Cara mengedit privasi tanggal lahir di google+ melalui browser

Bagi orang awam, mungkin mereka akan berpikir bahwa google+ sama dengan google search engine yang biasa digunakan untuk browsing di internet untuk mendapatkan berbagai informasi dari sejumlah blog dan website yang sesuai dengan kata kunci. Padahal, google+ adalah situs jejaring sosial yang dirilis oleh google di tahun 2011 . Google+ bukanlah mesin pencari (search engine) seperti google atau yahoo, google+ fungsinya kurang lebih seperti facebook, yaitu untuk berbagi aktivitas di jejaring sosial dan saling terhubung dengan pengguna google+ yang lainnya dimanapun mereka berada. Kamu juga bisa membuat status dan mengirim foto serta mengatur privasi untuk setiap hal yang kamu bagi melalui google+. Untuk perbedaannya dengan facebook, akan aku bahas di lain waktu saja ya…

Sebenarnya, akun google+ sudah tersemat secara otomatis ketika kamu membuat akun google baru. Sayangnya tidak semua orang mengetahui bahwa akun jejaring sosial milik google ini sudah ada, dan tinggal log in saja. Email dan password yang digunakan untuk login ke akun google+ pun sama dengan yang kamu gunakan untuk membuat akun google (email). Jadi tentu sangat mudah untuk menggunakannya. Akun jejaring sosial besutan google ini sebenarnya memiliki banyak keunggulan dibanding sosial media yang lain, namun karena google+ di Indonesia tidak sebanyak di negara barat, google+ jadi kurang naik daun dibanding sosial media yang lain.

Nah, jika kamu memiliki blog atau website, terutama yang berkonten bisnis dan marketing produk, google+ juga bisa menjadi “pendongkrak” pengunjung ke blog atau website kamu, sehingga omzet penjualan juga bisa naik. Fungsi dan Manfaat Google + (Plus) adalah untuk meningkatkan banyaknya pengunjung yang datang ke blog maupun website kamu. Jika pengunjung blog atau web bisnis kamu banyak, maka tidak mustahil jika bisnis kamu juga ikut naik daun. Hal ini terjadi karena apapun yang kamu bagikan di google+ akan dilihat oleh semua orang yang bergabung dengan lingkaran yang sama dengan kamu. Lingkaran disini mungkin fungsinya hampir sama dengan grup di facebook. Jadi, jika dalam 1 lingkaran yang kamu buat atau kamu ikuti berisi 50 orang misalnya, maka apa yang kamu bagikan akan terlihat di 50 beranda google+ orang yang berada dalam lingkaran tersebut. Selain itu karena google+ berada dibawah bendera google, maka blog atau web yang kamu tautkan dengan akun google+ akan mudah untuk dicari di search engine google. Sehingga itu juga bisa membuat pengindeksan artikel-artikel yang kamu tulis di blog menjadi lebih baik.

Google+ memungkinkan kamu untuk bertemu dengan orang-orang yang expert atau hebat dan ahli di bidang yang sesuai dengan minat dan bakat kamu melaui akun personal maupun lingkaran atau komunitas di google+. Dengan mudah, kamu bisa menemukannya di kolom pencarian. Kamu hanya perlu menuliskan nama orang atau komunitas yang ingin kamu cari, dan akan banyak nama atau komunitas yang muncul meskipun mungkin tidak sebanyak jika kamu mencarinya di search engine google maupun facebook, karena memang tidak semua orang memiliki akun google+ sehingga hasil pencarian dari komunitas atau orang yang kamu harapkan juga tidak banyak. Tapi jangan khawatir, ketika kamu tidak menemukan komunitas yang kamu harapkan, mengapa tidak membuat komunitas kamu sendiri? Di google+ kamu juga bisa membuat lingkaran komunitas sendiri sesuai dengan hobi, minat, bakat, pekerjaan, dan hal-hal lain yang mungkin juga disukai oleh banyak orang. Tidak mustahil juga jika para pengguna google+ banyak yang ingin bergabung dengan lingkaran yang kamu buat.

Nah, karena google+ adalah jejaring sosial yang bisa digunakan untuk berinteraksi antar pengguna, menulis status, menambahkan link untuk website atau blog, menambahkan foto dan video dan berbagai fitur menarik yang lain, maka google+ pun sama dengan akun sosial media yang lain. Google+ juga memiliki profil yang memuat identitas pribadi pengguna seperti nama, jenis kelamin, dan tanggal lahir dan bisa diatur privasinya. Aku rasa, hal yang paling penting dari identitas pribadi yang ada di profil google+ adalah tanggal lahir. Karena dengan tanggal lahir, seseorang menjadi tahu berapa umur kita sekarang. Selain itu saat ini masih banyak orang yang menggunakan tanggal lahir sebagai password karena tentu saja mudah diingat dan tidak mungkin akan kejadian yang namanya lupa password. Oleh karena itu, menurutku privasi tanggal lahir itu penting. Oke, kita langsung saja ya.

Begini caranya mengedit privasi tanggal lahir di google+ melalui web browser

1. Buka google+ melalui browser kamu
2. Pilih garis tiga di pojok kiri atas
3. Pilih menu profil
4. Ketuk edit profil
5. Ketuk tanda info di sebelah kanan foto profil
6. Ketuk ikon di samping tulisan tanggal lahir kamu (punya saya gembok)

Nah, sekarang kamu bisa mengatur privasi tanggal lahir kamu sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Ada banyak jenis privasi yang bisa kamu pilih, seperti pribadi, publik, lingkaran anda, lingkaran diperluas, dan khusus. Jika kamu memilih pribadi yang berikon gembok seperti aku, maka yang bisa melihat tanggal lahir adalah si pemilik akun sendiri. Namun jika memilih publik, maka semua pengguna google+ baik yang berada dalam 1 lingkaran maupun selain dalam lingkaran bisa melihat tanggal lahir yang kamu cantumkan di profil google+ kamu dan sebagainya.

Jadi, bagi kamu yang sudah menggunakan akun google+ manfaatkan akun tersebut dengan baik, siapa tahu dengan rajin memposting sesuatu di akun google+ dan mendapat banyak follower baru dan memiliki lingkaran, popularitas kamu di jejaring sosial ikut terdongkrak. Dan bagi kamu yang belum menggunakan google+, segera login dan cobalah jejaring sosial besutan google yang satu ini. Dengan tampilannya yang sangat friendly, aku yakin newbie sekalipun tidak akan kesulitan untuk menggunakan google+.

Oke, sekian dulu artikel tentang cara mengedit privasi tanggal lahir di google+ melalui web browser yang bisa aku tulis dan aku share pada kalian semua. Semoga sedikit hal yang aku tulis disini bisa membawa banyak manfaat bagi kalian ya… terimakasih

Alifia elmia

Hai.. aku Elmia, aku hanya berbagi sedikit ilmu yang aku tau dan aku bisa.. selamat membaca dan mencoba. Semoga bermanfaat.. kritik dan saran bisa ditulis langsung di kolom komentar yaa ☺

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *