Cara menonaktifkan fitur pencarian di aplikasi Youtube Kids

Aplikasi youtube kids memang sangat membantu untuk banyak orang tua di dunia. Aplikasi ini memuat konten-konten video yang cocok untuk anak, bisa disesuaikan dengan umur anak.

Meskipun semua video yang di sediakan video yang friendly untuk anak. Kita sebagai orang tua harus tetap memperhatikan anak ketika penggunaan aplikasi ini.

Di youtube kids sendiri, anak-anak bisa memakai fitur pencarian untuk mencari video-video dari kartun yang mereka suka.

Jika ada mungkin tipe atau jenis video/kartun, yang menurut kalian tidak cocok buat anak kalian, kalian bisa membatasi anak dengan menonaktifkan fitur pencarian di aplikasi tersebut.

Kalian bisa mengaktifkan fitur ini per-profil, jadi jika diakun youtube kidsnya ada dua profil/akun, saat yang satu dinonaktifkan, yang satu lagi tidak akan terpengaruh.

Langsung aja, berikut ini cara mematikan fitur pencarian tsbt.

1. Buka aplikasi youtube kids yang ada di smartphone kalian.
2. Setelah itu, kalian bisa cek dulu apakah masih ada fitur pencarian dihalaman beranda. Jika masih ada, baru ikutin proses selanjutnya.

3. Untuk menonaktifkannya kalian silahkan tap ‘icon gembok” yang ada di pojok kanan bawah diberanda youtube kids tsbt.

masuk ke icon gembok pojok kanan bawah

4. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman konfirmasi. Disini silahkan kalian isikan jawaban dari pertanyaan yang di berikan.

5. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman menu opsi. Disini ada bebarapa pilihan, kalian tap saja menu “setelan”.

masuk ke menu setelan

6. Setelah itu kalian akan dibawa ke halaman “setelan”. Disini ada pilihan akun profil anak kalian, kalian pilih saja akun profil yang akan kalian gunakan.

pilih salah satu akun profil yang akan di gunakan

7. Setelah kalian masuk ke akun profilnya, kalian akan dimintai verifikasi lagi dengan memasukkan sandi akun gmail kalian (yang terkait dengan youtube kids tsbt).

masukan akun google yang kalian gunakan

8. Setelah itu kalian akan dibawa kehalaman profil anak kalian. Disini kalian scroll kebawah hingga ada menu izinkan penelusuran. Setelah itu kalian nonaktifkan tombol navigasi yang ada disampingnya.

9. Setelah kalian nonaktifkan tombol navigasinya, maka kalian akan di bawa ke halaman konfirmasi bahwa kalian akan menonaktifkan menu pencarianya. Kalian klik saja ok.

klik ok untuk konfirmasi

10. Setelah kalian setujui. maka akan kelihatan seperti dibawah ini. Untuk melihat hasilnya, silahkan kembali ke beranda youtube kids-nya.

setelah navigasi di nonaktifkan

11. Setelah berada di halaman beranda youtube kidnya. Kalian bisa klik di bagian pencarian yang ada di pojok kanan atas.

klik search untuk melihat hasilnya

12. Jika sudah kalian klik bagian pencarian maka akan muncul halaman pemberitahuan bahwa kolom pencarian youtube kidsnya dinonaktifkan.

halaman pemberitahuan bahwa penulusuran di matikan

Dengan menonaktifkan fitur pencarian di youtube kids, kalian bisa lebih mudah dalam mengontrol tontonan anak kalian. Jadi anak kalian bisa menonton video yang akan muncul secara random yang telah disediakan oleh pihak youtube yang sudah disesuaikan berdasarkan profil yang sudah dibuat.

Sebelum kalian mengijinkan anak kalian menonton video di youtube kids-nya, kalian wajib mengecek terlebih dahulu video yang disajikan, jika dirasa video yang sudah disediakan secara random masih kurang ramah dengan usia anak, kalian bisa melaporkannya dan memblokir videonya, agar video tidak muncul lagi di daftar putar.


Saya rasa sudah cukup jelas tutorial di atas kalian bisa membagikan nya jika tutorial di atas bermanfaat bagi kalian .

anwarnulis

penikmat kopi

Tinggalkan Balasan