Trik agar status online di facebook tidak terlihat oleh orang lain

Facebook merupakan salah satu jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya untuk saling berinteraksi satu sama lain. Jejaring sosial ini juga memiliki fitur-fitur yang semakin canggih di setiap pembaruan versinya yang bisa didownload dengan mudah oleh setiap pengguna facebook dengan gratis.

Facebook memanjakan penggunanya dengan berbagai fitur yang ciamik dan sangat mudah digunakan. Selain fitur utamanya untuk berkirim status, like, komentar, menambah teman, dan juga mengonfirmasi teman baru. Oleh karena itu, tidak heran jika hingga saat ini pengguna facebook semakin banyak. Tak hanya kalangan remaja, kalangan dewasa akhir (read: tua) kini banyak juga yang aktif sebagai pengguna baru facebook dibanding dengan sosial media lain yang rata-rata penggunanya adalah kalangan remaja awal dan usia dewasa.

Tak hanya fitur yang bisa memudahkan kamu untuk berinteraksi dengan teman facebook melalui status, like, komentar, chat, grup facebook, dan fitur yang lain, facebook juga memungkinkan kamu untuk mengetahui siapa saja teman facebook kamu yang sedang online, berapa banyak yang online melalui facebook lite, facebook seluler, maupun facebook web via browser internet di komputer atau di smartphone.

Begitu pula ketika kamu online di facebook. Teman-teman facebook kamu pun bisa mengetahui bahwa kamu sedang online melalui facebook apa. Karena, indikator online dari ketiga jenis facebook tersebut juga berbeda. Ketika kamu online melalui facebook web akan ada indikator berwarna hijau di samping nama akun facebook kamu saat kamu membuka profil, sedangkan ketika kamu online melalui facebook seluler akan ada indikator berupa ikon ponsel berwarna hijau (indikator ini hanya bisa dilihat oleh teman-teman kamu), sedangkan ketika kamu online melalui facebook lite, akan ada indikator berupa bulatan hijau (dulu indikator bulatan hijau ini bisa dilihat di samping nama kamu di profil seperti pada facebook web, tapi yang terbaru, status online ini hanya bisa dilihat oleh teman facebook yang sedang online yang lain).

Baca juga : Cara mudah buat akun facebook baru

Status online ini pun akan hilang sendiri ketika kamu sudah offline dari facebook sekalipun kamu tidak me log out facebook. Tapi tidak untuk facebook lite, status online kamu akan tetap terlihat sekalipun kamu tidak sedang membuka facebook.

Dengan adanya status online ini kamu jadi bisa menghubungi teman-teman kamu dengan mudah, karena kamu sudah tau siapa saja yang sedang online. Begitu juga dengan teman-teman kamu. Mereka akan lebih mudah untuk menghubungi kamu baik melalui pesan inbox maupun kolom komentar pada kiriman yang kamu bagikan.

Sayangnya, tidak semua orang memanfaatkan fitur keterlihatan status online teman facebook ini untuk hal yang baik dan benar. Ada sebagian yang memanfaatkan fitur ini untuk menggoda orang lain, seperti tiba-tiba bertanya sedang apa atau mengirim konten-konten yang tidak pantas padahal kamu tidak mengenalnya.

Baca juga : Cara atasi masalah lupa kata sandi facebook dengan mudah

Ada juga yang memanfaatkan fitur ini untuk menawarkan produk yang mereka jual pada teman-teman yang sedang online. Ada juga yang memanfaatkan fitur ini untuk berkenalan dengan orang baru atau sekedar menyapa teman yang memang sudah dikenal saja. Sebenarnya tidak masalah juga sih, karena memang gunanya chat pribadi adalah untuk berinteraksi secara pribadi antara pengguna facebook yang satu dengan pengguna facebook yang lain.

Tapi, mungkin ada juga sebagian dari kamu yang merasa terganggu karena tidak ingin membalas chat dari orang yang tidak kamu kenal atau penawaran produk, sudah punya pasangan, atau memang tidak suka dengan orang yang sedang menyapa kamu padahal kalian saling mengenal (mantan misalnya, atau teman yang sedang dekat dengan gebetan kamu, atau teman yang sekarang jadi pacarnya mantan kamu misalnya ??).

Kalau tidak dibalas nanti dibilang sombong, mau dibalas juga malas, sedangkan untuk menghapus chat tersebut harus membuka pesannya terlebih dahulu dan pasti orang yang mengechat kamu tersebut bisa tahu bahwa kamu sudah membaca pesannya.

Nah, salah satu cara untuk mengatasi keresahan kamu ini adalah dengan membuat status facebook kamu menjadi terlihat offline. Bagi yang menggunakan facebook seluler atau web, kamu bisa dengan mudah mematikan obrolan dengan mengetuk ikon gear (setelan/pengaturan) di pojok kanan daftar obrolan kamu.

Sedangkan untuk kamu yang menggunakan facebook lite untuk online di facebook, kamu tidak akan menemukan ikon pengaturan di pojok kanan daftar teman yang sedang online. Tapi tenang saja, tidak ada ikon yang sama tidak berarti tidak bisa mendapat fitur yang sama

Cara mudah membuat status online kamu tidak terlihat oleh orang lain

1. Buka fb lite
2. Ketuk garis tiga di pojok kanan atas
3. Pilih obrolan
4. Ketuk tanda bulat hijau di sebelah kolom pencarian
5. Pilih matikan obrolan

Mematikan obrolan atau status online di facebook tidak akan membuat kamu rugi sedikitpun. Kamu tetap bisa menerima pesan chat facebook dari teman-teman kamu, maupun membalas pesan. Hanya saja ketika kamu membalas pesan, tentu si pengirim pesan akan tahu jika kamu sedang online meski bulatan hijau tidak tersemat di samping nama kamu. Dan bedanya lagi, saat kamu “pura-pura offline” status pesan sudah dilihat tidak akan muncul di laman chat si pengirim pesan.

Sebenarnya, dibalik hal yang dianggap sebagian facebook user sebagai gangguan diatas, adanya status online berupa bulatan hijau atau ikon ponsel berwarna hijau ini bisa menguntungkan bagi kamu. Kenapa? Alasannya adalah karena…..

1. Kamu bisa memperkirakan berapa jumlah like yang kamu dapatkan saat mengunggah status atau kiriman baru
kamu bisa memperkirakan berapa jumlah like yang bisa kamu dapat saat kamu mengunggah status baru di facebook. Mungkin sebagian dari pembaca dari artikel ini akan bertanya kok bisa, dan apa hubungannya antara “ikon bulat dan ponsel hijau” dengan jumlah like yang bisa kamu dapat untuk sekali posting status atau kiriman baru. Oke, akan aku jawab, jadi begini, kamu pasti sering masuk ke facebook hanya untuk melihat status atau kiriman dari teman-teman kemudian mengelike sekalipun kamu tidak kenal dengan si pemilik akun tersebut. Nah, jika kamu rajin mengelike status teman-teman facebook kamu yang sedang online saat itu, maka kemungkinan besar kamu pun akan mendapatkan like dari mereka. Karena secara tidak tertulis, ada “asas membalas kebaikan” antar pengguna facebook atau yang biasa ramai dengan hastag like for like. Jadi, ketika kamu rajin mengelike status atau kiriman baru dari teman-teman facebook kamu, maka mereka pun akan melakukan hal yang sama untuk kamu. Meski tidak semua yang online akan mengelike status atau kiriman yang kamu bagikan, setidaknya setengah atau tiga perempatnya akan menanggapi status yang kamu buat.

2. Kamu bisa tahu siapa yang akan membalas komentar atau pesan chat facebook kamu dengan cepat
Selain itu, dengan adanya status online di facebook yang bisa terlihat, kamu pun menjadi diuntungkan karena bisa tahu siapa yang kira-kira akan membalas komentar kamu dengan cepat atau bisa dihubungi dengan cepat melalui pesan chat yang sering juga disebut pesan inbox Sehingga jika kamu memiliki keperluan kepada seseorang, mungkin kakak kelas, atau teman sesama alumni, maupun teman kantor untuk mendapatkan informasi tertentu bersarkan status atau kiriman yang mereka buat melalui kolom komentar (misalnya menanyakan harga barang yang mereka jual melalui facebook, sekedar bertanya kabar teman lama, atau menanyakan kejadian yang ada dalam kiriman yang mereka bagikan, dan sebagainya), ataupun menanyakan informasi tertentu melalui pesan chat secara pribadi, seperti menanyakan nomor ponsel atau hal lain yang sifatnya pribadi. Bisa juga tentang pekerjaan online seperti yang banyak kita ketahui di grup facebook bertajuk lowongan kerja biasanya banyak kiriman yang diakhiri dengan kalimat “minat inbox”, kamu akan bisa mendapatkan informasi yang kamu butuhkan dengan cepat karena orang yang kamu percaya sebagai informan sedang online di facebook, sehingga bisa langsung membalas pesan atau komentar yang kamu kirimkan.

3. Kamu bisa mencari perhatian si doi
Nah, alasan ketiga ini juga tidak kalah penting dengan dua alasan diatas yang tentunya sangat jelas lebih logis dan lebih umum dari alasan yang satu ini. Bagi kamu yang punya gebetan atau doi, kamu juga bisa loh mencari perhatian si doi dengan terlebih dahulu melihat bulatan atau ikon ponsel berwarna hijau yang tersemat disamping namanya dalam daftar obrolan kamu. Kok bisa? Jadi begini, saat kamu melihat dia sedang online, kamu bisa memberikan bom like kepadanya.. dan tentu saja jika dia peka (dan tahu terimakasih), dia akan mengirim ke kronologi atau mengirim pesan melalui chat facebook kepada kamu dengan kata “terimakasih like nya, atau thanks for like (tfl)” kepadamu. Setelah itu kamu bisa saling berbalas pesan dan bertanya jawab tentang hal lain dengannya. Atau kamu bisa juga menanggapi kirimannya dengan tanggapan “super” yang memiliki ikon love atau hati. Atau, jika kamu memiliki keberanian yang lebih untuk mendekatinya, tidak ada salahnya juga jika kamu mengirim pesan melalui chat facebook kepadanya, bisa dengan stiker yang sudah disediakan oleh facebook, maupun kata-kata.

Nah, sekarang kamu bisa menentukan sendiri, ingin terlihat online atau offline di facebook. Keduanya pun memiliki kelebihan dan kelemahan, dan kamulah yang paling mengerti apakah dengan menyalakan status online atau mematikannya bisa memberikan keuntungan atau kerugian bagi kamu. Dengan begitu, kamu tetap akan merasa nyaman ketika menggunakan jejaring sosial facebook.

Oke, aku rasa itu dulu yang bisa aku tulis untuk artikelku kali ini. Semoga sedikit pengetahuan yang aku bagi disini bisa bermanfaat untuk kamu sebagai pembaca maupun aku sendiri sebagai penulis. Terimakasih sudah meluangkan waktu untuk membaca artikel ini. Oh ya, jangan lupa, jika ada kritik, saran, tambahan, sanggahan, maupun pertanyaan, jangan sungkan untuk menulisnya di kolom komentar.. ^_^

Topik: Facebook
Alifia elmia :Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