Cara mendownload video di Twitter (Tanpa Aplikasi)

Platform media sosial yang semakin banyak membuat mereka harus bersaing mengupgrade kualiatas kontennya atau kalah bersaing dan mati. Salah satunya yang gencar melakukan peningkatan kualitas adalah Twitter.

Pada mulanya twitter hanya merupakan aplikasi berbagi tulisan dan gambar saja. Perlahan terjadi peningkatan jumlah karakter tulisan di twitter, lalu seiring waktu bertambah Twitter tidak ingin ketinggalan menyediakan fitur berbagi video seperti platform lain.

Namun masih ada keterbatasan dalam pembagian video di Twitter, yakni durasinya yang masih sedikit yakni tidak lebih dari 2 menit 20 detik per video. Jadi jangan berharap lebih bisa mendapat video dengan durasi lebih panjang dari pada itu.

Ketika sedang berselancar di Twitter, kita terkadang tergelitik ketika melihat sebuah video dan ingin menyimpannya untuk dilihat suatu saat lagi.

Tapi sayangnya, Twitter belum menyediakan fitur download video semisal platform Facebook. Jika di Facebook, ketika kita melihat sebuah video ada opsi save video tapi tidak dengan Twitter. Namun jangan bingung, karena saat ini ada banyak aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kita menyimpan video di Twitter.

Cara Mendownload Video di Twitter

Pada dasarnya, jika kita bisa mengupload video di Twitter tentu kita juga bisa mendownloadnya. Namun tentu caranya berbeda.

Jika kamu menggunakan smartphone, kamu dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendownload video di Twitter. Ada aplikasi yang harus di instal, ada juga yang melalui website. Kali ini kami akan membahas cara mendownload video di Twitter tanpa menggunakan aplikasi.

Jadi, apa saja cara yang bisa dilakukan untuk mendownload video di Twitter? Berikut kami rangkumkan.

A. Menggunakan situs TWDown.net

TWDown adalah situs yang dapat digunakan untuk mendownload video di Twitter, cara menggunakannya juga tidak sulit. Kamu hanya perlu membuka browsernya saja, bisa Google Chrome, Firefox, Opera, hingga browser bawaan. Untuk lebih jelas, berikut cara menggunakannya.

  1. Log in terlebih dahulu ke akun Twitter kamu, bisa dengan browser maupun aplikasi. Di sini saya menggunakan aplikasi Twitter mobile, tapi meski begitu caranya juga tetap sama.
  2. Setelah itu cari video di Twitter yang ingin kamu download. Lihat di sudut kanan atas postingan, terdapat tanda panah ke bawah (v). Tekan logo itu.

    Laman pencarian di Twitter mobile
    Laman pencarian di Twitter mobile

  3. Kemudian akan muncul kotak dialog. Nah, karena kita ingin mendownload videonya, maka yang perlu di klik adalah menu salin tautan ke tweet.
  4. Langkah selanjutnya ialah, buka browser kamu dan pergi ke laman twdown.net. Setelah itu lihat di bagian bawah, ada text box dan menu download. Tekan lama di text box dan pilih paste atau temple, kemudian tekan tombol download.

    Laman utama twdown.net
    Laman utama twdown.net

  5. Setelah itu akan muncul laman yang berisi gambar video beserta cuplikan tweetnya. Di bawahnya ada kotak yang berisi pilihan jenis video yang ingin didownload. Silakan tekan salah satunya sesuai keinginan kamu.

    Pilih jenis file yang ingin di download
    Pilih jenis file yang ingin di download

  6. Kamu akan dibawa ke laman yang berisi pemutaran video. Langkah selanjutnya ialah tekan lama di video itu sampai muncul kotak dialog download video. Tekan tombolnya dan video akan otomatis tersimpan di smartphone kamu.

    Laman pemutar video
    Laman pemutar video

Kamu bisa mengulangi cara di atas untuk video-video lainnya.

B. Menggunakan situs SaveVideo.me

Situs ini merupakan situs khusus untuk mendownload video dari berbagai platform yang ada, jadi tidak hanya berfokus pada Twitter saja. Bisa juga untuk mendownload video dari Facebook, Vimeo, Twitter, Vine, Aol Video, Rumble, Ustream, Break, dan lain-lain.

Cara menggunakannya juga tidak terlalu sulit. Berikut runtutan caranya.

  1. Buka akun twitter kamu, lalu cari video yang ingin didownload.
  2. Cara selanjutnya kurang lebih sama dengan cara menggunakan TWDown yakni menekan logo scroll down di kanan atas postingan lalu pilih salin tautan ke tweet.

    Laman pencarian di Twitter mobile
    Laman pencarian di Twitter mobile

  3. Kemudian kunjungi situs savevideo.me, di kotak dialognya lalu kamu pastekan link yang sudah disalin. Lalu tekan download.

