Cara menampilkan subtitle (atau terjemahannya) di youtube

Siapa sih yang tidak pernah nonton video di youtube. Saat ini youtube sudah menjadi salah satu situs dengan pengunjung terbanyak sedunia, menyaingi facebook, instagram, dll. Di youtube, selain video berbahasa indonesia, tersedia video lain dengan berbagai bahasa, umumnya lebih banyak video yang berbahasa inggris.

Buat yang paham bahasa inggris, mungkin tidak sulit nonton channel luar negeri. Tapi yang tidak paham, tentu hal ini jadi masalah. Nah, youtube sendiri menyediakan yang namanya fitur subtitle.

Untuk creator video, mereka bisa menyediakan subtitel buatan mereka sendiri, atau youtube bisa men-generate subtitel secara otomatis. Hanya saja, setau saya untuk subtitel yang di generate hanya yang bahasa inggris saja. Hal ini bisa membantu viewer yang kesulitan listening tapi tidak masalah dalam hal reading, namun tentu saja viewer yang tidak paham bahasa inggris tidak terbantu sama sekali.

Di pembahasan kali ini akan dibahas mengenai permasalahan subtitel tsbt, tenang aja buat yang tidak paham bahasa inggris, disini juga akan dibahas mengenai cc/subtitel terjemahan. Saya akan bahas semuanya dengan detail.

Silahkan simak penjelasan dibawah ini.

A. Cara mengaktifkan fitur auto-subtitle di Youtube

Cara yang pertama ini akan kita lakukan di aplikasi youtubenya langsung.

1. Buka aplikasi youtube kalian yang ada di smartphone masing-masing. Pilih videonya. Lalu tap icon titik tiga seperti dibawah ini.

pause video dan kilk icon titik tiga di pojok atas

2. Setelah kalian klik, maka kalian akan muncul pilihan menu seperti dibawah ini. Kalian bisa pilih “subtilel/caption”.

klik menu subtitle

3. Setelah itu kalian klik menu inggris (di buat secara otomatis).

klik di bagian bahasa yang kita pilih tadi

4. Jika kalian tadi sudah klik menunya, akan terlihat pilihan tersebut di sebelah tulisan menu subtitel seperti dibawah ini.

contoh subtitle sudah di aktifkan

5. Kalian bisa putar lagi video tadi, dan untuk hasil subtitlenya, kalian bisa lihat gambar di bawah ini.

contoh subtitlenya seperti itu

Sampai disini, “subtitel bahasa inggris otomatis” akan muncul di video tadi. Kalian bisa melakukan setting tambahan ke subtitle tsbt, misalnya mengatur ukuran subtitel atau mengubah warna tulisan subtitel tersebut. Caranya akan dijelaskan dibawah ini.

1.Tap icon profil kalian yang ada di pojok kanan atas.

masuk ke akun channel youtube

2. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman akun. Lalu kalian klik icon “setelan/setting” yang ada di bagian bawah.

masuk ke setelan

3. Setelah itu kalian pilih menu “subtitel/caption” seperti yang ditunjukkan digambar dibawah ini.

masuk ek menu subtitle

4. Setelah kalian tadi masuk ke menu subtitle, aktifkan aksesibilitas terlebih dahulu untuk bisa mengatur settingan dibawahnya. Setelah kalian aktifkan, maka icon tombolnya berubah jadi biru. Dan ada contoh caption subtitlenya di situ.

6. Kalian bisa mengatur bahasa, ukuran teks dan warna teks disini.

Admin: Untuk pengaturan bahasa, aku sudah coba ubah ke bahasa indonesia, tapi di youtube, tetap yang di generate bahasa inggris, dan tidak ada menu terjemahannya atau menu bahasa indonesia. Aku juga coba nonton video bahasa inggris dan bahasa indonesia, dan coba ubah setting bahasa-nya, tidak ada perubahan, tidak muncul subtitel bahasa indonesia dimanapun. Asumsiku, pengaturan bahasa disini tidak pengaruh kemanapun. CMIIW. Silahkan koreksi dikolom komentar jika ada yang lebih paham.

B. Cara menterjemahkan subtitel video youtube ke bahasa indonesia

Untuk cara yang kedua ini kita menggunakan aplikasi tambahan yang namanya cctube dan google translate. Kalian bisa download aplikasi cctube di google play. Aplikasi ini berfungsi untuk men-generate subtitel yang nanti akan diterjemahkan oleh google translate.

1. Buka aplikasi ccTUbe yang ada di smartphone kalian. Jika belum ada, silahkan download dan install dulu aplikasinya, link donwloadnya sudah saya bagikan diatas.
2. Setelah kalian buka, kalian bisa lihat tampilan cctubenya, cukup mirip dengan tampilan youtube.

3. Pilih salah satu video disana dan buka videonya. Nanti ada menu subtitelnya seperti dibawah ini. Nah di sini kalian klik bagian english seperti dikotak merah di screenshot dibawah ini.

4. Setelah itu kalian akan di bawa ke halaman download google translate. Di mana kita akan menggunakan google translate untuk menerjemahkan stiap dialog maupun lirik yang ada di video.

otomatis download google translate untuk menerjemahkan nantinya
otomatis download google translate untuk menerjemahkan nantinya

5. Jika sudah kalian tinggal terjemahkan saja dengan double klik di bagian translate.

double klik di pertama atau kedua sama saja
double klik di pertama atau kedua sama saja

6. Jika sudah kalian maka akan di bawa masuk ke halaman seperti ini di sini kalian atur saja Bahasa A ke Bahasa B untuk di translate. Disini bahasa B adalah bahasa indonesia.

pilih bahasa indonesia di kolom B
pilih bahasa indonesia di kolom B

7. Jika sudah maka tampilannya akan berubah seperti gambar di bawah. Di bagian bawah video itu lirik dalam Bahasa inggris di videonya Bahasa Indonesia.

bahasanya ter-translate secara otomatis
bahasanya ter-translate secara otomatis

Saya rasa kedua cara tersebut bisa kalian pilih sesuai kebutuhan. Kalau kalian pandai reading, kalian cukup pakai cara pertama, subtitel otomatisnya akan membantu kalian memahami isi video. Sedangkan kalau kalian tidak pandai bahasa inggris sama sekali, kalian bisa gunakan cara kedua, dan kalian bisa sekalian belajar bahasa iggris, karena kedua bahasa muncul sekaligus disana.

Ok sekian dulu tutorial dari saya, semoga bermanfaat ya buat kalian semua. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk melontarkannya di kolom komentar dibawah ini.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan