Cara menghapus atau mengembalikan arsip pesan di Whatsapp kamu

Hallo reader, semoga masih selalu di berikan kesehatan jasmani dan rohani sampai hari ini dan seterusnya ya. Amin

Postinganku kali ini masih seputar aplikasi chatting WhatsApp, yang biasa disebut dengan WA. Semakin berkembangnya teknologi di zaman modern ini, WA berusaha selalu menyamankan hati penggunanya dengan fitur-fitur ringan dan tidak ribet. Ada beberapa yang mungkin belum pernah kamu coba seperti Pin Chat, Archive Chat, Mute Notifications, Mark as read, dll.

Archive Chat (Arsip Pesan) itu sendiri fungsinya adalah untuk menyimpan  pesan yang menurut kamu bersifat rahasia (Privacy), karena kamu tidak mau orang lain membacanya. Dengan fitur arsip pesan WA ini teman, saudara kamu tidak bisa membacanya, dikarenakan pesan yang telah di arsipkan berada di paling bawah chats. Tapi ingat yang ini hanya sementara guys, mengapa seperti itu? dikarenakan jika orang tersebut mengirim pesan, maka otomatis pesan akan muncul di beranda seperti chats biasa.

Selain itu juga jika chat tersebut dirasa penting buat kamu dan ingin membacanya dilain waktu, fitur arsip ini sangat berguna sekali. Buat kamu yang belum tau cara mengarsipkan pesan, lebih detil caranya bisa baca juga artikel ini: https://bukugue.com/cara-menyembunyikan-chat-whatsapp/

Cara Menghapus Archive Chat (Arsip Pesan) di whatsapp

Ketika kalian sudah mengarsipkan pesan bukan berarti pesan itu tidak bisa di hapus ya guys, bisa banget. Caranya kurang lebih sama seperti menghapus pesan biasa. Untuk langkah-langkah cara menghapus arsip pesan simak paparan berikut ini:

  1. Buka Aplikasi WhatsApp kamu.
  2. Kemudian Scroll kebawah beranda chats kamu sampai paling akhir. Kebiasaan dari kita adalah chats yang banyak dari setahun/dua tahun yang lalu sampai sekarang belum di hapus, bener gak? hehe. Bagian bawah ada tulisan kecil Chat Archived (2). Kalau ada tanda kurung 2 itu artinya ada 2 pesan yang disembunyikan. Kalau ada 3 atau lebih maka akan terlihat disitu.

    Gambar 1. Laman Beranda Chats
    Gambar 1. Laman Beranda Chats

  3. Ketuk tulisan tersebut, kemudian akan muncul arsip pesan. Yang membedakan pesan biasa dengan pesan arsip adalah ada tulisan archived di samping kanan chat. Pilih pesan mana yang akan kamu hapus. (Lihat gambar)

    Gambar 2. Laman Archived Chats (Arsip Pesan)
    Gambar 2. Laman Archived Chats (Arsip Pesan)

  4. Setelah itu ketuk dan tahan chat tersebut sampai muncul bar diatas. Pilih dan sentuh fitur yang bergambar seperti kotak sampah. Maka akan muncul seperti digambar.
    Gambar 3. Pilih Arsip Pesan yang akan di hapus. Pilih menu bar "Kotak Sampah"
    Gambar 3. Ketuk dan tahan Arsip Pesan yang akan di hapus. Pilih menu bar “Kotak Sampah”

     

  5. Centang/beri tanda ceklis tulisan (delete media from my phone) hapus media dari telepon,  jika kamu ingin menghapus gambar, video, media apa saja yang ada dalam percakapan tersebut yang tersimpan di memori hp kamu, maka otomatis akan terhapus, jika sebaliknya maka tidak perlu di centang. Kemudian pilih delete (hapus) jika kamu yakin ingin menghapus permanen.
    Gambar 4. Ketuk Delete (hapus)
    Gambar 4. Ketuk Delete (hapus)

     

Seperti itulah cara menghapus arsip pesan, yang umumnya memang hampir sama dengan menghapus pesan biasa.

Buat kamu yang hanya sekedar menyimpan pesan saja untuk sewaktu-waktu di baca kembali percakapan didalamnya dan tidak ada niat untuk menghapusnya, saya sarankan untuk mencadangkan (backup) chat sekarang, ada di bagian pengaturan (setting) chat dibagian pojok kanan atas terdapat tools (titik tiga). Kemudian Pilih Settings->Chats->Chat Backup.

Selengkapnya kamu bisa baca disini https://bukugue.com/cara-mencadangkan-file-langsung-di-whatsapp-messenger/

Cara Mengembalikan Chat yang  di Archived di whatsapp

Jika kamu lihat pada gambar ini (Archived Chats), lihat di menu bar atas chat ada fitur yang bergambar seperti folder dengan panah keatas, yang artinya fungsi fitur tersebut untuk mengembalikan  Archived Chats menjadi chat biasa dan akan menghilang dari Archived Chat tersebut.

Gambar 5. Ketuk dan tahan pesan yang akan dikembalikan. Pilih menu bar "folder"
Gambar 5. Ketuk dan tahan pesan yang akan dikembalikan. Pilih menu barfolder

Caranya pilih dan ketuk fitur tersebut maka chat akan hilang, tetapi bukan hilang terhapus atau mencadangkan ke kartu memori kamu, hanya saja chat sudah kembali di beranda chats WhatsApp kamu sesuai dengan waktu percakapannya.

Kesimpulan:

WhatsApp  salah satu aplikasi chatting yang terpopuler, bagus, berguna, ringan dan cepat sebagai alat komunikasi di jaman serba internet sekarang ini. Banyak sekali fitur-fitur menarik yang disediakan WA agar lebih mempermudah penggunanya.

Salah satu nya fitur Archive, Pin, Mute Notifications chat, fitur lain seperti  bisa membuat percakapan group, broadcast, WhatsApp Web, Starred message (pesan bertanda bintang) dan masih banyak lainnya. Gunakan sebijak dan sebaik mungkin aplikasi bermanfaat ini.

Semoga artikel ini dapat membantu kamu dan menambah wawasan kamu tentang aplikasi WhatsApp.

Share woy :D

khairunisa

Menulis bagi saya adalah sarana belajar dan berbagi, bukan berarti sudah banyak tahu.

Tinggalkan Balasan