Cara membuat sticker WhatsApp sendiri dengan foto kamu

WhatsApp kembali melakukan pembaruannya, kali ini dengan memperkenalkan fitur stiker. Bagi kamu yang sudah meng-update whatsApp di androidmu sudah bisa menikmati fitur tersebut, seperti mengunduh atau berkirim stiker untuk mengekspresikan perasaanmu. Namun yang lebih menariknya kamu memiliki kesempatan untuk membuat stiker karya sendiri dengan photo sendiri.

Jika selama ini kamu hanya menggunakan stiker bawaan, membuat stiker sendiri membuat kamu semakin semangat dan nyaman menggunakan aplikasi untuk pengiriman pesan ini. Jadi kamu tidak lagi bosan dengan stiker itu-itu saja yang sama dengan pengguna lain.

Membuat stiker sendiri menjadikan kamu lebih bebas mengekspresikan diri kamu sehingga orang-orang akan lebih mengenal keunikan kamu.

Kamu yang suka koleksi foto-foto lucu binatang kesayangan, tokoh kartun favorit, atau foto keluarga kamu, jangan hanya disimpan di laptop yuk, gunakan sebagai stiker whatsApp kamu dengan cara berikut ini.

(Yudha note: Pastikan bahwa photo yang di pilih bukan photo “memalukan”, misalnya photo pacarmu yang lagi ngupil kaya orang bodo, Ingat, apapun yang dishare ke internet, itu sekali lepas, ga bisa di undo lagi. Misalnya kamu upload sticker konyol kamu, lalu teman yang liat langsung ambil screnshot dan save gambarnya, kedepannya pas kamu sadar dan hapus sticker tersebut, photonya udah nyebar dan udah di save sama yang lain, ga bisa ditarik kembali)

Langkah-Langkah Membuat Stiker WhatsApp dengan photo sendiri

  • Update whatsapp kamu ke versi paling baru

Jangan lupa update whatsApp di androidmu ke terbaru untuk mendukung penggunaan stiker. Setelah update. Tinggalin dulu whatsappnya. Langkah berikutnya adalah menyiapkan photo yang akan di jadikan sticker.

  • Siapkan stiker buatan kamu

Disini kamu harus menyediakan tiga foto untuk membuat sticker karena ini adalah batas minimal untuk buat sticker. Jenis foto terserah kamu, foto kamu sendiri atau dari ambil dari internet. oh ya, disini kami menggunakan foto dari pixabay.com.

  • Download Aplikasi Backgroud Eraser

Untuk membuat stiker kita membutuhkan aplikasi untuk menghapus latar belakang foto, disini kami menggunakan aplikasi background eraser versi 2.5.0. Kamu bisa mendapatkan aplikasi ini di play store.

  • Buka Aplikasi Background Eraser dan Upload Foto

Jika sudah terinstall, langsung saja buka aplikasi tersebut. Selanjutnya klik pada menu Load A Foto dan masukkan foto yang kamu inginkan seperti pada gambar di bawah ini!

Gambar 4. Halaman Depan Background Eraser
Gambar 4. Halaman Depan Background Eraser
  • Crop photo dan klik done

Pada halaman ini kamu sudah berhasil memuat foto yang akan di edit, disini kamu tidak perlu memotong gambar, lanjutkan dengan klik Done untuk di bawa pada langkah selanjutnya.

Gambar 5. Foto Yang Akan Diedit
Gambar 5. Foto Yang Akan Diedit
  • Hapus Backround Foto (ini tahapan paling penting)

Hapus background foto hingga tidak ada yang tersisa, disini kamu bisa menggunakan penghapus secara Manual, Magic atau Auto. Setelah semua latar belakang tertutupi, klik Done.

(Yudha note: Sedikit tips dari admin, untuk mempermudah proses reset, sebaiknya pakai photo dengan background satu warna, nanti untuk hapus background kamu bisa gunain penghapus auto, dan seluruh background akan otomatis hilang. Jadi ga ribet hapus background dengan metode manual.) (Jadi tips pentingnya disini adalah, dandan yang cantik, lalu photo dengan background simple seperti dinding ataupun kain polos, agar saat hapus BG bisa dilakuin dgn satu klik)

Gambar 6. Proses Menghapus Background Foto
Gambar 6. Proses Menghapus Background Foto
  • Simpan Foto Hasil Editan

Berikut ini adalah hasil foto untuk dijadikan stiker whatsApp klik Done dan kamu akan dibawa pada halaman untuk menyimpan, langsung saja klik Save. Selanjutnya kamu akan dibawa pada halaman terakhir disini kamu harus klik pada perintah Finish. Kamu sudah berhasil menghapus latar belakang foto dan menyimpannya dalam bentuk format PNG.

Gambar 7. Hasil Foto Tanpa Background
Gambar 7. Hasil Foto Tanpa Background
  • Download Aplikasi Stiker Pribadi

Untuk menyimpan foto atau gambar hasil editan sebagai stiker whatsApp kamu membutuhkan aplikasi Stiker Pribadi Buatan Stukalov. Kamu bisa langsung download di play store atau dengan cara berikut ini!

  • Klik Menu Stiker

Untuk kamu yang sudah ada di halaman whatsApp langsung saja klik pada Stiker di samping kanan menu gif dan kamu akan diarahkan pada menu selanjutnya.

Gambar 8. Halaman Untuk Mengirim Pesan
Gambar 8. Halaman Untuk Mengirim Pesan
  • Klik Tanda Tambah

Pada halaman ini kamu sudah menemukan beberapa stiker yang disediakan whatsApp, langsung saja klik pada Tanda Tambah untuk menambah stiker.

Gambar 9. Stiker Bawaan
Gambar 9. Stiker Bawaan
  • Klik Menu Dapatkan Lebih Banyak Stiker

Pada langkah ini kamu sudah disediakan banyak pilihan stiker namun untuk membuat stiker sendiri kamu harus klik pada tulisan Dapatkan Lebih Banyak Stiker.

Gambar 10. Halaman Stiker
Gambar 10. Halaman Stiker
  • Pilih Aplikasi Stiker Pribadi Untuk WhatsApp

Nah pada langkah ini kamu sudah diarahkan pada aplikasi untuk membuat stiker sendiri yaitu Stiker Pribadi Untuk WhatsApp Buatan Stukalov, langsung klik pada arah panah dibawah ini.

Gambar 11. Aplikasi Stiker WhatsApp
Gambar 11. Aplikasi Stiker WhatsApp
  • Buka Aplikasi Stiker Pribadi Untuk WhatsApp

Setelah berhasil terinstall pada android kamu, langsung saja buka aplikasi tersebut. Disini kamu sudah menemukan foto hasil editan kamu dalam Format PNG. Untuk menyimpan sebagai stiker pribadi klik Tambahkan dan fotomu akan dikirimkan ke Aplikasi WhatsApp di androidmu, jika sudah berhasil maka akan diberi tanda centang.

Gambar 12. Pilihan Stiker
Gambar 12. Pilihan Stiker
  • Buka Aplikasi WhatsApp dan Pilih Menu Stiker

Langkah terakhir, kamu bisa langsung buka Aplikasi WhatsApp dan temukan stiker hasil karya kamu dengan mengklik pada menu Stiker. Oke stiker kamu sudah siap digunakan.

Gambar 13. Stiker Pribadi Siap Digunakan
Gambar 13. Stiker Pribadi Siap Digunakan

Nah, buat kawan-kawan yang mau buat stiker sendiri bisa ikuti tutorial diatas. Selamat mencoba dan semoga berhasil! Kalau kamu menggunakan aplikasi lain untuk edit photo ataupun aplikasi lain untuk menambahkan sticker, silahkan komentar dibawah dan jelasin pengalaman kamu dalam menggunakan aplikasi tersebut.