Cara menyembunyikan akun facebook dari mesin pencarian

Facebook punya banyak menu dan fitur yang membuat kamu semakin hari semakin nyaman menggunakannya. Untuk kamu yang baru saja memiliki akun facebook biasanya suka untuk ganti setting dan pengaturan akunmu. Namun sebelum melakukan hal tersebut kamu harus mengetahui fungsi fitur/menu yang akan di ubah tersebut. Agar tidak salah langkah dan membuat kamu tidak lagi nyaman menggunakan media sosial ini.

Salah satunya akan dibahas di halaman ini menyangkut privasi akun kamu, khususnya cara menyembunyikan akun facebook dari mesin pencarian.

Tentu saja kamu pernah melihat menu ini dalam pengaturan privasi. Bahkan kamu ingin mencoba mempraktekkan hal ini, penasaran apa yang akan terjadi dengan akun kamu jika mengaktifkannya, ya kan?

Menyembunyikan akun facebook dari mesin pencarian berarti membuat mesin pencarian tidak lagi menampilkan profil facebook kamu di laman hasil pencarian. Nah jika menu ini kamu aktifkan akun kamu tidak akan ditemukan jika seseorang menuliskan alamat akun atau nama facebookmu di mesin pencarian. Hal ini hanya berlaku pada mesin pencarian saja, misalnya google, bing, yahoo, ask dan mesin pencarian lainnya.

contoh mencari seseorang lewat google

contoh mencari nama “muhammad yudha” di google.co.id

Lalu apa hal ini tidak berpengaruh pada privasi akun kamu atau akun kamu akan benar-benar aman dari tangan-tangan jahat? Iya cara ini tidak akan berpengaruh pada privasi akun kamu, saat seseorang melakukan pencarian di facebook maka akan menemukan akun kamu.

Baca juga :

Nah, mungkin kamu sudah pernah mencari facebook kawanmu di google, dan tidak menemukannya sehingga berpikir kawanmu tidak lagi memiliki akun facebook. Setelah mengatahui hal ini kamu bisa langsung mencarinya di pencarian facebook. Bisa saja ia hanya menyembunyikan di mesin pencarian dan facebooknya masih aktif.

Langkah-langkah menyembunyikan akun facebook dari mesin pencarian

Langkah pertama kamu login akun facebook seperti biasa lalu klik pada tanda garis tiga di kanan atas untuk menampilkan menu pengaturan.

Selanjutnya kamu akan dihadapkan pada beberapa menu utama, untuk menyembunyikan akun kamu dari mesin pencarian, klik di menu pengaturan.

Di halaman ini terdapat banyak menu-menu untuk mengatur akun kita seperti mengelola informasi tentang kamu, keamanan akun, privasi, iklan dan notifikasi. Untuk menyembunyikan akun kamu gulirkan tombol pada kolom pengaturan privasi, lalu klik pada menu pengaturan privasi.

Sama seperti halaman sebelumnya, disini juga terdapat menu yang mengatur privasi yang sangat dibutuhkan penggunan facebook. Agar profil akun kita tidak terhubung oleh mesih pencarian gulirkan tombol kearah paling bawah dan klik pada menu tersebut.

Jika kamu tidak menginginkan akun kamu muncul di mesin pencarian ubah perintah tersebut dengan tidak mencentang pada kolom yang disediakan.

Agar akun kamu tidak muncul di mesin pencarian yuk, nonaktifkan pencarian publik, dengan mengklik tombol konfirmasi. Oke, selesai akun kamu tidak lagi bisa ditemukan oleh mesin pencarian. Namun hal ini tidak akan berlaku saat itu juga, perlu beberapa hari agar akun kita benar-benar tersembunyi.

Yudha note : Mungkin kalo teman2 blogger udah pada paham fungsi menu seperti diatas, kalau di blog, biasanya kalo blog masih baru atau blog testing tempat ngetest2 kode/tema/dst, biasanya kita bakal pilih agar blog seperti ini tidak ditampilkan di search engine, tujuannya ya itu tadi, karena blognya belum selesai atau cuma sekedar tempat testing, jadi ga perlu di index. Proses index ataupun sembunyikan/hilang dari index di search result memakan waktu, itu kenapa di situasi diatas, ketika kita ingin akun facebook hilang dari hasil pencarian, akan butuh waktu.

Jadi setiap laman web itu akan di crawl secara berkala oleh webcrawler, nah setting tadi itu bakal diterapkan kalau crawler udah sampe ke laman tsbt, tergantung intensitas dan prioritas laman, crawler bisa nge-rayap laman tiap hari, atau mungkin cuma 1 minggu sekali. Jadi setting yang kita ubah akan diterapkan setelah laman tsbt dirayap kembali.

Mudah2an pada ngerti 😛

Baca juga:

Kawan-kawan itulah cara menyembunyikan akun facebook agar tidak lagi ditemukan di mesin pencarian. Sebelumnya kamu tentu juga sudah paham tentang konsekuensinya jika melakukan cara ini, seperti yang sudah dicontohkan diatas. Namun apapun pilihannya mau menyembunyikan atau tetap terhubung kemesin pencarian terserah padamu, sesuai keinginanmu. Bagi kamu yang ingin menjaga privasi lebih ketat khususnya di mesin pencarian boleh langsung mempraktekkan tutorial diatas, caranya mudah banget untuk diikuti. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

fatimahms

punya hobi membaca buku dan menyukai dunia kepenulisan sejak kecil

Tinggalin komentar dan jangan lupa kasih jempol untuk komentar terbaik dibawah ini

avatar