Cara Menyembunyikan Foto Profil WhatsApp dari Orang Lain

Foto profil merupakan salah satu tanda pengenal pada akun WhatsApp kita. Foto profil tersebut akan mempermudah orang untuk mengkonfirmasi nomor HP yang mereka simpan adalah benar nomor kita atau bukan. Seringkali kita menjadikan foto kita sendiri atau foto lain yang ada hubungannya dengan kita sebagai foto profil agar orang lain dapat mengenali kita dengan benar.

Namun untuk menjaga privasi, kita dapat mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profil kita. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga dan mencegah hal-hal yang tidak diinginkan. Misalnya saja ada orang yang tidak kita kenal mencuri foto kita dan menggunakannya untuk kepentingan mereka. Tentu saja hal tersebut merupakan hal yang sangat berbahaya sehingga kita harus mencegahnya. Salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah membatasi siapa saja yang bisa melihat foto profil kita di WhatsApp mereka.

Mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profil WhatsApp kita akan melindungi kita dari hal yang tidak diinginkan. Biarpun nantinya akan ada yang berpendapat kita terlalu sombong karena tidak mau menampilkan foto profil kita pada mereka, namun hal tersebut tidak menjadi masalah selama kita bisa memberikan penjelasan pada mereka. Cara untuk mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profil kita pun cukup mudah.

Mengatur Agar Hanya Orang yang Nomornya Kita Simpan Saja yang Bisa Melihat Foto Profil Kita

Cara agar foto profil kita hanya bisa dilihat oleh orang-orang tertentu dapat kita atur melalui pengaturan privasi. Nantinya akan ada tiga pilihan siapa saja yang bisa melihatnya yaitu semua orang, orang yang ada pada daftar kontak kita dan tidak ada orang yang bisa melihatnya. Caranya dapat kita ubah dengan langkah-langkah berikut ini.

1. Buka aplikasi WhatsApp

Untuk mengatur siapa saja orang yang bisa melihat foto profil kita di WhatsApp, tentu saja kita harus membuka aplikasi WhatsApp yang berada pada smartphone kita.

2. Tap titik tiga di pojok kanan atas

Setelah kita membuka aplikasi WhatsApp, akan terlihat ikon titik tiga vertikal yang terletak di pojok kanan atas. Klik ikon tersebut dan akan muncul beberapa pilihan.

3. Pilih Setting atau Setelan

Untuk masuk ke pengaturan agar bisa mengatur siapa saja yang bisa melihat foto profil kita, maka pilih setting atau setelan

4. Klik Akun

Setelah kalian memilih Setting atau Setelan, kalian akan melihat halaman yang menampilkan nama dan foto profil kita serta informasi profil kita. Selain itu, ada pula beberapa pilihan seperti Akun, Chatting, Notifikasi, Penggunaan data dan penyimpanan, Undang Teman dan Bantuan. Untuk langkah selanjutnya, kalian bisa klik Akun yang berada di pilihan paling atas tepat di bawah foto profil.

5. Pilih Privasi

Selanjutnya, pilih Privasi yang berada paling atas. Selain itu kalian akan menemukan beberapa pilihan lain pada halaman Akun selain Privasi yaitu Keamanan, Verifikasi dua langkah, Ganti nomor, Minta info akun dan Hapus akun saya.

6. Klik Foto Profil

Karena pengaturan yang ingin kita ubah adalah untuk foto profil, maka pada halaman Privasi silahkan kalian klik Foto Profil.

7. Tap Kontak saya

Akan muncul tiga pilihan setelah kita klik pada bagian Foto Profil yaitu Semua orang, Kontak saya dan Tidak ada. Untuk mengatur agar hanya orang yang berada dalam daftar kontak kita atau nomornya sudah kita simpan, kalian bisa memilih ‘Kontak saya’. Namun apabila kalian tidak ingin ada orang yang bisa melihat foto profil kalian maka kalian bisa memilih ‘Tidak ada’.

Setelah langkah ke tujuh dilakukan, maka otomatis pengaturan berubah sesuai pilihan kalian pengguna WhatsApp. Apabila kalian memilih ‘Kontak saya’ maka orang yang bisa melihat foto profil kalian adalah orang-orang yang kalian simpan nomornya. Apabila yang kalian pilih adalah ‘Tidak ada’ maka tidak ada satu orang pun yang bisa melihat foto profil kalian kecuali kalian sendiri. Bahkan orang yang masuk dalam daftar kontak kalian pun tidak akan bisa melihatnya.

Baca juga: Cara melihat status WA teman tanpa keahuan

Kelebihan dan Kekurangan Menyembunyikan Foto Profil dari Orang-orang Tertentu

Seperti yang sudah sedikit disinggung pada bahasan di atas, tentunya membatasi orang yang bisa melihat foto profil kita mempunyai kelebihan dan kekurangan.

1. Privasi yang terjaga

Dalam menggunakan aplikasi WhatsApp, tentunya kita ingin tetap aman dan tidak mendapat gangguan dari pihak luar. Hal tersebut bisa kita lakukan adalah mengatur privasi kita agar tidak semua orang bisa melihat foto profil kita. Dengan mengaturnya menjadi orang-orang tertentu saja yang bisa melihat foto profil kita, maka privasi kita tetap terjaga dan kemungkinan terjadinya gangguan kecil karena kita sendiri yang memilih orang-orang tersebut.

2. Resiko foto dicuri sangat kecil

Dengan mengatur siapa saja yang dapat melihat foto profil kita, maka resiko foto kita dicuri oleh orang yang tidak bertanggung jawab sangatlah kecil. Hal tersebut dikarenakan orang-orang yang kita pilih pastilah orang yang sudah kita kenal. Dan tidak mungkin kita memilih orang-orang yang tidak bertanggung jawab atau bisa saja mencuri foto profil kita untuk dapat melihat foto profil kita.

3. Sering dibilang sombong

Berdasarkan pengalaman penulis, beberapa orang tidak peduli dengan privasi sehingga apabila ada orang yang menyembunyikan foto profil mereka dari beberapa orang, maka akan dibilang sombong. Hal ini tentu saja tergantung pada sudut pandang masing-masing orang karena setiap orang memiliki pemikiran yang berbeda. Jadi yang harus kita lakukan hanyalah mendengarkan dan lupakan.

4. Orang lain jadi tahu bahwa kita tidak menyimpan nomornya

Hal tersebut juga berdasarkan pengalaman penulis. Jadi beberapa orang akan tahu bahwa nomor mereka tidak kita simpan karena mereka tidak bisa melihat foto profil kita. Kasus tersebut terjadi apabila kita mengatur hanya kepada nomor yang kita simpanlah yang bisa melihat foto profil kita. Namun hal tersebut juga sangat sepele. Kita bisa langsung minta maaf dan menyimpan nomor mereka. Namun apabila kita memang tidak ingin mereka dapat melihat foto profil kita, maka bilang saja bahwa kalian mengatur untuk tidak ada orang yang bisa melihat foto profil kita, bukan hanya dia saja.

Jadi pada intinya, mengatur siapa saja yang dapat melihat foto profil kita adalah hal yang kita lakukan untuk melindungi privasi kita dan mencegah agar orang lain tidak melakukan hal-hal tidak bertanggungjawab yang tidak kita inginkan. Bagi sebagian orang mungkin tidak menganggap privasi mereka penting. Namun tidak ada salahnya kita melakukan hal tersebut karena seperti banyak kata orang bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati.

Baca juga: Cara mengirim gambar WA tanpa terkompress

Mungkin cukup sekian guys bahasan kali ini. Selamat mencoba untuk kalian yang menganggap penting privasi kalian dan ingin melindunginya. Semoga tulisan ini bermanfaat dan semoga berhasil!

Advertisements
Tristianto Nugroho

Tristianto Nugroho

Menulis karena ingin tahu, bukan karena sudah banyak tahu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *