Cara menghapus (log out) akun gmail dari hp kamu

Untuk log in ke akun gmail di hp itu bisa sangat mudah. Saat pertama kali menghidupkan smartphone, terutama android, itu biasanya kamu akan di bimbing untuk proses pembuatan akun ataupun log-in ke akun gmail sampai selesai.

Nah, yang jadi masalah, ketika kamu ingin mengganti akun gmail di handphone tsbt. Kamu tidak tau bagaimana cara menghapus akun lama dari hp tsbt. Atau mungkin saat kamu ingin menjual hp tsbt, kamu perlu semua data termasuk data akun gmail kamu untuk di hapus dari hp tsbt.

Untuk skenario dimana saat kamu ingin menjual hp, sebenarnya ada cara paling mudah, yaitu “factory reset” atau “wipe all data”. Opsi ini biasanya ada dibagian setting, tujuannya adalah mengembalikan keseluruhan isi hp kamu seperti saat kamu baru beli, itu artinya, semua data akun, semua photo, sms, kontak, dll akan terhapus. Ini cara yang paling mudah.

Untuk skenario, dimana kamu hanya perlu menghapus akun gmail lama kamu, maka akan dijelaskan dengan detail dibawah ini.

Disini aku akan menjelaskan 2 hal, yang pertama, bagaimana cara log-out atau menghapus akun gmail yang lama, lalu bagaimana menambahkan akun gmail baru sebagai penggantinya.

Simak penjelasan yang aku tulis di bawah ini ya genks!

Cara menghapus akun gmail lama

Jika kamu baru saja memperbarui aplikasi gmail milikmu, yang pertama-tama harus kamu lakukan adalah membuka aplikasi gmail yang ada di hp kamu, lalu pilih “Mengerti”.

Tampilan awal gmail.
Gambar 1. Tampilan awal gmail.

Setelah masuk, pilih akun profil yang sudah aku lingkari di gambar bawah, karena disana nanti akan ada opsi yang harus kamu pilih.

Tampilan saat masuk gmail.
Gambar 2. Tampilan saat masuk gmail.

Di dalam profil akun yang sudah kamu pilih tadi, sekarang saatnya kamu harus memilih “Kelola akun di perangkat ini”, karena itu berarti kamu akan mengelola akun yang saat ini ada didalam ponsel kamu.

Tampilan kelola akun.
Gambar 3. Tampilan kelola akun.

Admin note: Disini nanti kamu akan dibawa kelaman setting akun. Kamu bisa aja masuk tanpa lewat langkah diatas, dengan masuk ke bagian setting android kamu, lalu cari bagian “akun”. Sayangnya tiap hp itu biasanya beda, tergantung os yang digunakan serta versi os yang digunakan.

Kemudian pilih atau klik saja satu akun yang nantinya akan kamu hapus dan keluarkan.

Tampilan pilih akun.
Gambar 4. Tampilan pilih akun.

Setelah tadi kamu memilih akun yang ingin kamu kelola, sekarang kamu pilih simbol tiga titik yang sudah aku lingkari di gambar bawah, karena setelah itu akan muncul dua opsi yaitu “Singkron sekarang” atau “Hapus akun”, dan tentu saja kamu harus memilih “Hapus akun”.

Kemudian akan muncul sebuah notifikasi yang akan memberitahukanmu bahwa semua data akan terhapus dari perangkatmu, dan saat ini kamu harus pilih “Hapus akun”.

Tetapi  kamu tidak harus khawatirkarena ini hanya menghapus datamu di dalam aplikasi atau perangkat  ini saja, bukan semua data yang ada di dalam akun gmailmu akan dihapus, bukan.

Tampilan konfirmasi hapus akun.
Gambar 7. Tampilan konfirmasi hapus akun.

Dan gambar di bawah adalah tampilan jika kamu sudah berhasil mengeluarkan dan menghapus akun gmailmu yang tadi. Setelah itu pilih “Lewati”.

Tampilan awal setelah keluar dari gmail.
Gambar 8. Tampilan awal setelah keluar dari gmail.

Cara menambahkan akun gmail baru

Nah, setelah berhasil keluar dari akun gmailmu tadi, sekarang kamu bisa memilih “Tambahkan alamat email” untuk memasukan akun gmail lain yang ingin kamu buka.

Kemudian muncul beberapa opsi seperti Google, yahoo dan lainnya, tapi kamu harus memilih “Google”.

Di part ini gmail bertanya kepadamu apakah kamu sudah punya akun gmail yang lain atau kamu akan membuat akun gmail baru. Jika sudah mempunyai akun gmail yang lain, kamu langsung saja pilih “Yang sudah ada”.

Tampilan tambahkan akun google.
Gambar 11. Tampilan tambahkan akun google.

Lalu tinggal masukan akun gmail kamu yang lain, setelah itu pilih icon next yang aku lingkari di gambar bawah.

Setelah itu ada beberapa pemberitahuan dari gmail yang harus kamu baca, lalu kamu tinggal pilih atau klik lagi tombol next yang udah aku lingkari lagi di gambar bawah.

Dan selesailah proses cara menghapus dan mengganti akun gmail di hp kamu.

Tampilan ketika berhasil masuk gmail.
Gambar 14. Tampilan ketika berhasil masuk gmail.

Perlu diketahui bahwa kamu tidak perlu takut untuk menghapus akun gmail di hp kamu, karena itu bukan berarti kamu menghapus akun gmailnya secara permanen, malah cara diatas ini hanya mengeluarkan akunmu dari perangkat tsbt untuk memasukkan akunmu yang lain.

Jika kamu ingin menghapus akun gmail secara permanen sudah dijelaskan dilaman ini : https://bukugue.com/cara-menghapus-akun-google-gmail/

Dan semoga ini bermanfat untuk kamu, kamu, kamu lagi ya genks. Jangan lupa tanyai aku di kolom komentar jika kamu ada pertanyaan karena berdiskusi dan berbagi sangat indah. See you!

Aditya Pratama

Heyho lets go!

Tinggalkan Balasan