Cara menghapus video di IGTV

Setelah sukses dengan insta story, Instagram kini mempunyai fitur yang bernama Instagram TV (IGTV). Sebagian dari kalian mungkin masih baru dalam penggunaan IGTV, jadi setelah berhasil upload video, tidak tau bagaimana cara menghapus video tersebut.

Hal ini wajar, karena tidak semua orang punya bakat untuk bisa “cepat terbiasa” dengan hal baru.

Nah disini akan dibahas bagaimana cara menghapus video di IGTV untuk pemula. Akan dijelaskan dengan detail, jadi bisa lebih mudah dimengerti.

Silahkan simak pembahasannya dibawah ini.

Ada dua cara yang bisa lakukan untuk menghapus video di IGTV, yang pertama kalian bisa menghapusnya lewat aplikasi Instagram atau kalian bisa menggunakan aplikasi IGTV.

A. Menghapus video IGTV lewat aplikasi Instagram

1. Buka aplikasi Instagram.
2. Dihalaman awal ini, langsung tap ‘ikon TV” yang ada dipojok kanan atas, seperti pada gambar.

masuk ke icon TV pojok kanan atas

3. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman IGTV umum. Untuk masuk ke halaman channel miliki kalian sendiri, kalian klik “ikon profil” yang ada dipojok kanan atas.

masuk ke channel IGTV

4. Setelah itu kalian akan di bawa kehalaman channel IGTV kalian. Disini buka video yang ingin kalian hapus tsbt. Kebetulan saya baru memposting satu video. Jadi videonya cuma satu.

5. Ditampilan pemutaran video, lihat toolbar bagian bawah, akan ada ikon titik tiga. Pilih ikon titik tiga tsbt. Setelah itu akan muncul kotak berisi beberapa pilihan menu, pilih “HAPUS”.

6. Setelah akan muncul kotak konfirmasi, jika kalian ingin membatalkan menghapus. Tapi kalau sudah yakin, pilih “Hapus” sekali lagi.

7. Setelah itu kalian bisa cek channel IGTV kalian, harusnya video sudah terhapus. Karena video saya cuma satu, dan itupun sudah saya hapus, menu IGTV yang ada di bagian profil sudah hilang.

sudah tidak ada logo IGTV karena semua video sudah dihapus

b. Menghapus video IGTV lewat aplikasi IGTV

1. Pastikan kalian sudah install aplikasi IGTV dari google play. Jika belum punya kalian bisa install dulu lewat link ini https://play.google.com/store/apps/details?id=com.instagram.igtv&hl=en. Lalu buka aplikasi IGTV nya.

buka plikasi IGTV

2. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman beranda IGTV umum. Untuk masuk ke channel, kalian klik “ikon titik tiga” yang ada di pojok akan atas. Setelah itu pilih “Lihat profil”.

3. Setelah itu kalian akan dibawa ke channel IGTV kalian. Nah disitu ada video yang sudah kalian unggah. Kalian buka salah satu video yang akan kalian hapus.

putar video yang ingin dihapus

4. Setelah kalian buka videonya, klik ‘ikon titik tiga” seperti pada gambar. Setelah itu akan muncul kotak berisi beberapa pilihan menu, kalian pilih saja “Hapus”.

5. Setelah itu akan muncul kotak konfirmasi, bahwa kalian benar-benar ingin menghapus video tsbt. Disini kalian klik “Hapus” sekali lagi.

7. Jika sudah, maka kalian akan dibawa ke channel IGTV kalian tadi. Disana akan terlihat bahwa video yang kalian hapus sudah tidak ada lagi.


Sebenarnya menggunakan cara yang pertama maupun cara yang kedua sama saja.

Namun jika kalian berniat serius jadi konten kreator, lebih baik mulai membiasakan menggunakan aplikasi IGTV ini. Karena dengan menggunakan aplikasi IGTV, akan lebih memudahkan kalian untuk mengelola video-video di channel iGTV kalian.


Bagaimana menurut kalian? Tertarik menggunakan IGTV untuk mencari popularitas? Ingat kawanku, sekarang dunia bergerak ke industri 4.0. Kita hidup didunia dimana semua hal terhubung jaringan. Jika kalian punya kreatifitas tinggi, lepaskan dan tunjukkan kemampuan kalian pada dunia, jangan malu-malu.

Saranku dari pada menghapus video yang sudah kalian upload, lebih baik mengupload video yang lebih baru dan lebih baik lagi. Kecuali memang video lama tsbt harus dihapus karena hal tertentu.


Sekian pembahasan kali ini, sampai jumpa.

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan