Cara menghapus akun atau channel Youtube

Saat ini akun Google merupakan sebuah akun yang bersifat Universal. Ketika kalian membuat satu akun google, maka kalian akan bisa secara otomatis bisa masuk ke berbagai layanan google seperti gmail, Google+, Youtube dan berbagai layanan lainnya.

Namun masalahnya adalah bagaimana jika kalian ingin menutup atau menghapus akun satu layanan saja. Misalnya kalian ingin menutup akun youtube saja, tentunya akan sangat tidak praktis jika hanya ingin menutup satu akun saja harus menutup akun google. Karena jika akun google ditutup maka semua layanan yang berhubungan dengan akun google akan otomatis ditutup.

Kalian bisa hanya menghapus(menutup) akun youtube saja, tanpa harus mengganggu layanan google lainnya. Caranya adalah sebagai berikut ini.

a. Cara menghapus channel Youtube

Baik menyembunyikan atau menghapus Channel di Youtube, hanya bisa dilakukan di Browser Desktop dengan cara membuka website Youtube di youtube.com. Kalian tidak akan bisa menghapus akun Youtube melalui HP.

Admin: Aku rasa bisa deh lewat HP, hal ini sempat dibahas dilaman ini. Prosesnya agak berbeda, karena disana kita hapus akun youtube lewat pengaturan google, sedangkan disini kita pakai pengaturan yang ada di youtube. Silahkan pilih sesuai kebutuhan, kalau kamu perlu hapus via ponsel, silahkan baca link yang tadi. cmiiw.

Menghapus channel youtube sebenarnya sangat mudah. Namun kalian perlu ketahui, bahwa jika kalian berhasil menghapus channel maka konten youtube yang sudah kalian buat dan semua subscriber yang kalian miliki akan otomatis menghilang bersama dengan ditutupnya channel youtube kalian tsbt.

Oleh karena itu sebelum kalian menghapus channel, sebaiknya kalian pertimbangkan kembali, karena prosesnya irreversible (tidak bisa dibatalkan), kalau sudah dihapus, semuanya akan hilang tanpa ada kemungkinan kembali.

Ok, langsung aja, berikut ini langkah-langkahnya.

1. Masuk ke halaman awal youtube, lalu pilih “setting”

Pilih Setting

2. Setelah masuk ke menu “setting”, kalian Pilih “Advance Setting”

Masuk ke Advance Setting

3. Scroll kebawah lalu kalian pilih “delete Channel”.

Delete Channel

4. Untuk mengkonfirmasi penghapusan channel, akan diminta untuk memasukkan ulang password. Disini silahkan masukkan ulang password akun google (gmail) kalian.

Masukkan  Password

5. Setelah memasukkan password akan ada 2 pilihan yaitu hide (sembunyikan) atau delete (hapus). Pilihan pertama itu ada di tab “I want to hide my channel”, sedangkan pilihan delete muncul dibagian tab “I want to permanently delete my content”. Untuk sekarang pilih bagian untuk delete di tab “I want to permanently delete my channel”, lalu klik tombol “DELETE MY CONTENT”.

Pilih Delete Permanent

Jika kamu tertarik untuk menyembunyikan channel tanpa menghapusnya, akan dijelaskan nanti dibagian akhir tulisan.

6. Setelah klik tombol biru tadi, akan muncul pop-up untuk mengkonfirmasi. Disini pilih “DELETE MY CONTENT”.

Pilih lagi Delete my content

7. Akan muncul laman konfirmasi baru. Disini kalian akan diminta untuk masukkan alamat email aktif yang terkait dengan akun tsbt (akun gmail kalian). Tujuannya untuk memastikan terakhir kali bahwa kalian benar-benar ingin menghapusnya. Jadi, isi alamat email lalu klik “DELETE MY CONTENT” untuk yang ketiga kalinya.

Masukkan Email

8. Konten kalian berhasil di hapus secara permanen.

Channel berhasil dihapus

Setelah kalian menghapus akun, URL dan nama chanel tersebut tidak akan bisa dilihat lagi atau ditelusuri di Youtube analytic. Setelah kalian menghapus akun youtube tadi, seluruh komentar kalian, riwayat penelusuran dan riwayat tontonan, data like dan akun yang kalian ikuti, semua ini juga akan ikut terhapus permanen.

Jika kalian sudah menghapus content secara permanen maka kalian tidak akan bisa kembali lagi kecuali ada kebijakan dari google. Untuk mengembalikannya lagi kalian bisa mengirim email ke google untuk pembatalan atau permintaan pengembalian akun. Namun jika akun kalian memiliki potensi seperti subscriber yang banyak, maka google sendiri yang akan menawarkan apakah kalian ingin kembali lagi atau tidak.

Admin: Ini aku juga pernah dengar memang. Buat teman-teman yang tidak berkaitan sama dunia blogging/vlogging mungkin tidak tau, tapi penghasilan iklan yang kami dapatkan itu sudah di cut (dipotong) duluan oleh google, untuk youtube aku kurang tau berapa banyak cut-nya, tapi untuk blog kalo ga salah lebih dari 30%. Jadi mereka (google/youtube) tentu tidak menginginkan youtuber (besar) meninggalkan platformnya.

b. Cara menyembunyikan channel Youtube [Bonus pilihan tambahan]

Ketika kalian menyembunyikan channel Youtube, bukan berarti akun yang kalian miliki akan terhapus sementara dan kalian tidak bisa login lagi. Tapi dengan menyembunyikan channel youtube kalian masih tetap bisa login namun akun kalian disembunyikan dari publik atau dengan kata lain akun/channel kalian tidak bisa dilihat oleh orang lain.

Berikut adalah cara menyembunyikan akun youtube. Langkah 1-4 sama dengan diatas, perbedaannya mulai dari langkah 5.

5. Dilangkah 5 ini, kalian pilih tab “I want to hide my channel”, lalu cari tombol biru “HIDE MY CHANNEL”.

Pilih "Hide Channel"

6. Setelah itu akan muncul pop-up untuk konfirmasi. Disini klik “HIDE MY CONTENT” dan setelah itu channel berhasil disembunyikan dan tidak diketahui oleh orang lain.

Pilih "hide my content"

7. Sampai sini seharusnya channel kamu sudah berhasil disembunyikan.


Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga bermanfaat. Jika ada yang ingin ditambahkan, silahkan tambahkan dikolom komentar. Thanks.

digo

Menulis Adalah Sebuah Kesenangan

Tinggalkan Balasan