Cara mempercepat (atau memperlambat) video di Youtube

Youtube merupakan sebuah aplikasi menonton video yang saat ini menyediakan konten paling banyak didunia. Semua video yang kalian ingin lihat, pasti ada di Youtube. Kalian bisa melihat video Musik, film, Vlog, Berita, bahkan kalian juga bisa menonton ulang tayangan TV yang di share ulang di youtube.

Jika kalian suka menonton video di Youtube, tentu kalian tau bahwa youtube memiliki sebuah fitur untuk mengatur speed video yang ditonton.

Namun fitur ini awalnya hanyalah fitur yang dimiliki Youtube web saja. Awalnya para penikmat video youtube melalui smartphone tidak biasa menggunakan fitur ini. Namun Seiring perkembangan zaman dan fitur ini dirasa sangat diperlukan  Youtube pun mengupdate aplikasi mereka di Android dan IOS. Salah satu update tsbt adalaha adanya fitur mengatur speed ketika sedang menonton video, sama seperti fitur yang ada di Youtube web.

Fitur ini digunakan ketika kalian ingin mempercepat atau memperlambat tayangan video yang saat ini sedang kalian tonton. Misalnya ketika kalian sedang menonton video tutorial, bisa videoanya di perlambat agar lebih mudah di lihat detailnya. Atau ketika kalian merasa ada bagian video yang bertele-tele, kalian bisa percepat videonya.

Beberapa alasan “masuk akal” kenapa kalian perlu fitur untuk mempercepat Menonton Video.

  1. Dengan fitur ini kalian tidak perlu melompat lompati sebuah video. Kalian cukup mempercepat video tersebut maka kalian bisa menonton video tersebut secara lengkap namun dalam keadaan speed yang cepat.
  2. Jika kalian sedang menonton sebuah ceramah atau seminar, kalian juga menggunakan fitur ini. Kalian tidak perlu melompat lompati video. Kalian cukup mempercepat speed video yang sedang ditonton maka kalian tidak akan kehilangan atau terlewatkan isinya.
  3. Jika kalian sedang buru buru namun ingin menonton sesuatu, maka kalian juga bisa mengaktifkan fitur ini.

Sedangkan ini beberapa alasan kenapa bisa memperlambat video adalah pilihan yang tepat.

  1. Jika kalian ingin menikmati sebuah video secara detail misalnya jika kalian menyukai dunia sulap,kalian bisa melihat sulap kecepatan tangan atau trik sulap apapun dengan menggunakan fitur perlambat video ini.
  2. Jika kalian sedang menonton sebuah adegan seru dan ingin melihat secara detil kalian bisa melihat adegan tersebut perframe. Dengan cara ini kalian tidak akan ketinggalan serunya adegan berkelahi atau serunya adegan pertandingan sepakbola yang saat ini sedng kalian tonton.

Cara mempercepat atau memperlambat video Youtube

Fitur mempercepat atau memperlambat speed video bisa kalian gunakan pada Youtube versi website maupun versi smartphone. Namun jika kalian menggunakan Android maka Android yang kalian gunakan harus versi 5.0 keatas.  Jika kalian tidak memutar di versi 5.0 keatas maka fitur ini tidak akan muncul.

Mengaktifkan video di youtube versi website dan Android memiliki cara yang sama, berikut adalah cara detailnya.

1. Masuk ke situs youtube di browser kalian

halaman awal youtube
halaman awal youtube

2. Untuk mengatur kecepatan video, kalian tidak akan menemukan dipengaturan youtube. Kalian harus mengatur di pengaturan video yang saat ini sedang kalian putar, pilih dan buka video yang akan kalian tonton terlebih dahulu.

Pilih Video yang akan ditonton

3. Jika kalian tap divideo tsbt (dibagian layar video), akan muncul tanda titik tiga dibagian kanan atas video, tap tanda tersebut

tap tanda titik tiga di Video

4. Lalu akan muncul pilihan lain seperti report, quality, dll. Untuk mengatur kecepatan video kalian pilih “playback speed”.

pilih playback speed

5. Untuk mempercepat video, kalian bisa memilih beberapa opsi tingkat kecepatan mulai dari  1,25 kali dari kecepatan normal sampai dengan 2 kali kecepatan normal, semakin besar nilai yang kalian pilih maka video yang kalian tonton akan semakin cepat diputarnya.

Untuk mempercepat pilih angka yang lebih besar
Untuk mempercepat pilih angka yang lebih besar

Sedangkan untuk memperlambat video, kalian bisa memilih beberapa opsi tingkat kecepatan mulai dari  0,25 kali sampai dengan 0,75 kali kecepatan normal, semakin kecil nilai yang kalian pilih maka video yang kalian tonton akan semakin lambat diputarnya.

pilih speed
Untuk memperlambat pilih angka yang lebih kecil

6. Jika sudah maka kalian bisa menikmati video secara utuh dengan speed yang lebih yang telah kalian tentukan.


Itulah bagaimana cara mempercepat dan memperlambat video yang ditonton di Youtube. Jika ada yang ingin kalian tanyakan silahkan tulis dikolom komentar.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan