Cara Melihat Postingan Lama di Grup Facebook (di HP dan PC)

Mencari dan melihat postingan lama di grup Facebook itu susah-susah mudah. Jika anggota hanya teman sekelas yang isinya 30 orang, kamu bisa cari manual postingan lama tsbt dengan scroll kebawah.

Itupun jika yang ingin dicari postingan yang masih tergolong baru, jika postingannya sudah lama misalnya satu-dua tahun, sudah pasti posisinya jauh dibawah. Ini asumsinya grup kecil berisi 30 orang, bagaimana dengan grup besar seperti grup hobi, misalnya hobi fotografi yang biasanya jumlah anggota mencapai puluhan ribu, atau bahkan ratusan ribu orang. Satu hari saja bisa ribuan postingan. Postingan setahun lalu bisa tertimbun dibawah ratusan ribu postingan lain di grup tsbt.

Disinilah pentingnya fungsi pencarian grup.

Inilah yang akan kita bahas kali ini, bagaimana mencari dan melihat postingan lama di grup, berdasarkan kata kunci, tempat, dan waktu (tahun tertentu).

Yuk simak pembahasannya.

Mencari dan Melihat Postingan Lama di Faceboook dengan HP

Disini saya gunakan aplikasi Facebook biasa. Untuk pengguna Facebook lite harusnya sama pengaturannya, mungkin beda-beda sedikit dari segi tampilan. Langsung saja, berikut langkah-langkahnya.

1. Buka aplikasi Facebook kamu, tap menu hamburger di pojok kanan atas.

2. Pilih menu “Group”.

3. Tap “Group Anda”.

4. Pilih group yang ingin dikunjungi.

4. Klik logo pencarian di bar atas grup tsbt.

5. Isikan kata pencarian yang diinginkan. Sebagai contoh disini saya cari dengan kata “Olahraga”

6. Setelah itu akan muncul hasilnya. Jika terlalu banyak hasil yang ditampilkan, kamu bisa tap “Filter” untuk menfilter hasil pencarian.

7. Disini kamu bisa memfilter apakah postingan yang dicari adalah postingan yang pernah kamu liat, apakah bhanya yang terbaru saja, siapa yang mengirim, diaman lokasi yang ditag, dan kapan postingan tsbt dikirim.

8. Disini misalnya saya pilih “Dikirim oleh” saya sendiri. Dan Tanggal diposting di 2012.

9.Berikut tampilan filternya. Jika dirasa sudah, bisa langsung tap “tampilkan hasil”.

9. Berikut hasilnya. Pencarian dengan kata kunci “Olahraga” yang difilter dengan filter tahun 2012, dan diposting oleh saya sendiri.

10. Selesai.

Penggunaan fitur pencarian memang agak susah-susah gampang. Yang penting kamu mau mencoba mengganti-ganti filter dan kata kunci pencarian. Lama-lama pencarian yang kamu butuhkan pasti akan ketemu kok (dengan asumsi postingan masih ada dan belum dihapus yang punya postingan).

Mencari dan Melihat Postingan Lama di Facebook Menggunakan PC

Selain menggunakan HP, kamu juga bisa mencari postingan lama di group Facebook menggunakan laptop/PC. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu melakukan beberapa tahapan berikut ini:

1. Buka situs Facebook dan login seperti biasa.
2. Pilih menu “Group” di menu yang tersedia disidebar sebelah kiri.

3. Pilih group yang ingin dikunjungi.

4. Klik logo pencarian di pojok kanan atas.

5. Masukkan kata kunci yang diingin.

6. Pilih filter di samping kiri. Jika ingin mencari postinganmu maka klik “dikirim oleh” dan pilih “anda”. Jika ingin mencari postingan sesuai tanggal maka klik “tanggal di posting” dan sesuaikan tahun yang diinginkan.

7. Setelah itu secara otomatis postingan akan ditampilkan sesuai filter yang dipilih.

8. Selesai. Silahkan eksperiment sendiri dengan pemilihan filter sampai menemukan postingan yang kamu cari.


Itulah cara mengetahui postingan lama di group Facebook. Cara ini sangat mudah dilakukan menggunakan HP maupun PC. Selamat mencoba dan semoga berhasil ya.

Detail Lainnya

Terbit:

Terakhir diperbarui:

Kategori:

Tulisan Lain Yang Mungkin Kamu Suka

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *