Cara mengatasi youtube error saat memutar video

  • Post author:Penulis:
  • Post published:Dipublish : Desember 30, 2019
  • Post category:Topik : Internet
  • Post comments:0 Comments

Kalian tentu sudah tidak asing lagi dengan yang namanya Youtube. Dengan Youtube kalian bisa nonton beragam jenis video.

Biasanya, aplikasi youtube bisa dipakai tanpa masalah. Pihak google selalu rajin mengupdate dan memastikan aplikasi mereka bebas dari masalah. Tapi yang namanya buatan manusia, kadang bisa error juga.

Nah di artikel kali ini, akan dibahas apa saja penyebab error di youtube, dan beberapa solusi untuk hal tsbt.

Penyebab Youtube error saat memutar video

Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah ini, kita akan bahas sedikit agar paham kenapa kita ambil solusi yang akan dijelaskan dibawah.

1. Koneksi Internet Kalian Lambat.
2. Video sedang diedit oleh pemilik. Jika kalian merasa jaringan internet kalian sangat baik, maka kalian bisa mencoba memutar video lain. Jika video lain yang kalian putar lancar, maka kemungkinan video yang sebelumnya kalian putar saat itu sedang diedit oleh pemiliknya. Di Youtube sendiri ada sebuah fitur yag dinamakan Editor Video. Fitur ini memungkinkan kalian untuk mengedit video secara live.
3. Video sedang dibuang atau dihapus oleh pemilik. Jika pemilik video di youtube menghapus sebuah video, atau merubah video tersebut menjadi private, maka jika secara bersamaan ada yang menonton video kalian, maka video tersebut tidak bisa diputar atau error.
4. Masalah Internal system Youtube. Hal in bisa disebabkan oleh pengembangan, perbaikan, ataupun kerusakan yang disebabkan dari peretas.

Solusi mengatasi error Youtube

Youtube error bisa menyebabkan video youtube tidak bisa dibuka, aplikasi youtube tidak bisa dibuka, ataupun aplikasi berhenti ditengah jalan.

Sebagian error bisa juga menyebabkan video youtube lemot, tapi untuk kasus tertentu, video youtube yang lemot tidak berkaitan dengan masalah error di aplikasi youtube tsbt, ada faktor lain yang juga bisa jadi penyebabnya, sehingga solusinya agak berbeda dengan solusi dibawah ini. Kalian bisa baca disini https://bukugue.com/cara-mengatasi-video-youtube-lemot/ terkait hal tsbt.

Ok, langsung saja, dibawah adalah beberapa solusi untuk masalah youtube error.

1. Matikan lalu hidupkan jaringan internet kalian

Untuk mengatasi jaringan koneksi internet yang tidak stabil, kalian bisa memeriksa konektivitas jaringan kalian. Kalian juga bisa mematikan lalu menghidupkan lagi jaringan internet atau Wifi kalian.

cek koneksi internet

2. Coba refresh video

Jika pemilik video sedang mengedit videonya, maka yang perlu kalian lakukan adalah merefresh video tersebut. Kalian bisa menunggu sekitar 20 menit lalu mulai me-refresh Video. Jika proses editing sudah selesai, maka seharusnya video sudah akan bisa diputar dengan baik.

refresh youtube

3. Update aplikasi Youtube atau browser yang kalian gunakan

Terkadang error bisa terjadi karena file aplikasi youtube kalian corrupt aau tidak sengaja terhapus atau bisa saja versi aplikasi Youtube kalian sudah terlalu lama.

Untuk bisa lebih maksimal menggunakan Youtube, maka sebaiknya kalian rutin mengupdate aplikasi youtube di Playstore.

Update Youtube

Jika kalian mengakses youtube via browser maka update browser tersebut. Setiap update-an biasanya memperbaharui fitur dan memperbaiki bug atau error yang ada dibrowser.

4. Coba buka Youtube melalui browser

Cara ini dapat kalian terapkan jika muncul pesan error pada aplikasi Youtube. Cobalah untuk membuka video Youtube pada browser. Atau jika pesan error muncul pada browser yang kalian gunakan, kalian dapat mencoba membuka video tersebut pada browser lain.

1. Buka Youtube di browser kalian pada link berikut:  https://youtube.com

buka youtube pada browser

2. Cari dan buka video yang ingin kalian putar.

cari dan buka video

3. Nah, cobalah untuk memutar video tsbt via browser. Masalah video Youtube error mungkin akan dapat teratasi melalui cara ini.

putar video

5. Tutup aplikasi lainnya (atau restart ponsel)

Saat kalian menonton Youtube, maka kalian juga harus memperhatikan aplikasi ataupun tab yang kalian buka saat itu. Jika terlalu banyak aplikasi ataupun tab yang kalian buka, maka bisa dipastikan resource diperangkat kalian akan terbagi-bagi dengan aplikasi-aplikasi lain tsbt.

Untuk itu, coba tutup semua aplikasi dan browser lainnya terlebih dahulu.

tutup semua tab

Jika terlalu ribet untuk menutup semua aplikasi, mungkin karena banyak aplikasi yang terbuka ataupun berjalan di background, langkah yang lebih cepat dan efektif adalah merestart perangkat tsbt.

Dengan me-restart perangkat, seluruh aplikasi akan otomatis di tutup saat perangkat mati, dan saat perangkat hidup kembali, biasanya hanya beberapa aplikasi yang diberi akses untuk “jalan di awal” saja yang akan aktif.


Itulah bagaimana cara mengatasi error pemutaran pada video Youtube. Jika kalian menemukan masalah lain jangan sungkan untuk memberikan komentar di kolom komentar.

Sekian pembahasan kali ini. Semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan