Cara mengubah trending Youtube berdasarkan negara tertentu

Youtube merupakan salah satu platform yang memungkinkan penggunanya untuk mengupload dan menonton video dari seluruh penjuru dunia.

Pada halaman depan, biasanya kita akan disuguhkan oleh konten video yang biasanya sesuai dengan preferensi kita. Konten yang ditampilkan di home atau beranda biasanya memiliki topik yang sama dengan apa saja yang biasa kita tonton.

Pada Youtube juga terdapat tab explore. Disini kita dapat mengetahui apa saja video yang tengah populer. Nah, pada explore Youtube tersedia fitur trending yang dapat kita gunakan untuk mengetahui video apa saja yang banyak ditonton dan sedang trending di negara kita.

Fungsi dasar fitur trending di Youtube

Fitur trending Youtube ini dibuat dengan tujuan agar pengguna dapat dengan mudah menemukan video yang menarik dan populer. Dengan adanya video trending, pengguna Youtube tidak akan tertinggal informasi apa saja yang menjadi pembicaraan hangat saat ini.

Video yang ditampilkan di trending dapat berubah sesuai dengan minat keseluruhan penonton Youtube. Urutan trending pun dapat berubah seiring waktu. Jadi, urutan video yang trending saat ini dapat berbeda dengan video trending 15 menit kemudian.

Perlu diketahui juga bahwa setiap negara memiliki video trending yang berbeda satu sama lain. Video yang trending di negara Indonesia belum tentu sama dengan Jepang dan Amerika misalnya. Ini dikarenakan topik yang banyak dibahas di satu negara belum tentu sama dengan negara lain.

Cara mengubah trending Youtube berdasarkan negara tertentu

Meskipun memiliki video trending yang berbeda, kita masih dapat mengintip apa saja video yang sedang trending di negara lain. Kita bisa melakukannya dengan cara mengubah lokasi Youtube.

Berikut caranya.

1. Buka tab eksplorasi pada Youtube. Setelah itu buka ‘trending’ untuk melihat trending Youtube di negaramu. Youtube akan menampilkan video yang trending di negara tempat kamu tinggal.

2. Pada tab trending Youtube ini, pilih dan tap ikon tiga titik pada ujung kanan atas tampilan. Setelah itu pilih menu “Setelan”.

3. Dihalaman setelan ini, buka menu “umum”.

buka setelan "umum"

4. Dipengaturan “umum” ini gulir kebawah dan cari bagian lokasi. Pada bagian lokasi, ubah lokasi negara sesuai keinginanmu. Misalnya, disini penulis ingin melihat trending video Youtube di negara Jepang. Oleh karena itu, penulis akan memilih negara Jepang.

5. Setelah memilih negara, selanjutnya kamu dapat kembali ke halaman trending atau halaman utama.

kembali ke tab trending

6. Selesai. Dihalaman trending ini kamu akan dapat melihat konten berubah mengikuti negara yang dipilih tadi.

trending di negara Jepang

Mudah bukan?

Berikut contoh perbedaan video trending dari 3 lokasi berbeda

Kami mencoba mencari tahu dan membandingkan video yang sedang trending di 3 negara, yaitu Indonesia, Inggris, dan Amerika Serikat.

Hasilnya, kami menemukan sedikit kemiripan konten yang ditampilkan pada negara-negara tersebut. Ada beberapa video yang muncul pada trending di 3 negara tersebut.

Bisakah melihat worldwide trending di Youtube?

Sayangnya, saat ini Youtube tidak dapat menampilkan video yang trending di seluruh dunia (worldwide).

Namun banyak orang menjadikan trending di negara Amerika Serikat sebagai tolok ukurnya. Meskipun hal tersebut tidak sepenuhnya benar, namun setelah diamati, video trending yang ditampilkan di negara tersebut memang cukup representatif jika kita ingin tahu trending Youtube di seluruh dunia.


Nah readers, setelah membaca informasi kali ini sudah tahu kan bagaimana cara mengubah trending Youtube berdasarkan lokasi negara? Kesimpulannya, kita dapat mengintip apa saja video yang sedang trending di negara lain. Namun kita tidak dapat melihat trending Youtube di seluruh dunia secara global.

Kami rasa tulisan singkat kali ini sudah cukup jelas ya readers. Namun apabila readers masih ada pertanyaan terkait cara mengubah trending Youtube ini, silahkan tuliskan pada kolom komentar ya.

Tinggalkan Balasan