Cara mencadangkan file langsung di Whatsapp Messenger

Zaman sekarang (zaman milenial) ini, siapa yang tidak tahu mengenai aplikasi Whatsapp Messenger. (Ya mungkin yang belum tahu adalah mereka yang tidak tahu) hehee.. 😀 Aplikasi Whatsapp Messenger sudah merambah hampir ke semua jenjang , mulai dari anak kecil hingga orang tua. Dalam lingkup internasional atau dunia, Whatsapp Messenger menjadi Instant Messenger App (Aplikasi untuk mengirim dan menerima pesan) dengan pengguna terbanyak. Begitu juga dalam lingkup nasional atau di Indonesia. Whatsapp Messenger bisa dibilang menjadi aplikasi chatting dengan pengguna terbanyak. Hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena aplikasi ini terkenal sederhana dan terkesan elegan sehingga membuat para pengguna lebih simple dan nyaman dalam memakainya.

Dibalik kesederhanaannya, Whatsapp Messenger menyediakan berbagai fitur-fitur menarik, seperti kita bisa saling bertukar foto, video, lokasi, audio, kontak, maupun dalam bentuk dokumen (word, excel, powerpoint, pdf). Lalu juga terdapat fitur whatsapp call (terlfonan), whatsapp video call (panggilan video) serta juga terdapat voice call (pesan suara). Semua fitur diatas tentunya dapat dinikmati oleh para pengguna dengan syarat smartphone yang digunakan tersambung dengan koneksi internet.

Okay langsung saja masuk ke dalam inti bumi, eh maksudnya inti dari judul di atas, cekidot ! 😀 (ngalay sedikit lah biar ndak tegang)

Disaat kita mempunyai smartphone baru dan ingin berpindah dari smartphone lama ke smartphone baru, maka apabila kita tidak menginginkan semua data atau berkas yang ada di smartphone lama kita hilang, kita harus terlebih dahulu membackup semua berkas yang ingin kita backup, atau dengan kata lain, mencadangkan semua berkas atau data agar tetap masih utuh seperti saat di smartphone lama. Nah, apabila diterapkan di dalam Whatsapp Messenger, di dalam aplikasi ini juga terdapat fitur untuk mencadangkan data atau berkas yang ada di smartphone kita, khususnya berkas yang terdapat di Whatsapp Messenger. Pencadangan biasanya dilakukan saat kita ingin memindahkan aplikasi chatting ini dari smartphone lama ke smartphone baru. Lantas, bagaimana caranya ? Ingin tahu ? Ciyus ?? Miapah ?? Hehehee 😀

Okay langsung saja, begini caranya :

  1. Buka aplikasi Whatsapp Messenger, lalu pada bagian pojok kanan atas terdapat tool   , tekan tool tersebut lalu terdapat beberapa pilihan, pilih “setelan”
  2. Setelah itu muncul tampilan foto whatsapp kita, nama dan status, lalu juga ada beberapa pilihan. Nah, di beberapa pilihan tersebut, pilih “chatting” 
  3. Kemudian terdapat beberapa pilihan lagi, disini pilih “Cadangan Chat” 
  4. Setelah itu kita sudah masuk di dalam pengaturan pencadangan. Untuk mencadangkan data atau berkas yang ada di aplikasi Whatsapp Messenger, tinggal tekan “Cadangkan” 

Okay, di atas adalah cara mencadangkan data atau berkas yang ada di Aplikasi Whatsapp Messenger secara langsung dari aplikasi tersebut. lalu dibawah ini adalah paparan mengenai informasi terkait keterangan yang ada di pengaturan pencadangan tersebut.

A). Cadangan Terakhir. Keterangan ini memberikan informasi tentang proses pencadangan terakhir yang kita lakukan. Kapan kita terakhir kita melakukan proses pencandangan dan berapa ukuran data atau berkas yang kita cadangkan. Apabila kita belum pernah melakukan pencadangan, maka tidak akan muncul keterangan kapan dan berapa ukuran data atau berkas. Lalu dibawahnya juga terdapat informasi tentang dimana berkas atau data kita akan dicadangkan.

B). Setelan Google Drive. Pada bagian ini, terdapat informasi tentang pengaturan atau setelan google drive.

  • Cadangkan ke google drive. Pada pengaturan ini, kita diberikan pilihan untuk kapan kita akan melakukan pencadangan. Terdapat pilihan Jangan pernah, Hanya ketika saya mengetuk “cadangkan”, Harian, Mingguan, dan Bulanan.
  • Akun. Disini kita disuruh memasukkan akun email Gmail. Kenapa email Gmail ? karena google drive hanya ada pada email Gmail, maka email yang bisa digunakan sebagai akun hanyalah email Gmail.
  • Cadangan Melalui. Pada pengaturan ini terdapat pilihan Hanya Wi-Fi, dan Wi-Fi atau Seluler. Kedua pilihan tersebut diberlakukan kemungkinan karena melihat besarnya ukuran data atau berkas yang ingin kita cadangkan terlalu besar, sehingga terdapat anjuran menggunakan Wi-Fi. Yaaa… kalau kita punya kouta data lebih sih no problem, hehee 😀
  • Sertakan Video. Dan yang terakhir ini adalah pilihan untuk kita apakah kita ingin menyertakan video saat pencandangan atau tidak. Kenapa video tidak dijadikan satu dengan data atau berkas yang lain ? karena kemungkinan ukuran dari video rata-rata yang besar, maka dari itu video dipisahkan dengan berkas lain.

Okay, cukup pemaparan mengenai bagaimana mencadangkan semua berkas langsung di Whatsapp Messenger. Apabila terdapat kesalahan penulisan maupun ejaan yang kurang sempurna, mohon dimaafkan ya, hehee 😀

Iqwa

Tasbichi Iqwa. Biasa dipanggil Iqwa. Lahir di Semarang, 21 Desember 1997. Sekarang masih menimba ilmu di UIN Walisongo Semarang.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar