dengan di grup facebook memiliki perbedaan yaitu terletak pada pilihannya. Bila survei di wall facebook hanya disediakan dua pilihan sedangkan di grup sendiri kita bisa menentukan pilihan survei lebih dari dua. Hal ini bisa terlihat jelas bahwa survei di grup bisa lebih leluasa dibandingkan di wall facebook kita sendiri.

Selain survei dilakukan secara manual ternyata survei juga dapat dilakukan secara online yang mana survei tersebut dijadikan sebagai status pada facebook. Bahkan hasilnya pun bisa terlihat secara cepat. Sebuah survei sendiri nyatanya tidak semua dapat dilakukan secara online bila topik sangat sulit dan sulit mencari narasumber di dunia maya. Maka dari itulah harus melakukan survei secara langsung kepada narasumber agar hasil survei semakin akurat dan sesuai fakta yang ada. Setelah survei jadi barulah kita melakukan pengolahan data agar mengetahui hasilnya. Kalau disuruh memilih pastinya beberapa orang akan menyukai dengan yang namanya survei secara online karena lebih praktis.

Maka dari itulah tak heran bila sekarang ini bermunculan sebuah perusahaan yang menawarkan jasa survei untuk perusahaan lain bila membutuhkan sebuah data yang diinginkan. Data dari survei sendiri nyatanya sangatlah penting bagi beberapa pihak. Oleh karena itu, jangan heran bila jasa untuk melakukan survei hingga data akhir sangat mahal karena butuh waktu lama dan sangat panjang. Selain itu, melakukan survei juga tidak bisa dilakukan secara sembarangan karena harus mengetahui secara detil mengenai biografi dari orang yang akan disurvei. Hal ini akan berkaitan dengan hasil survei.

Selain survei dilakukan secara tatap muka ataupun survei online, survei juga dapat dilakukan melalui telpon. Biasanya hal ini sering kita temui ketika dalam kehidupan sehari-hari yang mana suatu waktu kita ditelpon oleh orang yang tidak kenal hanya untuk memberikan pendapatnya karena si penelpon sedang melakukan survei kepada kita sebagai pengguna ataupun pemakai. Sebelum menelpon kita pastinya si penelpon sudah mengetahui data kita terlebih dahulu. Ketika mereka sedang menelpon kita pastinya percakapan sudah direkam agar bila terjadi  apa-apa maka rekaman sebagai buktinya. Berbeda halnya bila kita melakukan survei di facebook, survei di facebook sendiri dilakukan secara bebas. Namun bila ingin lebih tertarget maka harus melakukan survei di grup.

Sekian dulu penjelasan dariku mengenai cara untuk membuat status polling di facebook yang mana hasilnya akan sangat berguna bagi kamu pada suatu hari nanti. Bahkan hasil survei pun dapat lebih akurat bila kamu menyebarkan survei di grup yang tepat yang mana sesuai dengan topik. Tetapi kamu harus bersabar karena melakukan survei sendiri tidak bisa dilakukan secara cepat. Bila kamu mempunyai saran, kritik ataupun pertanyaan maka kamu dapat menuliskannya pada kolom komentar di bawah yaaa. Terimakasih.

Topik: Facebook
Annisa :