Cara Mudah Membuat Grup di Facebook

Berbicara soal facebook pastinya kita takkan pernah bosan dengan kehebatan dari facebook itu sendiri. Facebook sendiri sudah terkenal hingga seluruh dunia apalagi keberadaan facebook telah menolong sejuta umat untuk berkomunikasi dengan orang yang bertetanggaan dengan kita bahkan hingga orang di mancanegara. Tentu saja hal ini sangat hebat bukan?

Berkomunikasi dengan facebook sendiri nyatanya tidak membutuhkan biaya, dan serba instan, walaupun kita harus mengeluarkan uang untuk internet namun hal ini pastinya akan setimpal dengan kecepatan dan kehematan kita saat berkomunikasi dengan orang lain jika harus menggunakan media seperti telepon atau sms.

Selain itu, kita dapat mengetahui apakah orang tersebut sudah membaca atau belum karena facebook mempunyai fitur tersebut.  Dalam hal ini tentu saja kita merasa terbantu karena mengetahui status dari pesan yang telah kita kirim.

Mengirim pesan melalui facebook sendiri nyatanya lebih cepat dan murah. Di samping itu kita dapat mengetahui apakah seseorang yang kita kirimi pesan dalam keadaan online atau tidak.

Facebook  sendiri juga membantu kita untuk menemukan orang-orang yang mempunyai minat seperti kita, contohnya travelling. Untuk bertemu dengan orang dengan minat yang sama tersebut di facebook biasanya menggunakan “fitur” GROUP/grup. Sebuah grup biasanya berisikan orang-orang yang mempunyai minat yang sama, tujuan yang sama, ataupun kesamaan tertentu lainnya, entah itu satu daerah, satu sekolah, dll.

Ketika seseorang sudah berkumpul pastinya mereka akan saling bercerita, bertanya dan memecahkan masalah bersama di grup. Ketika seseorang sudah mempunyai pengalaman pastinya mereka tidak akan pelit untuk berbagi pengetahuannya kepada yang lain. Tentu saja hal ini membuat pengetahuan kita semakin bertambah.

Namun sayangnya tidak semua orang di sebuah grup itu baik bahkan ada beberapa orang yang memanfaatkan kesempatan yang ada seperti halnya mencuri-curi waktu untuk mempromosikan dagangannya namun tidak pernah membagi ilmu ke grup.

Berbagai orang dapat mengutarakan pendapatnya di grup namun tentu saja bila ingin berpendapat pastinya harus mempunyai sopan santun. Ketika seseorang tidak bersikap sopan santun di media sosial apalagi sebuah grup pastinya bisa dimusuhi oleh banyak orang. Oleh karena itu, kamu juga perlu bersikap baik serta bertindak dengan bijak di media sosial.

Grup di facebook sendiri pastinya sudah banyak dan kita dapat memilih masuk ke berbagai macam grup. Namun sebuah grup terkadang membingungkan bagi diri kita sendiri karena grup hanya berisikan sebuah promosi dagangan orang yang mana fungsi sebuah grup tersebut menjadi berubah. Karena itulah kita enggan untuk masuk ke grup.

Ketika kita salah masuk ke sebuah grup pastinya kita akan keluar dari grup tersebut. Untuk mensiasatinya, kita sendiri dapat membuat sebuah grup baru di facebook dengan tujuan yang sama.  Membuat sebuah grup di facebook nyatanya sangatlah mudah dan cepat.

Ketika kita sudah membuat grup, kita sendiri pun dapat mengelola grup dan mempunyai hak untuk memberikan persetujuan kepada setiap postingan oleh para anggota. Itulah keistimewaan bila kita menjadi seorang admin.

Langkah-langkah Membuat Grup di Facebook Melalui PC

Untuk melakukan pengaturan apapun di facebook itu sendiri pastinya kamu membutuhkan yang namanya login akun facebook terlebih dahulu. Setelah itu, kamu dapat membuat grup di facebook dengan cara berikut ini.

Versi 1

buat grup di facebook

  • Ketika kamu sudah berada di Beranda facebook maka kamu hanya perlu melihat bagian kiri beranda facebook lalu cari Grup yang termasuk bagian Jelajahi.

  • Setelah itu, kamu hanya perlu mengklik Buat Grup yang berada di ujung kanan atas.

  • Pada kesempatan ini, kamu harus memberi nama untuk Grupmu, kemudian masukkan teman-teman facebookmu untuk dijadikan sebagai anggota, lalu pilih jenis privasi grup. Terakhir adalah klik Buat.

jenis privasi grup di facebook

  • Privasi Grup Facebook sendiri terbagi menjadi 3 bagian yaitu Publik, Tertutup dan Rahasia. Untuk fungsinya sendiri kamu dapat melihatnya pada gambar di atas.

  • Membuat grup di facebook sudah jadi.

Versi 2

  • Klik Grup yang berada di paling bawah kiri Beranda facebook.

  • Setelah itu beri nama pada grup, tambahkan orang yang akan dijadikan sebagai anggota, lalu pilih privasi grup. Jangan lupa untuk menyimpannya kamu harus mengklik Buat.

  • Grup facebook yang telah kita buat sudah jadi.

Versi 3

  • Langkah pertama yang harus dilakukan adalah kamu harus mengklik segitiga kebalik. Setelah itu pilih Buat Grup.

  • Dalam hal ini kamu harus memasukkan nama untuk grup kamu, memasukkan orang serta memutuskan jenis privasi apa untuk grup. Setelah itu klik Buat.

  • Grup facebook sudah selesai dibuat.

 

Langkah-langkah Membuat Grup di Facebook Melalui HP

Selain membuat grup melalui pc. Hal ini juga dapat dilakukan melalui hp dengan cara berikut ini.

Versi 1

  • Pertama kali yang harus kamu lakukan ketika sudah berada di Beranda facebook itu sendiri yaitu kamu hanya perlu mengklik Menu yang tepat berada di pojok kanan atas.

  • Setelah itu klik Grup.

  • Kemudian klik Buat Grup Baru.

  • Hal yang paling penting adalah kamu harus membuat nama untuk grup kamu sendiri. Setelah itu memilih jenis privasi grup yang diinginkan. Untuk mengakhiri jangan lupa untuk mengklik Buat.

  • Sebuah grup pastinya membutuhkan yang namanya sebuah anggota maka dari itulah kamu harus memasukkan beberapa teman untuk grupmu. Bila sudah mendapatkan teman untuk dijadikan anggota grup maka kamu harus mengklik Tambahkan yang Dipilih.

  • Grup facebook sudah jadi.

Versi 2

  • Pada saat sudah berada di Beranda facebook, kamu hanya perlu mengklik Grup yang berada di bagian bawah.

  • Kemudian kamu harus mengklik Buat Grup Baru.

  • Isilah pada bagian pemberian nama grup, jenis privasi grup, dan terakhir klik Buat.

  • Jangan lupa untuk memasukkan anggota ke grup dengan cara memberikan ceklis pada nama seseorang atau mencarinya satu-satu di kolom cari lalu Tambahkan yang Dipilih.

  • Grup facebook sudah jadi dibuat.

Untuk membuat sebuah grup di facebook itu sendiri nyatanya tidaklah susah karena kita hanya perlu memikirkan nama untuk grup itu sendiri, siapa yang akan dijadikan sebagai anggota serta menentukan jenis privasi apa untuk grup facebook itu sendiri. Pada hakikatnya tidak semua orang menyukai bila ditambahkan sebagai anggota secara sembarangan karena mereka belum tentu menyukai grup yang mereka masuki. Apabila kita memasukkan teman secara sembarangan tentunya hal ini akan membuat teman-teman kita keluar dari grup secara massal. Untuk itulah pada awal memasukkan grup kamu hanya perlu menambahkan orang seperlunya dan setelah itu biarkan grup dimasukki oleh orang-orang yang memiliki passion sesuai dengan jenis grup tersebut. Hindari memasukkan orang secara sembarangan karena mereka dapat melaporkan akun facebook kita kepada facebook yang mana akibatnya dapat membuat facebook kita dinonaktifkan.

Sebuah grup dibuat pada hakikatnya adalah untuk mengumpulkan seseorang dengan sebuah kelompok yang memiliki ketertarikan dan keminatan yang sama untuk saling bertukar pikiran serta memecahkan permasalahan secara bersama-sama.

Sebuah grup akan ramai dan aktif jika ada seorang anggota yang aktif juga untuk membuat sebuah diskusi. Bila grup terkesan sepi pastinya hal ini ada yang salah dengan grup tersebut. Untuk membuat grup menjadi ramai dan aktif oleh para anggota maka admin grup pun juga harus berkontribusi.

Seorang admin juga dapat memancing para anggota grup dengan cara membuat sebuah topik secara berkala. Bila perlu, admin harus membuat konten yang bagus dan secara teratur agar para anggota tidak malu-malu untuk bersuara di grup.

Konten yang bagus juga dapat memicu keaktifan para anggota. Bila mempunyai uang lebih ataupun kamu mendapatkan sebuah hadiah dari sponsor lakukan sebuah kuis dengan begitu kamu akan mengetahui seberapa banyak anggota yang aktif di grup. Mengelola sebuah grup nyatanya sangat sulit bila kamu ingin semua anggota aktif di grup tersebut. Untuk membuat semua anggota aktif pun juga perlu sebuah kreatifitas.

Seiring dengan perkembangan waktu, banyak bertebaran grup di facebook itu sendiri. Terkadang hal inilah yang dapat membuat kita bingung. Namun kamu tidak perlu khawatir karena kamu bisa mengetahui seberapa banyak anggota yang ada di sebuah grup. Setelah itu, bila privasi grup tidak dikunci maka kamu dapat mengintip diskusi dari grup tersebut. Ketika sebuah grup aktif pastinya diskusi pun akan berubah setiap harinya. Namun akan berbeda bila grup tidak aktif maka tidak akan tampak satu pun diskusi yang dibicarakan. Grup yang patut diikuti pastinya adalah grup yang aktif berdiskusi setiap hari. Namun bila kita sudah terlanjur mengikuti sebuah grup karena grup diprivasi dan kita ingin mengetahui keaktifan grup tetapi grup tidak aktif , itu tandanya kita harus keluar dari grup facebook tersebut.

Demikianlah penjelasan dari aku mengenai cara mudah membuat grup di facebook. Membuat grup di facebook sendiri ternyata caranya sangat banyak sekali bahkan aku sendiri pun juga baru mengetahui. Dalam hal ini kamu tidak perlu mengikuti semua cara di atas tapi kamu hanya perlu memilih salah satu cara yang menurut kamu paling dimengerti serta cepat. Bila kamu punya kritik, saran dan pertanyaan, kamu bisa mempertanyakannya di kolom komentar bawah. Terimakasih.

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar