Cara mudah berganti login antar akun facebook dengan fitur “sekali ketuk”

Facebook merupakan salah satu sosial media yang selalu mengikuti perkembangan zaman. Di setiap pembaruan aplikasi yang dilakukan, pasti ada fitur baru yang disematkan. Dan fitur-fitur tersebut tidak kalah dengan aplikasi media sosial yang lain. Seperti fitur siaran langsung, membuat status yang berlaku selama 24 jam, dan masih banyak lagi.

Selain fitur yang bisa digunakan ketika sudah login untuk mempermudah para pengguna sosial media facebook untuk berinteraksi dan membagikan aktivitasnya melalui sosial media, facebook juga menyediakan fitur untuk mempermudah kamu ketika login ke facebook. Yaitu fitur masuk dengan sekali ketuk. Mungkin ini mirip dengan fitur login yang ada di instagram.

Hanya saja pada fitur masuk sekali ketuk di facebook memiliki lebih banyak menu pengaturannya. Sehingga si pemilik facebook memiliki andil penuh untuk menyetting fitur masuk dengan sekali ketuk di facebook sesuai dengan yang diinginkan.

Hebatnya lagi, fitur ini tersedia untuk semua jenis facebook. Baik facebook web, facebook seluler, maupun facebook lite. Jadi, facebook apapun yang kamu gunakan, kamu tetap bisa menikmati atau mencoba fitur log in facebook yang satu ini.

Tapi, setiap fitur yang ada pada sosial media tentu memiliki kelebihan dan kelemahan karena memang tangan buatan manusia tidak bisa sesempurna buatan tangan Tuhan, betul kan? Termasuk pada facebook dan setiap fitur yang tersedia di dalamnya. Termasuk juga pada fitur masuk dengan sekali ketuk ini. Nah, di artikel kali ini aku tidak akan membahas tentang facebook secara umum.

Kali ini aku akan membahas tentang kelebihan dan kelemahan fitur masuk dengan sekali ketuk di facebook. Dengan begitu, kamu bisa mempertimbangkan sendiri akan menggunakan fitur ini untuk akun facebook kamu atau tidak.

Beberapa kelebihan dan kelemahan fitur masuk dengan sekali ketuk di facebook :

Kelebihan

1. Tidak perlu takut lupa password

Salah satu Kelebihan menggunakan fitur masuk dengan sekali ketuk di facebook adalah kamu tidak perlu takut lupa password. Karena dengan fitur ini, facebook secara otomatis akan menyimpan password kamu. Jadi, ketika kamu masuk kembali ke facebook kamu tidak perlu memasukkan email dan password.

Data tentang email dan password kamu tidak akan hilang atau terhapus sekalipun kamu sudah me log out facebook. Kecuali jika kamu menghapus cookie aplikasi facebook atau browser yang kamu gunakan untuk login facebook. Dengan begitu kamu tidak perlu takut lupa dengan password facebook karena jarang digunakan atau kombinasi password yang sulit sehingga sulit untuk dihafal.

2. Kamu bisa log in ke facebook dengan lebih cepat

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan ketika kamu menggunakan fitur masuk dengan sekali ketuk untuk akun facebook kamu adalah kamu jadi bisa log in ke facebook dengan lebih cepat.

Ini masih ada hubungannya dengan keuntungan yang pertama. Karena email dan password facebook kamu sudah disimpan oleh aplikasi facebook ataupun web browser yang biasa kamu gunakan untuk mengakses jejaring sosial facebook, kamu jadi bisa log in ke facebook dengan lebih cepat karena tidak perlu lagi memasukkan email dan password facebook.

Sehingga waktu yang kamu butuhkan untuk login ke facebook juga bisa lebih singkat. Apalagi jika kamu adalah orang yang tidak mudah mengingat password facebook sendiri karena sering berganti password maupun memiliki banyak sosial media yang passwordnya berbeda-beda. Nah, ini adalah salah satu jalan cepat untuk kamu.

3. Bisa menyimpan sandi untuk 2 akun facebook atau lebih, sehingga jika kamu memiliki 2 akun facebook atau lebih kamu bisa masuk dengan lebih mudah

Nah, bagi kamu yang memiliki dua akun facebook atau lebih, fitur masuk dengan sekali ketuk ini juga bisa membantu kamu untuk bisa mengingat password dengan baik dan juga masuk dengan lebih cepat. Fitur masuk dengan sekali ketuk untuk facebook ini tidak hanya bisa digunakan untuk satu akun facebook pada satu aplikasi. Tetapi bisa untuk dua akun atau lebih meskipun tidak seperti twitter atau instagram yang bisa dengan mudah log in ke dua akun sekaligus atau biasa disebut dengan multiple akun.

Di facebook kamu harus log out dari satu akun terlebih dahulu sebelum masuk ke akun facebook yang lain. Misalnya kamu memiliki dua akun facebook, satu akun facebook pribadi kamu, dan satu lagi adalah akun facebook kantor atau tempat kerja yang adminnya dipercayakan kepadamu.

Kamu tidak bisa membuka dua-dua nya dalam satu aplikasi dan satu waktu yang sama. Kecuali jika kamu menggunakan web browser untuk log in ke facebook, itu pun harus di tab yang berbeda. Jadi jika kamu ingin log in ke akun kantor, maka kamu harus log out terlebih dahulu dari akun facebook pribadi, dan sebaliknya.

Baca juga : Cara hapus permanen akun facebook yang di hacked

Kelemahan

1. Rawan hacking

Seperti yang selalu saya katakan, dibalik kelebihan- kelebihan dari berbagai fitur yang ditawarkan oleh facebook, tentu saja ada kelemahannya. Begitu pula dengan fitur masuk dengan sekali ketuk yang ditawarkan oleh facebook. Dan satu-satunya kelemahan dari fitur masuk sekali ketuk di facebook menurut saya adalah kerawanan terhadap hacking. Pasalnya, password yang tersimpan di browser yang digunakan untuk mengakses jejaring sosial facebook masih bisa dilacak oleh para hacker.

Apalagi jika kamu menggunakan komputer umum saat log in ke facebook. Hacking pun bisa terjadi ketika kamu menggunakan perangkat pribadi (yang ini sifatnya kejahilan teman atau saudara semata ya).

Baca juga : Cara amankan akun facebook dari hacking dengan menggunakan fitur kontak terpercaya dan Tips agar akun facebook kamu aman dari Hacker

Saat kamu menggunakan fitur akses masuk dengan sekali ketuk, maka orang lain yang meminjam ponsel atau perangkat pribadi kamu yang lain, mereka akan langsung bisa mengakses akun facebook kamu bukan? Tapi jangan khawatir, semua ini pun ada solusinya. Agar facebook kamu tidak bisa dihack ketika menggunakan fitur masuk dengan sekali ketuk di facebook, maka kamu bisa mencoba mengamankannya dengan cara dibawah ini.

Cara mengamankan akun ketika menggunakan fitur masuk dengan sekali ketuk

1. Buka fb lite
2. Ketuk titik tiga disamping nama akun facebook kamu 
3. Nonaktifkan simpan kata sandi

Nah, sekarang facebook kamu sudah aman. Dengan begitu, Kamu tetap bisa masuk dengan lebih mudah dan cepat, tapi facebook kamu tetap aman. Kamu bisa menentukan sendiri apakah ingin menggunakan fitur masuk dengan sekali ketuk dengan atau tanpa menyimpan password facebook kamu.

Satu tips dariku, jika kamu ingin menyimpan sandi facebook, maka gunakanlah perangkat pribadi. Dan ketika ada orang yang ingin meminjam perangkat pribadi kamu, ubahlah setting fitur masuk dengan sekali ketuk untuk facebook kamu menjadi tidak otomatis masuk tanpa mengetik password.

Seperti cara-cara yang sudah aku jelaskan diatas. Atau kamu juga bisa menerapkan smartlock untuk aplikasi facebook kamu. Dengan begitu, orang lain tidak akan mudah mengakses aplikasi facebook kamu.

Nah, aku rasa ini dulu yang bisa aku tulis di artikelku kali ini. Semoga tulisanku ini bisa bermanfaat dan menambah pengetahuan bagi kamu maupun bagiku sebagai penulis.

Oh ya jangan sungkan-sungkan jika kamu ingin memberi saran maupun komentar untuk tulisan ini, akan aku jadikan perbaikan untuk tulisan di artikel-artikel ku selanjutnya. Dan jika kamu memiliki cara lain atau pengetahuan lain tentang fitur masuk dengan sekali ketuk di facebook atau kritik, saran, maupun pertanyaan, silahkan langsung menulisnya di kolom komentar. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Semoga bermanfaat.

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *