Cara mengubah tampilan Youtube jadi hitam (dark mode)

Youtube sudah sejak lama mengudara di dunia. Youtube sendiri saat ini menjadi aplikasi yang banyak di gunakan oleh masyarakat dunia sebagai aplikasi streaming dan nonton video terbesar di dunia.

Youtube sendiri memiliki banyak sekali fitur-fitur yang belum banyak di ketahui oleh banyak orang.

Salah satu fitur youtube yang mungkin belum pernah kalian dengar adalah fitur dark mode atau mode tampilan layar belakang yang hitam. Mode ini akan sangat membantu jika kalian menonton youtube di malam hari karena mode ini memiliki tampilan layar belakang yang hitam, dibandingkan layar belakang yang putih, cahaya yang masuk ke mata jauh lebih berkurang.

Selain itu hemat baterai juga sih. Saya pernah baca kalau layar hitam memakan daya lebih sedikit jika dibandingkan dengan layar putih. Walaupun mungkin efeknya tidak kentara ke penghematan baterai. Jadi pertimbangan utamanya mengaktifkan mode gelap ini memang ke arah nyaman atau tidaknya dimata.

Lalu manfaat lain mode ini adalah, saat kalian berada di bawah sinar matahari langsung atau berada di tempat yang memiliki paparan cahaya yang cukup terang juga sangat membantu karena layar belakang yang gelap tadi.

Fitur ini bisa di aktifkan di aplikasi youtube maupun di situs youtube yang kalian buka memalui browser. Ok langsung saja ke tutorialnya dibawah ini. Tutorial akan dibagi jadi 3 bagian, yaitu cara mengaktifkan dark mode di aplikasi youtube, situs youtube di browser hp, dan situs youtube di pc atau komputer.

A. Cara mengubah tampilan aplikasi youtube jadi hitam (gelap)

Cara yang satu ini kita lakukan via aplikasi youtube yang mana aplikasinya sendiri bisa kalian download di playstore. Kalian bisa pakai yang versi lama atau versi terbaru semua bisa.

1. Langkah pertama yang harus kalian lakukan buka aplikasi youtube masing. Setelah kalian buka biasanya beranda awal youtube kalian akan berwana putih layar belakangnya.

2. Setelah itu kalian klik icon profil kalian yang ada di pojok kanan atas. Biasanya berupa huruf atau foto gmail kalian masing-masing.

3. Setelah itu kalian akan ke halaman channel youtube kalian masing-masing, lalu kalian klik setelan yang bergambar gir itu.

4. Nah setelah itu kalian akan di bawa ke halaman seperti ini, pilih di bagian umum atau general (jika aplikasi youtube kalian berbahasa inggris).

5. Nah setelah itu kalian akan di bawa ke halaman seperti ini lalu kalian aktifkan icon yang ada di bagian tema gelap. Jika sudah kalian aktifkan maka secara otomatis yotibe di aplikasi kalian kan berwarna gelap.

6. Jika kalian sudah ubah ke dark mode, tinggal tekan back hingga kembali ke laman awal youtube. Dan tampilan di aplikasi youtube kalian sudah berhasil diubah jadi hitam/gelap.

tampilan beranda youtube setelah dark mode

B. Cara mengubah tampilan situs youtube jadi hitam (gelap) di browser

Tidak semua orang ketika melihat youtube menggunakan aplikasi youtube, ada juga yang menggunakan browser. Kalian bisa menggunakan semua jenis browser, bisa uc browser ataupun yang lain seperti chrome, mozilla dan lain sebagainya. Nah kali ini saya akan mengaktifkan dark mode di uc browser yang sering di pakai oleh banyak orang.

1. Buka uc browser kalian dan masuk ke halaman youtube.
2. Setelah kalian masuk ke halaman youtube maka tampilannya seperti gambar di bawah.

beranda youtube uc browser

3. Tampilannya terlihat normal, jika kalian ingin mengubahnya menjadi dark mode maka yang kalian ubah bukan pada bagian channelnya seperti di aplikasi. Caranya kalian klik icon garis tiga yang ada di tengah bagian bawah.

4. Setelah itu akan muncul banyak pilihan, nah kalian tinggal pilih icon bulan yang ada di situ. Maka secara otomatis mode youtube kalian akan berubah menjadi dark mode.

5. Setelah menjadi dark mode maka tampilanya seperti gambar di bawah ini.

tampilan beranda youtube setelah mode dark di aktifkan

Admin: Untuk cara yang kedua, aku tidak tau apakah di semua browser ada menu/fitur dark mode. Tapi setauku browser chrome ada. Untuk opera dan browser lain, nanti aku coba cek lagi deh.

C. Cara mengubah tampilan youtube menjadi hitam di PC/laptop

Untuk menggunakan pilihan ‘dark mode’ pada Youtube di pc atau laptop caranya cukup mudah. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Buka www.youtube.com pada browser kalian.
  2. Fitur ini dapat diaktifkan meskipun kalian tidak ‘Sign in’ ke akun Youtube kalian.
  3. Klik ikon tiga-titik-bulat pada bagian kanan atas disebelah tanda ‘Sign in’. Akan muncul pilihan seperti gambar dibawah ini.

4. Pilih ‘Dark Theme : Off’ dan akan ditampilkan pilihan notifikasi. Geser tombol disebelah tulisan ‘Dark theme’, secara otomatis tampilan Youtube kalian akan berubah langsung menjadi bernuansa gelap.

Sedangkan kalau kalian sudah terlanjur masuk atau sign ke akun youtube kalian. Pengaturannya sedikit berubah posisinya. Tapi sama aja kok mudahnya.

1. Klik icon profil kalian. Lalu pilih menu “Dark theme: OFF”

2. Akan muncul pop up seperti ini. Aktifkan slide DARK THEME.

3.Dark theme sudah aktif. Tampilan akan berubah seperti dibawah ini.


Nah itu tadi cara yang bisa kalian lakukan untuk mengaktifkan dark mode di youtube. Sebenarnya perbedaan menggunakan aplikasi atapun menggunakan browser tidak begitu besar hanya saja jika menggunakan aplikasi kalian mengaktifkanya melalui bagian setting jika di browser kalian harus juga mengaktifkanya di bagian browsernya.

Saya rasa sekian pembahasan kali ini dari saya, semoga saja bisa membantu kalian semua dalam mengaktifkan dark mode pada youtube agar lebih enak di lihat. Jika ada pertanyaan dan saran, bisa tambahkan di kolom komentar. Terima kasih.

Share woy :D

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan