Cara menghapus pengikut di Instagram yang tidak disukai

Halo kalian para pecinta sosial media. Sudah tahu dong apa itu Instagram? Yups. Instagram merupakan salah satu media sosial yang saat ini dimiliki hampir semua kalangan dari mulai anak-anak, orang dewasa, orang tua, pria, wanita, para pengangguran, politisi, pegawai kantoran, kepolisian, bahkan sampai bupati, gubernur dan bapak Presiden pun mempunyai Instagram. Lalu sebenernya apasih fungsi Instagram? Secara umum, Instagram merupakan wadah untuk meng-upload atau mengunggah gambar dan video agar orang-orang melihat bahkan menyukai dan mengomentarinya.

Namun agar video atau gambar yang kita upload bisa muncul di beranda orang yang kita kenal, mereka harus lebih dulu mengikuti kita atau yang lebih dikenal dengan follow. Orang yang mengikuti akun kita tersebut disebut follower. Gambar dan video yang kita upload akan dapat dilihat oleh semua orang apabila akun kita tidak di privasi. Sedangkan apabila akun yang kita miliki diatur menjadi akun yang privat, maka hanya follower yang bisa melihat postingan kita.

Follower kita nanti akan melihat foto dan video yang kita upload di beranda mereka setiap mereka membuka Instagram. Selain itu mereka juga bisa menyukai postingan kita dan bisa berkomentar di kolom komentar. Lalu siapa saja yang bisa menjadi follower kita? Semua orang bisa menjadi follower dan nanti tergantung kita apakah akan menerimanya atau tidak. Untuk melindungi akun kita agar terhindar dari akun palsu atau pengganggu, maka sebaiknya kita mengatur akun kita menjadi privat.

Cara menghapus follower instagram

Nah terkadang ada follower instagram yang suka nyebelin atau bukan orang yang kita kenal. Follower semacam itu seringkali mengganggu kegiatan kita di instagram. Nah supaya orang yang tidak kita kenal atau orang yang menyebalkan tidak mengikuti kita lagi, langsung hapus saja ya pengikut kamu itu. Caranya gampang banget kok, ikuti aja langkah-langkah di bawah ini saja.

1. Buka Instagram

Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah membuka Instagram dan log in dengan cara mengetikkan username dan kata sandi kalian. Kalau kamu sudah login, tentu saja tinggal masuk ke langkah yang ke dua.

2. Masuk ke profil

Kemudian langsung pilih profil kamu yang dilambangkan dengan gambar manusia d sebelah kanan bawah. Kecuali kalau kamu menggunakan banyak akun instagram, logonya akan berganti menjadi foto profil kamu.

3. Klik daftar follower

Setelah sampai di profil kita, maka pilihlah menu follower yang ada di atas kanan foto profil kita.

4. Cari follower kamu

Kemudian cari follower yang ingin kita hapus. Kalau namanya ada di atas, tinggal kamu scrool saja. Namun kalau namanya ada di bawah kamu bisa mengetikkan namanya di kolom search.

5. Klik tiga titik di sebelah kanan

Kemudian setelah ketemu akun yang ingin kamu hapus dari daftar pengikut, klik tiga titik di sebelah kanan.

6. Klik hapus

Kemudian akan muncul layar berisi pertanyaan untuk menghapus.

7. Selesai

Untuk melakukan penghapusan, kalian tinggal memilih hapus. Maka orang tersebut akan otomatis tidak lagi masuk dalam daftar orang yang mengikuti kamu dan tidak akan bisa melihat postingan maupun snapgram kamu.

Baca juga: Fitur fitur terbaru akun Instagram

Sekian penjelasan tentang cara untuk melakukan pemblokiran terhadap orang ataupun follower Instagram. Cukup panjang memang caranya, namun hal tersebut perlu dilakukan agar kita betah menggunakan Instagram dan tidak terganggu oleh orang-orang tertentu.

Nah selain itu ada dua hal lain yang bisa kamu lakukan agar aktivitas kamu di instagram tidak terganggu. Yang pertama adalah memblokir akun yang tidak kamu sukai dan yang kedua adalah mengatur akun menjadi akun instagram privat.

Apabila kamu memblokir akun instagram orang lain, maka bukan hanya tidak bisa melihat postingan kamu dan tidak lagi mengikuti, tetapi juga tidak akan bisa menemukan akun kamu. . Mereka yang kita blokir masih bisa melihat kita berkomentar di akun Instagram orang lain, namun mereka tidak akan bisa melihat postingan maupun mengomentari postingan kita.

Daftar orang yang kita blokir bisa kita lihat di profil kita pada menu pengaturan dan pilih Blocked Users. Apabila kita ingin membuka blokiran pada orang tersebut agar mereka bisa mengakses akun kita lagi, maka kita tinggal memilih un-block. Mereka akan bisa melihat postingan kita lagi bahkan yang sudah lama. Langkah ini hanya perlu kamu gunakan dalam keadaan yang benar benar mendesak saja

Selain itu kamu juga bisa menerapkan akun instagram privat. Beberapa kelebihan jika akun kita dibuat privat adalah menjaga kerahasiaan sehingga hanya follower dan orang sudah kita terima (yang sudah kita acc/accept). Orang yang kita acc pastilah orang yang kita kenal sehingga memang merekalah orang yang kita inginkan untuk melihat, menyukai dan mengomentari postingan kita. Sedangkan apabila akun kita bersifat umum, maka semua orang bisa mengomentari postingan kita dan terkadang ada beberapa orang yang berkomentar mengganggu.

Baca juga: Cara privat akun instagram dengan mudah 

Setelah akun sudah kita privat, orang yang ingin melihat postingan kita harus menjadi follower kita. Untuk orang-orang yang meminta untuk menjadi follower namun bukan merupakan kenalan kita dan kita tidak mau menerimanya, maka kita tinggal mengabaikan atau menolaknya. Namun untuk orang yang sudah terlanjur menjadi follower dan kita ingin menghapusnya maka kita harus melakukan pemblokiran terhadap orang tersebut dari daftar follower kita.

Sekian tadi langkah langakah menghapus pengikut intagram dan cara mengamankan akun instagram dari orang yang tidak kita kenal. Jangan lupa, manfaatkan fitur fitur ini dengan penuh tanggungjawab ya, jangan disalah gunakan. Semoga bermanfaat ya ^.^

Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar