Cara mencari video di youtube dengan fitur search filter

Jika kalian ingin menonton sebuah video tentu saat ini pilihan utama kalian adalah Youtube. Namun di Youtube ada banyak sekali video yang ditampilkan. Hal ini tentu saja membuat kalian bingung jika kalian ingin mencari sebuah video yang kalian inginkan secara spesifik seperti judul video, kualitas video, atau kapan video tsbt dibuat, dstnya.

Syarat untuk mencari video yang kalian inginkan dengan cepat adalah adanya koneksi internet yang baik dan stabil. Namun tidak hanya itu, jika kalian mencari secara manual tentu akan butuh banyak waktu dan kuota karena kalian perlu preview videonya satu-satu.

Tentu saja ini tidak efektif apalagi jika kalian tidak menggunakan Wifi. Yang ada bisa kehabisan kuota sebelum ketemu video yang diinginkan.

Namun tenang saja. Youtube sendiri sudah menyediakan sebuah fitur Filter (penyaringan) untuk membantu mencari video secara spesifik. Sekarang tinggal bagaimana kalian memanfaatkan fitur tersebut agar pencarian kalian lebih efektif.

Pada artikel kali ini akan dijelaskan secara detail bagaimana cara mencari dan memfilter pencarian video tsbt agar lebih mudah mendapatkan video yang kalian butuhkan.

Cara Mencari Video di youtube dengan Search Filter

Sebelum kalian memulai mencari video diyoutube sesuai dengan keinginan kalian, maka yang harus kalian ketahui adalah bagaimana menggunakan fitur filter ini dan apa saja fungsi-fungsi dari filter yang disediakan.

  1. Seperti biasa, pastikan untuk masuk keberanda youtube dulu. Lalu tekan tombol pencarian dibagian atas (ikon kaca pembesar).
Halaman utama youtube

2. Ketikkan kata kunci pencarian kalian di bagian kolom pencarian tsbt. Lalu tekan enter.

masuk ke menu pencarian

3. Lalu tap “ikon paling kanan (di sebelah kolom pencarian tadi). Lalu akan muncul pop-up menu search filter seperti dibawah ini.

menu search filter di youtube

Nah pada tahap ini kalian sudah berhasil masuk ke menu search filter (penyaringan pencarian) pada youtube. Sekarang tinggal bagaimana kalian menggunakan fitur ini secara optimal sesuai dengan keinginan kalian.

Dibawah akan dibahas beberapa

a. Menemukan Video berkualitas Tinggi

Dari semua yang kalian cari tidak semua video tersebut diupload dengan kualitas tinggi. Ada saja video yang hanya memiliki kualitas 3GP atau video yang ditonton buram. Namun tidak jarang juga ada video yang HD atau High Definition.

Jika tidak ingin semua video tersebut kalian tonton satu persatu, kalian bisa menggunakan search filter untuk menemukannya.

berdasarkan kualitas
berdasarkan kualitas

Masuk ke menu filter, lalu pada bagian “features” kalian pilih format apa yang kalian inginkan di video tersebut seperti 4k atau HD. Maka system di Youtube hanya akan menampilkan video dengan kualitas HD dan 4K .

b. Menemukan Video Terbaru

Dengan filter search kalian juga bisa menemukan video terbaru berdasarkan pencarian  kalian.

Kalian bisa mencari video yang diupload hari beberapa waktu yang lalu atau kalian juga bisa memfilter video yang terbit dihari ini. Atau jika kalian ingin lebih baru lagi, kalian juga bisa menampilkan semua video yang diupload satu jam yang lalu.

berdasarkan video terbaru
berdasarkan video terbaru

Cara ini cocok digunakan untuk mencari informasi berupa “news” atau “berita terkini” yang masih hangat dibicarakan. Kalian tidak perlu nonton tv lagi, cukup masuk ke Youtube lalu aktifkan fitur ini agar tidak ketinggalan berita terkini.

c. Menemukan Video dengan Durasi Tertentu

Yang lebih hebatnya lagi dari fitur filter ini adalah kalian bisa memfilter video berdasarkan durasi. Jika kalian lebih nyaman menonton video dengan durasi yang pendek kalian bisa masuk ke filter, lalu dibagian duration kalian memiliki dua pilihan yaitu video dengan durasi kurang dari 2 menit atau video dengan durasi lebih dari 20 menit. Video yang tampil akan sesuai durasinya dengan yang kalian pilih.

d. Menemukan video dengan tampilan unik

Youtube tidak hanya menyajikan sebuah video dengan tampilan biasa. Namun kalian juga bisa menonton video dengan tampilan unik seperti video dengan tampilan 360 derajat, video VR180, atau 3D.

Video dengan tampilan unik
Video dengan tampilan unik

Tampilan unik disini maksudnya adalah kalian bisa menonton video dengan kacamata 3D. Video yang kalian tonton bisa kalian putar sesuai dengan arah pandang kalian. Caranya kalian cukup lakukan pencarian lalu masuk ke menu filter dan aktifkan video dengan tampilan unik seperti VR180. Maka semua video yang ditampilkan akan memiliki tampilan unik.

e. Menemukan Video dengan Subtitle

Jika kalian perhatikan, video di youtube ada 2 jenis. Yang pertama video yang memungkinkan kalian kalian untuk menampilkan subtitle dari bahasa yang disediakan oleh pembuat video. Yang kedua video yang tanpa ada subtitle, dengan kata lain, pengupload tidak menyediakan subtilte.

Walaupun begitu, jika video dalam bahasa inggris, youtube sudah memiliki fitur autogenerate subtitle, jadi kalian bisa generate otomatis video berbahasa inggris. Sayangnya fitur ini belum bisa digunakan di video berbahasa lain.

Nah, buat kalian yang mungkin butuh video berbahasa lain, dan butuh ada subtitlenya, mungkin bisa dicari lewat fitur ini.

Jika kalian mencari secara manual satu persatu maka hal tersebut akan memakan waktu lama. Oleh karena itu kalian bisa menggunakan fitur filter untuk memilah video-video yang ada pilihan subtitlenya. Jika berhasil maka video yang kalian cari sudah ada pilihan subtitlenya di video tersebut.


Menu filter di youtube sangat membantu sekali. Kalian bisa mencari video apapun, sesuai dengan format, jenis, dan tampilan yang kalian inginkan.

Itulah sedikit penjelasan mengenai search filter diyoutube dan bagaimana penggunaannya, jika ada yang ingin ditambahkan, jangan sungkan untuk komentar. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan