Cara mengubah video youtube menjadi mp3 tanpa aplikasi

Pernahkah kamu berpikir untuk mengunduh video youtube dalam format audio? Ya, selain dapat diunduh dalam format video, kamu juga mendownloadnya dalam format audio. Selain dapat menghemat data dalam proses pengunduhannya, kamu juga dapat mendengarkannya melalui aplikasi pemutar musik favoritmu.

Adapun format audio yang sering kita jumpai yaitu MP3, AAC, WMA, dan masih banyak lagi. Terlepas dari banyaknya jenis audio, format audio yang paling sering digunakan adalah MP3.

Kini untuk dapat mengubah video YouTube menjadi MP3 tidaklah sulit.

Jika kamu menggunakan PC, kamu bisa menggunakan add on untuk melakukan konversi dan pengunduhan. Sementara itu, jika kamu ingin mengunduhnya langsung dari ponsel, kamu cukup mendownload aplikasi tertentu, atau kamu juga bisa mengunjungi website tertentu.

Saat ini cukup banyak website yang memungkinkan kita untuk dapat mengubah video YouTube menjadi MP3.

Diantaranya adalah ytmp3 dan onlinevideoconverter. Selain melalui situs online seperti ini, kamu juga dapat mengubah video youtube (yang sudah terdownload) yang ada di ponselmu ke dalam bentuk MP3 melalui aplikasi seperti VidCompact.

Pada tulisan kali ini, Bukugue dot com akan memberikan tutorial bagaimana cara mengubah video YouTube menjadi MP3 melalui website ytmp3 dan onlinevideoconverter tadi. Ini artinya, kamu bisa gunakan cara ini disemua perangkat, baik itu pc ataupun ponsel kamu.

Cara ini cukup mudah karena kamu tak perlu menginstall aplikasi tambahan apapun. Sedangkan untuk alternatif lainnya, kami juga akan menjelaskan sedikit mengenai cara mengubah video menjadi MP3 melalui aplikasi VidCompact.

Untuk mengetahui caranya, yuk simak tutorial atau cara mengubah video YouTube menjadi MP3 berikut ini.

Mengubah video YouTube jadi MP3 melalui [ytmp3]

1. Buka aplikasi YouTube dan setelah itu cari video yang ingin kamu convert menjadi MP3. Gunakan kolom pencarian untuk mempermudahnya.

cari video YouTube yang ingin kamu ubah menjadi MP3

2. Lalu dapatkan alamat URL video dengan cara menekan icon titik tiga pada ujung video di hasil pencarian YouTube. Setelah itu kamu dapat menekan share. Maka akan ada pilihan untuk meng-copy link atau URL video. Tap icon copy link untuk menyalin URL.

3. Setelah itu, buka browser pada ponselmu dan kunjungi ytmp3 melalui link berikut: https://ytmp3.cc

4. Setelah membukanya, silahkan paste atau tempelkan link yang telah kamu salin tadi pada kolom yang tersedia. Setelah link berhasil ditempel, silahkan tekan convert untuk melanjutkan ke proses konversi video.

buka ytmp3 dan tempelkan link pada kolom yang tersedia

5. Setelah berhasil diubah menjadi MP3, ytmp3 akan menyediakan tombol untuk melakukan pengunduhan. Tap download untuk mendownload MP3 yang telah melalui proses konversi tadi. Jika muncul iklan, kamu dapat menutup jendela iklannya.

tap download

6. Terakhir, tunggu proses pengunduhan hingga selesai. Setelah selesai terunduh, kamu dapat mendengarkan audio tadi melalui aplikasi pemutar musik di ponselmu.

Selain dapat digunakan untuk mengubah video YouTube menjadi MP3, ytmp3 ini juga dapat digunakan untuk mengunduh video YouTube dalam format MP4 (tanpa adanya konversi). Namun demikian ytmp3 juga memiliki kelemahan diantaranya yaitu tidak dapat digunakan untuk meng-convert video yang telah tersimpan di ponselmu. Selain itu ukuran dari file MP3 hasil konversi tidak ditunjukkan secara jelas.

Mengubah video YouTube jadi MP3 melalui [onlinevideoconverter]

1. Pertama, salin URL video yang akan kamu ubah menjadi format MP3. Caranya sama dengan langkah 1 dan 2 di cara sebelumnya tadi. Intinya adalah kamu cukup mencari video di YouTube setelah itu copy-kan link-nya.

2. Selanjutnya, buka [OnlineVideoConverter.com] atau kamu dapat membukanya pada link berikut: https://www.onlinevideoconverter.com/mp3-converter
Setelah itu paste-kan alamat URL video tadi. Untuk memulai proses konversi, tap tombol start. Tunggu hingga proses konversi video selesai.

3. Setelah proses konversi format video menjadi audio selesai, kamu dapat melakukan pengunduhan dengan cara menekan tombol download seperti pada gambar berikut ini. Jika iklan muncul, kamu dapat menutup jendela iklannya agar tidak mengganggu.

tap download untuk memulai proses pengunduhan

4. Setelah proses pengunduhan selesai, kamu kini dapat mendengarkan audio tadi melalui ponselmu secara offline.

Melalui tool “onlinevideoconverter” ini, kamu dapat mengubah video YouTube ke dalam berbagai bentuk format. Selain itu ukuran dari file hasil konversi akan ditunjukkan dengan jelas sehingga kamu mungkin bisa lebih menghemat data. Akan tetapi, cara ini juga masih memiliki kelemahan. Cara ini masih tidak dapat mengkonversi video yang telah tersimpan di ponselmu.

Bagaimana, sangat mudah kan untuk mengubah video YouTube menjadi MP3? Namun sayangnya, kedua website tadi hanya mendukung konversi video melalui link saja. Cara tadi tidak dapat diterapkan pada video YouTube maupun video lain yang sudah terlanjut di download dan disimpan diponsel kamu. Sehingga untuk video YouTube yang sudah tersimpan, kamu harus menggunakan cara lainnya.

Mengubah “video YouTube yang sudah tersimpan” menjadi MP3 dengan aplikasi VidCompact

Melalui aplikasi ini kamu dapat mengedit dan mengubah file video, termasuk di dalamnya video YouTube yang telah didownload, menjadi file audio. Langsung saja untuk langkah-langkahnya, kamu dapat melihatnya pada penjelasan sebagai berikut.

Oh iya bagi kamu yang ingin menginstall aplikasi ini dapat mengunjungi link berikut ini: https://play.google.com/store/apps/detailsid=com.xvideostudio.videocompress

1. Pertama, buka aplikasi VidCompact. Pada halaman utama, tap Video to MP3.

buka aplikasi VidCompact setelah itu tap video to MP3

2. Setelah itu, pilih video yang akan kamu ubah menjadi MP3.

pilih video yang akan diubah menjadi MP3

3. Kamu juga dapat mengatur durasi video dengan menggeser slider ke arah kanan dan kiri. Selain melalui slider, kamu juga bisa mengatur start time dan end time melalui icon di sebelah kanan tampilan video. Setelah mengatur start dan end time, tap icon pada ujung kanan atas layar untuk memulai proses pengubahan video menjadi MP3.

atur start dan end time jika diperlukan, setelah itu tap icon di ujung kanan atas untuk meng-convert

4. Video yang dikonversi akan secara otomatis tersimpan dalam format MP3 di ponselmu. Kini kamu dapat memutar file audio ini menggunakan aplikasi pemutar musik favoritmu.

Cara ini dapat kamu gunakan untuk mengubah file video menjadi MP3 secara offline. Sehingga jika kamu memiliki keterbatasan paket internet, kamu dapat menggunakan cara ini. Cara ini juga memiliki kelebihan yaitu dapat mengatur start dan end time video yang ingin kamu convert. Meskipun begitu, VidCompact tidak memungkinkan  untuk mengubah video YouTube menjadi MP3 melalui link. Itu artinya, VidCompact hanya dapat digunakan untuk file video yang tersedia di ponselmu saja.


Nah itu tadi beberapa cara mengubah video YouTube menjadi MP3 tanpa aplikasi tambahan (kecuali yang terakhir), dan bisa dilakukan baik itu di ponsel android, ios, ataupun tablet/pc kamu.

Semoga informasi ini bermanfaat untuk para pembaca. Ikuti terus informasi menarik lainnya, informasi seputar sosial media terupdate hanya di Bukugue dot com.

Syifa Zaidatun Ni'mah

Memiliki passion dalam menulis artikel tutorial dan tips, teknologi, motivasi, ekonomi, karir, serta semua hal terkait perempuan || Menulislah selagi bisa menulis

Tinggalkan Balasan