Cara menghapus akun twitter permanen selamanya

Bagi beberapa orang yang aktif bermain Twitter, Twitter menjadi sosial media yang menyenangkan. Kamu bisa memperoleh berbagai informasi secara cepat dari berbagai dunia. Mulai dari informasi politik, sosial, ekonomi, entertainment, dan lainnya.

Kamu juga bisa berinteraksi dengan pengguna lain yang juga aktif di Twitter, ikut memposting dan mengomentari hal – hal yang sedang booming dan trending topic tanpa harus mengenal masing – masing pengguna Twitter.

Namun bagi kamu yang mungkin sudah terlalu lama bermain Twitter dan merasa bosan, kamu bisa saja menghapus atau menonaktifkan akun Twitter kamu. Atau bagi kamu yang belum lama buat akun Twitter, dan bingung bagaimana cara menggunakannya, lalu kamu merasa kesal dan ingin menutupnya, bisa saja.

Bila kamu ingin menutup akun Twitter dan bingung bagaimana cara menutupnya, aku akan menjelaskan dalam artikel ini. Caranya tidaklah sulit, hanya butuh beberapa klik saja. Simak caranya berikut ini. Aku menggunakan PC untuk proses dibawah ini.

Cara menghapus akun Twitter permanen 

1. Masuk terlebih dahulu ke akun twitter kamu.  Setelah itu kamu klik dibagian kanan atas yang bergambar foto profil kamu, atau seperti ada gambar yang aku beri kotak.

Tampilan beranda setelah berhasil Login Twitter
Tampilan beranda setelah berhasil Login Twitter

2. Maka akan muncul tampilan pada gambar. Kamu pilih saja “Pengaturan dan Privasi”.

Menu "Pengaturan dan Privasi" pada Twitter
Menu “Pengaturan dan Privasi” pada Twitter

3. Maka akan muncul tampilan dengan berbagai menu yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhan. Karena kamu ingin menghapus akun Twitter kamu, pastikan kamu memilih menu “Akun” atau seperti pada gambar yang aku beri kotak.

Tampilan menu "akun" pada pengaturan Twitter
Tampilan menu “akun” pada pengaturan Twitter

4. Lalu kamu bisa scroll kebawah sampai menemukan button “Nonaktifkan akun anda” dan klik button tersebut. Tampilannya sebagai berikut.

Tampilan button "nonaktifkan akun anda" untuk menonaktifkan akun Twitter
Tampilan button “nonaktifkan akun anda” untuk menonaktifkan akun Twitter

5. Maka akan muncul tampilan berikut.

Button "nonaktifkan" untuk benar - benar menonaktifkan akun Twitter
Button “nonaktifkan” untuk benar – benar menonaktifkan akun Twitter

Yang perlu menjadi perhatian, ketika kamu sudah klik tombol “nonaktifkan”, maka nama pengguna dan profil kamu sudah tidak akan muncul lagi di Twitter.com, Twitter untuk android maupun iOS.

Namun bila kamu sudah terlanjur menge-klik “nonaktifkan”, dan kamu ingin berubah pikiran untuk kembali mengaktifkan akun kamu, atau memang ada ketidaksengajaan kamu menge-klik tombol “nonaktifkan” tersebut, kamu tidak perlu khawatir. Kamu masih bisa mengembalikan akun kamu selama jangka waktu 30 hari setelah kamu menonaktifkan akun Twitter kamu.

6. Jika kamu memang benar – benar ingin menonaktifkan akun Twitter, kamu klik saja “Nonaktifkan”, maka nanti akan muncul tampilan dimana kamu harus memasukkan kata sandi terlebih dahulu untuk benar – benar memastikan bahwa kamu sendiri-lah yang sedang login di Twitter. Jika sudah memasukkan kata sandi, silahkan klik “Nonaktifkan akun”.

konfirmasi akun Twitter melalui kata sandi sebelum menonaktifkan akun Twitter
konfirmasi akun Twitter melalui kata sandi sebelum menonaktifkan akun

7. Selesai. Jika muncul tampilan dimana Twitter mengucapkan selamat tinggal untuk kamu. Berarti akun kamu sudah hilang dari tampilan Twitter.com, Twitter untuk android maupun iOS.

Ucapan selamat tinggal akan muncul ketika berhasil menghapus akun Twitter
Ucapan selamat tinggal akan muncul ketika berhasil menghapus akun Twitter

Nah, buat kamu yang sudah terlanjur menonaktifkan akun Twitter kamu, dan kamu berubah pikiran dan ingin mengaktifkannya kembali, aku akan beri tau bagaimana cara mengembalikan akun kamu yang sudah terlanjur dinonaktifkan.

Tetapi sebelum aku beri tau bagaimana cara mengaktifkannya kembali akun Twitter kamu, sebaiknya kamu pastikan dulu bahwa akun kamu belum lebih dari 30 hari setelah kamu nonaktifkannya. Karena pihak Twitter hanya memberikan kesempatan selama 30 hari saja untuk kamu yang ingin berubah pikiran. Setelah lebih dari 30 hari, maka akun Twitter kamu akan dihapus permanen oleh Twitter.

Jika akun Twitter kamu belum lebih dari 30 hari setelah penonaktifan, ikuti langkah – langkah berikut untuk mengaktifkannya kembali.

Cara mengembalikan akun Twitter yang dihapus (dibawah 30 hari)

1. Kunjungi twitter.com di web browser kamu, lalu kamu isi username dan password akun Twitter kamu yang sebelumnya sudah kamu hapus, setelah itu klik “Log in” untuk masuk.

Tampilan saat login Twitter
Tampilan saat login Twitter

2. Setelah kamu klik “Log in”, maka otomatis akun kamu akan diaktifkan kembali.

3. Jika kamu berhasil mengaktifkan akun kamu lagi, kamu akan dibawa pada tampilan beranda Twitter, dan butuh beberapa menit untuk memulihkan kembali tweet, suka, following, dan followers kamu.

Kesimpulan

Jika kamu ingin menonaktifkan akun Twitter kamu, sebaiknya dipikirkan terlebih dahulu. Jika kamu ingin menonaktifkan akun hanya karena tidak tahu bagaimana cara menggunakannya, bukan langkah yang bijak. Banyak informasi yang bertebaran diinternet tentang bagaimana cara menggunakan Twitter. Di blog ini kamu bisa buka kategori twitter disini https://bukugue.com/topik/sosial-media/twitter/ untuk baca hal-hal menarik lainnya terkait twitter.

Jika kamu sudah terlanjur mengapusnya, selama tidak lebih dari 30 hari kamu masih bisa login kembali ke akun tersebut, dan perlu beberapa menit untuk kembali memulihkan data Twitter kamu.