    Laman download video di savevideo.me
    Laman download video di savevideo.me

  4. Kemudian akan muncul menu download file, silakan tekan dan video akan tersimpan ke ponsel kamu.

C. Menggunakan situs Twittervideodownloader.com

Nah, ini merupakan situs yang sama dengan dua situs lain yang sudah dibahas. Dengan menggunakan situs ini, kamu gak perlu capek-capek menginstal aplikasi twitter video downloader.

Kelebihan dari situs ini ialah kemampuan untuk memberikan fitur resolusi video yang lebih baik. Kita bisa memilih akan mendownload video dengan berbagai format. Ada MP$, 3GP, WEBM, dan lainnya.

Cara menggunakannya sebagai berikut.

  1. Seperti cara sebelumnya, kamu harus log in dulu ke akun Twitter kamu dan pilih video yang ingin di download.
  2. Kemudian pilih logo scroll down dan pilih salin tautan ke tweet.

    Laman pencarian di Twitter mobile
    Laman pencarian di Twitter mobile

  3. Buka browser di smartphone kamu dan kunjungi situs twittervideodownloader.com

    Tampilan situs twittervideodownloader.com
    Tampilan situs twittervideodownloader.com

  4. Link yang sudah disalin kemudian ditempel ke kotak yang sudah di sediakan, lalu tekan tombol download.
  5. Di bagian bawah gambar akan muncul pilihan ukuran video yang ingin didownload. Pilih saja salah satunya.

    Pilih jenis video yang ingin di unduh
    Pilih jenis video yang ingin di unduh

  6. Kita akan dibawa ke laman pemutar video, kemudian tekan lama di video sampai muncul kotak dialog download video. Pilih itu, lalu video otomatis akan tersimpan di ponsel kamu.

    Laman pemutar video
    Laman pemutar video

D. Menggunakan situs Downloadtwittervideo.com

Cara mendownload melalui situs ini kurang lebih sama dengan beberapa cara yang sudah dijelaskan diatas.

  1. Log in ke akun Twitter, pilih video, salin tautannya ke tweet.
  2. Pergi ke situs downloadtwittervideo.com, kemudian temple salinan link tersebut ke kotak yang sudah disediakan.
  3. Tekan tombol unduh di bagian bawah, secara otomatis video akan langsung didownload. Kemudian tunggu sampai proses downloadnya selesai.

E. Menggunakan situs Savedeo.site

Situs yang bisa digunakan untuk mendownload video dari Twitter ialah savedeo.site. Cara menggunakannya sebagai berikut.

  1. Masuk ke twiter kamu, pilih video yang ingin didownload, salin tautannya.

    Laman pencarian di Twitter mobile
    Laman pencarian di Twitter mobile

  2. Buka browser, kunjungi situs savedeo.site. Setelah itu salin tautan video kamu tadi ke kotak yang sudah disediakan. Langkah selanjutnya tekan tombol download.

    Kunjungi situs savedeo.site
    Kunjungi situs savedeo.site

  3. Setelah itu kamu akan diberi pilihan format video yang ingin di download, lalu tekan tombol yang bergambar ikon download di sebelah kanannya.

    Pilih jenis video yang akan diunduh
    Pilih jenis video yang akan diunduh

  4. Kamu akan di bawa ke laman pemutar video. Seperti cara lainnya, kamu bisa menekan lama sampai muncul pilihan download video. Tekan tombol itu dan tunggu beberapa saat, video kemudian selesai didownload.

F. Meminta Tolong Akun @this_vid

Nah, kalau ini kamu bisa meminta tolong akun @this_vid untuk membuat laman download bagi video yang kamu inginkan. Caranya cukup mudah, kamu hanya perlu mencari video yang diinginkan. Setelah itu ketikkan nama akun @this_vid di kolom komentar.

Tunggu dalam waktu beberapa menit, maka akun @this_vid akan membalas komentar kamu disertai dengan link download. Tekan link itu, dan kamu bisa langsung mendownload videonya.

Bagaimana menurut teman-teman sekalian? Cukup mudah kan untuk mendownload video dari twitter?

Kita tidak perlu menginstal aplikasi video downloader yang  bisa menghabiskan memori penyimpanan kita. Kalau saya pribadi lebih suka meminta tolong ke akun @this_vid, karena tidak perlu ribet membuaka situs-situs lainnya. Namun memang masih lebih mudah jika Twitter menyediakan pilihan menyimpan video, sehingga pengguna tidak merasa kesulitan.

Tapi siapa tahu, mungkin saja nanti Twitter akan berbenah dan memberikan opsi download video itu. Kita tunggu saja.

Rizky Ramadhan

Mahasiswa tingkat akhir, penulis lepas, jurnalis, dan penyuka fotografi

Tinggalkan Balasan